Home » » Kondisi Alam Negara Mesir

Kondisi Alam Negara Mesir

Mesir terletak pada 25ºBT- 36ºBT dan 22ºLU–32ºLU.. Secara geografis, Mesir terletak di Afrika Utara dengan posisi sebagian negaranya menghadap Laut Mediterania dan Laut Merah. Negara ini berbatasan di utara dengan Laut Mediterania, di sebelah barat dengan Libya, di sebelah selatan berbatasan dengan Sudan, dan di sebelah timur dengan Laut Merah. Luas wilayah mencapai 1.500.000 km².

Mesir memiliki Terusan Suez diresmikan pada tahun 1869 dan dibangun atas prakarsa seorang
insinyur Perancis bernama Ferdinand Vicomte de Lesseps. Terusan tersebut menghubungkan Pelabuhan Said di Laut Tengah dengan Suez di Laut Merah. Sebelum ada terusan ini, transportasi dilakukan dengan memindahkan barang dari kapal ke kendaraan darat dari Laut Tengah ke Laut Merah.
Negara Mesir
Posisi Mesir menjadi sangat penting karena adanya sebuah terusan yaitu Terusan Suez. Terusan tersebut memperpendek jarak dari Eropa ke negaranegara Asia dan Australia atau sebaliknya. Sebelum adanya terusan tersebut, perjalanan laut dari Eropa ke negara-negara Asia dan Australia atau sebaliknya harus mengelilingi Afrika melewati pantai barat Afrika dan lautan di selatan Afrika. Jarak tersebut tentu sangat jauh dan memerlukan waktu yang lama. Berikut ini beberapa data penting mengenai negara Mesir.
Negara Mesir
AspekKeterangan
Letak 25ºBT- 36ºBT dan 22ºLU–32ºLU.
Batas Sebelah Utara : Laut Mediterania
Sebelah Selatan : Sudan
Sebelah Barat : Libya
Sebelah Timur : Laut Merah
Luas 1.500.000 km²
Iklim Mesir memiliki iklim subtropis dan gurun. Hanya ada dua musim utama di Mesir yaitu musim panas yang sangat panas (hot summer) dan musim dingin yang ringan
(mild winter). Musim panas berlangsung dari Mei sampai Oktober, sedangkan musim dingin berlangsung dari November sampai April.
Bentuk Muka Bumi Sebagian besar wilayah Mesir merupakan gumuk pasir (sand dunes). Beberapa bentuk muka bumi utama  : Semenanjung Sinai,  Gurun Arabia, Gurun Libya, dan Lembah Sungai Nil.
Geologi Mesir memiliki sumber daya alam berupa minyak dan gas, bijih besi, posfat, mangan, lempung, gipsum, talk, asbes, timah, emas, dan zinc. Gurun Mesir menyediakan pasokan garam yang berlimpah.
Flora dan Fauna Flora yang umumnya tumbuh di Mesir merupakan pohon daerah kering tropis dan subtropis seperti pohon lontar (papyrus), palma, kayu putih (eucalyptus), akasia, dan semacam pohon cemara (cypress). Fauna yang umum dijumpai adalah domba, unta, dan keledai.
Kondisi Penduduk Jumah penduduk Mesir mencapai 89,1 juta jiwa (WPDS, 2015).  Penduduk Mesir dapat dibedakan menjadi tiga kelompok utama, yaitu: Orang Nubian dengan ciri kulit hitam, umumnya ada di selatan. Orang Hamit dengan ciri kulit putih dan merupakan pendiri Mesir kuno, dan Orang Arab
Agama Sebagian besar (90%) penduduk mesir beragama Islam, sisanya sekitar 10% beragama Kristen. Karena itu, konstitusi Mesir berdasarkan pada hukum Islam.

Aktivitas Kelompok
1. Keadaan alam Mesir sebagian besar berupa gurun, sehingga tidak mendukung aktivitas pertanian. Namun, Mesir merupakan salah satu negara yang diperhitungkan di kawasan Afrika Utara. Lakukan analisis faktor-faktor yang mendukung Mesir menjadi negara besar di wilayah tersebut!
Beberapa faktor yang menjadikan mesir menjadi negara besar, antara lain :
  • Walaupun negara yang sebagian besarnya berupa gurun, namun negara ini dapat besar diakibatkan sektor pertaniannya di bidang komoditi gandung, kapas, gula, jagung, padi, kacang, dan yang paling utama berupa kapas.
  • Negara ini memiliki peternakan luar biasa berupa unta, lembu, kerbau, biri-biri, keledai, dan domba.
  • Sektor pertambangan juga menjadi devisa utama negara ini. Beberapa jenis pertambangan yang dihasilkan negara ini antara lain minyak bumi, bijih besi, mangan, fosfat, granit, dsb.

2. Perhatikanlah keadaan alam Mesir dan sebaran penduduk serta kota-kota di Mesir. Lakukan analisis keterkaitan antara keadaan alam dan sebaran penduduk serta kota-kota di Mesir!
Keadaan alam Mesir sebagian besar berupa gurun yang tandus seperti gurun Timur, Gurun Libia, dan Semenanjung Sinai .Namun, Mesir memiliki lembah sungai Nil yang subur. Penduduk Mesir sebagian besar tinggal di daerah yang subur di lembah Sungai Nil..  
3. Buatlah suatu tulisan tentang Terusan Suez dilihat dari sejarah dan keuntungannya bagi Mesir.
Terusan Suez diresmikan pada tahun 1869 dan dibangun atas prakarsa seorang insinyur Perancis bernama Ferdinand Vicomte de Lesseps. Terusan tersebut menghubungkan Pelabuhan Said di Laut Tengah dengan Suez di Laut Merah. Sebelum ada terusan ini, transportasi dilakukan dengan memindahkan barang dari kapal ke kendaraan darat dari Laut Tengah ke Laut Merah.

Secara ekonomi, terusan ini sangat penting bagi Mesir karena Setiap tahun, sekitar 5 milyar dollar Amerika. Selain faktor ekonomi, terusan ini juga penting secara geopolitis. Kapal-kapal yang berasal dari Eropa yang menuju Timur Tengah untuk mengangkut minyak, atau menuju Asia untuk mengangkut barang manufaktur harus melewati terusan ini, bila tidak ingin menempuh rute ribuan kilometer mengitari benua Afrika. Karena itu, negara-negara lain harus menjaga hubungan baik dengan Mesir.

4. Sampaikanlah hasil diskusi kelompok di depan kelas.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 7:00 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.