Home » » Membiasakan Perilaku Hemat Listrik

Membiasakan Perilaku Hemat Listrik

Kita telah mengetahui bahwa globalisasi dapat terjadi antara lain karena adanya energi listrik. Listrik menjadi salah satu kebutuhan penting yang tidak bisa tergantikan saat ini. Hampir seluruh keperluan dan kegiatan menggunakan energi listrik. Mulai dari televisi, memasak nasi, lampu, isi ulang baterai hape dan laptop, dan lain-lain.

Menghemat listrik tidak hanya akan menguntungkan pengguna listrik, tetapi juga membantu negara untuk lebih menghemat lagi energi listrik. Kesadaran untuk menghemat listrik ini sebaiknya ditularkan kepada orang lain agar mereka juga sadar, pentingnya dan bermanfaatnya menghemat listrik itu. Berikut ini beberapa cara dalam kehidupan sehari-hari untuk menghemat energi
  1. Menggunakan lampu hemat energi dan pada siang hari dapat menggunakan penerang alami sinar matahari.
  2. Membentuk perilaku dan kebiasaan diri untuk menggunakan listrik saat diperlukan, secara bergantian, dan tidak berlebihan.
  3. Mematikan televisi, keran air, komputer atau lampu jika sudah tidak digunakan.
  4. Menggunakan alat rumah tangga yang hemat energi dan ramah lingkungan.
  5. Mendesain rumah atau gedung hemat energi listrik, misalnya pencahayaan yang baik dengan cukup ventilasi.
  6. Memakai jenis pakainan yang nyaman dan sesuai kondisi cuaca dan suhu udara, sehingga mengurangi penggunaan energi untuk pendingin atau pemanas ruangan

Sebaiknya kita memulai menghemat penggunaan energi di manapun kita berada, dirumah di sekolah, ditempat kerja dan di lingkungan sekitar.

Sekarang, amatilah peralatan yang menggunakan energi listrik di sekitarmu. Terbayangkah olehmu jika energi listrik itu habis dan tak dapat diperbaharui? Ayo, kita belajar bagaimana caranya menghemat energi listrik.

Ayo Mengamati
Cermati gambar berikut dengan teliti.
Hemat Listrik
Jawab pertanyaan berikut berdasarkan gambar.
1. Apa peran energi listrik di era globalisasi saat ini?
Dengan adanya listrik, kini masyarakat dapat mengakses informasi yang berasal dari berbagai belahan dunia. Tanpa listrik, tentunya hal tersebut tidak akan bisa terjadi.
2. Tuliskan ruangan yang boros listrik.
Ruang 1 dan 5
3. Menurutmu, apa dampak sikap hidup boros listrik bagi warga sekolah?
Jika sikap hidup boros listrik terjadi di sekolah maka akan merugikan pihak sekolah karena membengkaknya biaya langganan listrik 
4. Mengapa kita perlu menerapkan sikap hidup hemat listrik?
Menghemat listrik dapat mengurangi beban negara dalam menyediakan energi listrik.
5. Berikan 3 contoh sikap hidup hemat listrik yang sudah kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari.
  • Menggunakan lampu hemat energi misalnya lampu neon yan glebih bersifat hemat energi daripada lampu bohlem. Disiang hari dapat menggunakan penerang alami secara optimal.
  • Membentuk perilaku dan kebiasaan diri untuk menggunakan listrik saat diperlukan, secara bergantian, dan tidak berlebihan.
  • Mematikan televisi, keran air, komputer atau lampu jika sudah tidak digunakan.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 3:54 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.