Home » » Produk dan Proses Kerajinan Berbasis Media Campuran

Produk dan Proses Kerajinan Berbasis Media Campuran

Dalam berkarya tidak terlepas pada rancangan. Rancangan adalah suatu gambar rencana atau gambar sketsa yang harus diikuti dalam proses membuat karya nantinya. Gambar rencana ini sangat penting sebagai alat bantu memonitor diri sendiri agar bekerja sesuai rencana. Seorang pengrajin dapat membuat lebih dari 10 sketsa untuk menghasilkan 1 produk kerajinan. Berikut ini akan dipelajari produk dan proses pembuatan kerajinan berbasis media campuran.

A. Batu
Batu yang digunakan sebagai kerajinan selain batu permata atau batu mulia juga ada batu akik. Batu permata sebenarnya adalah sebuah mineral atau batu yang dibentuk dari hasil proses geologi. Di Indonesia hanya beberapa tempat yang mengandung batu permata antara lain di provinsi Banten dengan kalimayanya (batu opal), di Lampung dengan batu jenis-jenis anggur yang menawan dan jenis cempaka, di Pulau Kalimantan dengan kecubungnya (amethys) dan intan (berlian).

Akik berasal dari kata agate atau agat yang artinya adalah sejenis mineral silika (SiO2)- yang lazim disebut kuarsa amorf atau kriptokristalin- berwarna dan berlapis. Daerah Kalimantan merupakan penghasil batu warna yang dinilai sangat unik. Dari batu-batuan  ini dihasilkan biang warna untuk berbagai jenis cat warna.

1) Bahan dan alat kerajinan batu
Bahan utama yang digunakan adalah batu, maka batu harus mendominasi dari produk kerajinan ini. Pemilihan batu harus disesuaikan dengan rencana pembuatan produk kerajinan. Bahan campuran lainnya adalah kayu, logam dan sebagainya.

2) Alat kerajinan batu
Alat yang digunakan tentunya juga alat yang sesuai dengan kerajinan yang akan dibuat. Pembuatan kerajinan batu membutuhkan alat khusus mulai alat pahat, gerinda, mesin pemotong batu dan sebagainya.

3) Produk kerajinan dari batu berbasis media campuran
Contoh produk yang dapat dihasilkan adalah sebagai berikut :
Kerajinan Batu
B. Logam
Logam adalah unsur yang jumlahnya paling banyak di bumi ini. Jenis-jenis logam logam memiliki sifat dan kegunaanya masing-masing. Beberapa jenis logam diantaranya besi, alumunium, perunggu, timah, kobalt seng, tembaga dan logam yang lainnya.

Logam juga digunakan untuk pembuatan produk kerajinan. Daerah-daerah penghasil kerajinan dari logam diantaranya; emas terdapat di Kalimantan Selatan, Jawa, kerajinan perak terdapat di daerah Yogyakarta, Sumatera Barat, dan Bali.

1) Bahan kerajinan logam
Bahan utama yang digunakan adalah logam, maka logam harus mendominasi dari produk kerajinan ini. Pemilihan logam harus disesuaikan dengan rencana pembuatan produk kerajinan. Bahan campuran lainnya adalah kain, rotan, batu, kerang, dan sebagainya.

2) Alat Kerajinan logam
Alat yang digunakan tentunya juga alat yang sesuai dengan rancangan kerajinan yang akan dibuat. Pembuatan kerajinan logam membutuhkan alat khusus yang dari mulai alat penggiling logam menjadi plat, alat patri, tang lancip, penjepit dan sebagainya.

2) Produk kerajinan dari logam berbasis media campuran
Contoh produk yang dapat dihasilkan adalah sebagai berikut :
Bahan Logam
C. Plastik
Plastik sudah menjadi bagian hidup sekarang ini. Berbagai macam penggunaan plastik mulai dari untuk pembungkus makanan, bahan kecantikan, alat-alat rumah tangga sampai alat dan perangkat
elektronik. Sifat plastik yang mudah dibuat, ringan praktis dan murah menjadi salah satu pertimbangan besarnya penggunaan barang berbahan plastik ini.

1) Bahan kerajinan dari plastik
Bahan utama yang digunakan adalah plastik, maka plastik harus mendominasi dari produk kerajinan ini. Pemilihan plastik harus disesuaikan dengan rencana pembuatan produk kerajinan seperti botol, kantong, bekas perobotan rumah tangga dan sebagainya. Bahan campuran lainnya adalah kayu, kain, logam dan sebagainya.

2) Alat kerajinan dari plastik
Alat yang digunakan tentunya juga alat yang sesuai dengan rancangan kerajinan yang akan dibuat. Pembuatan kerajinan plastik tidak membutuhkan alat khusus. Biasanya yang digunakan adalah gunting, namun jika ingin digiling atau dipress maka perlu alat khusus, dapat pula dipanaskan agar dapat dicetak

3) Produk kerajinan dari plastik berbasis media campuran
Contoh produk yang dapat dihasilkan adalah sebagai berikut :
Plastik
D. Kayu
Indonesia memiliki hutan tropis yang menghasilkan kayu jati, kayu mahoni, kayu pinus, kayu, sawo, kayu nangka, kayu kelapa dan sebagainya. Kayu-kayu yang tergolong keras dapat dibuat karya kerajinan dengan teknik ukir atau pahat, selain itu juga dapat dengan teknik tempel atau sambung baik dengan perekat maupun dengan paku.

1) Bahan kerajinan kayu
Bahan utama yang digunakan adalah kayu, maka kayu harus mendominasi dari produk kerajinan ini. Pemilihan kayu harus disesuaikan dengan rencana pembuatan produk kerajinan seperti kayu jati, mahoni, kayu akasia, kayu jati landa dan sebagainya. Bahan campuran lainnya adalah kulit, kain, logam dan sebagainya

2) Alat kerajinan kayu
Alat yang digunakan tentunya juga alat yang sesuai dengan rancangan kerajinan yang akan dibuat. Pembuatan kerajinan kayu tidak membutuhkan alat khusus. Biasanya yang digunakan adalah pahat, amplas, gergaji kayu, mesin bubut dan sebagainya

3) Produk kerajinan dari kayu berbasis media campuran
Contoh produk yang dapat dihasilkan adalah sebagai berikut:
Kerajinan Kayu
E. Keramik
Asal kata keramik adalah ‘keramos’ (bahasa Yunani) yang artinya benda pecah belah yang terbentuk dari tanah liat yang telah mengalami proses pembakaran. Indonesia memiliki kerajinan keramik dari berbagai daerah yang berciri khas. Keramik di Indonesia yang kental akan corak budaya yang membedakannya dengan keramik China, Jepang atau Eropa.

1) Bahan kerajinan keramik
Bahan utama yang digunakan adalah tanah liat, maka keramik harus mendominasi dari produk kerajinan ini. Pemilihan tanah liat harus disesuaikan dengan rencana pembuatan produk kerajinan seperti tanah liat stoneware dengan bakaran hingga 1300ªC, tanah liat merah atau earthenware dengan bakaran hingga 1000ªC, porcelain dan sebagainya. Bahan campuran lainnya adalah kulit, kain, logam dan sebagainya.

2) Alat kerajinan keramik
Alat yang digunakan tentunya juga alat yang sesuai dengan rancangan kerajinan yang akan dibuat. Pembuatan kerajinan keramik tidak membutuhkan alat khusus. Biasanya yang digunakan adalah butsir, rol, spon, tali pemotong, alat putar tangan (handwheell), alat putar kaki, (kickwheell), tungku pembakaran dan sebagainya.

3) Produk kerajinan dari keramik berbasis media campuran
Contoh produk yang dapat dihasilkan adalah sebagai berikut:
Keramik

LEMBAR KERJA-3 (LK-3)
Menganalisa produk kerajinan berbasis media campuran
Amatilah gambar! Produk kerajinan pada gambar apakah tergolong karya kerajinan berbasis media campuran? Amatilah dengan baik dan buatlah analisa. Apa kesan yang kamu dapatkan?

Perhatikan karya yang menjadi obyek pengamatanmu!
Hasil Kerajinan
  1. Bahan dan teknik apa yang terkandung pada karya? Kerajinan A menggunakan bahan bambu dan kain sedangkan kerajinan B menggunakan bahan Logam dan kayu.
  2. Apakah karya ini tergolong karya kerajinan berbasis media campuran? Ya karena kerajinan tersebut menggunakan lebih dari satu bahan dasar.
  3. Apa yang membuat karya tersebut berbeda dari yang biasanya? Mengapa? Kerajinan A fungsi utamanya adalah sebagai benda pakai, namun setelah dimodifikasi bukan hanya sebagai benda pakai namun juga sebagai benda hias. Kerajinan B setelah dipadukan antara bahan logam dan kayu ternyata menjadi benda hias 
  4. Apakah yang menyebabkan produk kerajinan tersebut diubah seperti ini? Penyebab produk tersebut diubah adalah agar dapat digunakan untuk memperindah ruangan.
  5. Dapatkah kamu memvisualisasikan bentuk asalnya ? Tidak bisa.
  6. Buatlah rancangan produk baru dari yang sudah ada!
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 6:23 AM

7 komentar:

Mohon tidak memasukan link aktif.