Home » » Mengidentifikasi Globalisasi Di Sekitar Kita

Mengidentifikasi Globalisasi Di Sekitar Kita

Globalisasi adalah suatu proses dimana semua penduduk di dunia ini bisa saling terhubung bertukar segala sesuatu tanpa terikat batas wilayah dan kebangsaan. Segala proses tersebut tercapai karena beberapa faktor. Pertama adalah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang berperan penting dalam memudahkan interaksi manusia dimanapun kapanpun berada.

Kedua adalah adanya kerukunan antar negara yang bisa memungkinkan terjadinya kerjasama antar negara baik dalam hal ekonomi, politik, maupun budaya. Ketiga semakin berkembangnya teknologi transportasi yang mempermudah akses transportasi dan ekspidisi antar negara.

Kita berada di era globalisasi. Dapatkah kamu menyebutkan dan menjelaskan fakta tentang globalisasi yang ada di sekitarmu?  Semakin berkembangnya globalisasi membuat kita sadar bahwa saat ini globalisasi sudah menyentuh kehidupan sehari – hari kita. Berikut adalah contoh globalisasi dalam kehidupan sehari – hari:
  1. Banyak produk asing beredar di Indonesia mulai dari busana, alat elektronik, hingga makanan. 
  2. Banyak pasar swalayan atau supermarket menggantikan pasar tradisional.
  3. Pergantian tenaga manusia dengan tenaga mesin misalnya buruh – buruh pabrik telah digantikan oleh mesin – mesin yang lebih efisien. 
  4. Jual beli online terus berkembang sehingga jual beli tidak hanya di lakukan di pasar. 
  5. Meningkatnya penggunaan gadget karena gadget mampu menawarkan berbagai fitur yang membuat segala hal lebih efektif dan efisien.
  6. Teknologi terbaru bisa diakses semua orang seperti video call, email, sosial media, bukan lagi hal asing bagi masyarakat. 
  7. Pandangan baru terhadap etos kerja yang lebih disiplin
  8. Banyak tenaga ahli dalam dunia kerja Indonesia
  9. Mode busana yang terpengaruh bangsa lain seperti halnya Paris, Milan, dan Tokyo. 
  10. Terjadi pertukaran budaya internasional seperti K-POP dan budaya hip hop dari barat. 
  11. Peran wanita yang mulai sejajar dengan pria sehingga wanita bisa bekerja di setiap bidang yang dikerjakan oleh pria.
  12. Persebaran informasi yang sangat cepat sehingga banyak sekali hal kecil yang bisa merajalela atau viral di dunia maya. 
  13. Dibentuknya Perserikatan Bangsa Bangsa yang menjadi wadah yang memungkinkan proses globalisasi berjalan lancar.
  14. Pemerintah lebih terbuka dan demokratis mulai dari pemerintahan desa hingga pemerintahan pusat.
  15. Masuknya ideologi-ideologi asing sehingga kita harus berpegang teguh pada pancasila.
  16. Banyak bahasa asing yang dipelajari di Indonesia seperti bahasa Mandarin, Jepang, Perancis, Jerman, Arab, dan Rusia.

Ayo Mengamati
Amati berbagai produk yang ada di sekitarmu. Produk tersebut bisa berupa pakaian, tas, atau sepatu yang kamu, temanmu, dan gurumu kenakan. Bisa juga makanan dan minuman, atau produk lain yang ada di sekitar kelas dan sekolah. Bisakah kamu menerka negara mana yang memproduksinya?
Globalisasi Di Sekitar Kita
NoNama ProdukNegara Asal
1SusuSelandia Baru
2Jam TanganSwiss
3MobilJepang
4BonekaTiongkok
5KarpetTurki
6BatikIndonesia

Globalisasi memungkinkan beragam produk dari negara lain dapat kita temui. Kita bisa menemui berbagai makanan dari negara lain seperti pizza, jam tangan atau boneka dari negara lain. Produk Indonesia juga bisa ditemui di luar negeri, misalkan batik. Perkembangan komunikasi dan transportasi menjadikan barang-barang tersebut mudah ditemui di negara lain.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 9:53 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.