Home » » Kondisi Alam Negara Jepang

Kondisi Alam Negara Jepang

Jepang merupakan salah satu negara industri yang produknya merambah ke berbagai belahan dunia. Setiap hari kita pasti melihat kendaraan bermotor produksi Jepang lalu lalang di jalan-jalan kita sampai ke pelosok negeri..Jepang merupakan sebuah negara Kerajaan konstitusional yang dipimpin oleh seorang kaisar. Jepang beriibukota di Tokyo dan memiliki mata uang Yen.

Jepang terletak di barat laut Samudera Pasifik. Negara ini berbatasan di sebelah barat dengan Korea Utara, Korea Selatan, dan Rusia. Di sebelah utara berbatasan dengan Laut Okhstosk. Di sebelah timur
dengan Samudera Pasifik dan di sebelah sebelah selatan berbatasan dengan Laut China Timur dan Laut Filipina.

Berikut ini beberapa informasi penting mengenai Negara Jepang :
Negara Jepang
AspekKeterangan
Letak 30ºLU–47ºLU dan 128ºBT–146ºBT
Batas Sebelah Utara : Laut Okhstosk
Sebelah Selatan : Laut China Timur dan Laut Filipina
Sebelah Barat : Laut Jepang dan Selat Korea.
Sebelah Timur : Samudera Pasifik
Luas 377.944 km²
Iklim Jepang memiliki iklim sedang dengan empat musim yaitu musim semi,
panas, gugur, dan dingin. Musim semi dimulai sekitar bulan Maret, Musim panas di Jepang dimulai sekitar bulan Juni, Musim gugur sekitar September, Musim dimgin sekitar Desember.
Bentuk Muka Bumi Dataran terbesar dapat dijumpai di Dataran Kanto (wilayah Tokyo), Kinai Plain (Osaka-Kyoto), Nobi (Nagoya), Echigo (Honshu), Sendai (Honshu Timur Laut).
Geologi Jepang terletak di cincin api (ring of fire), setidaknya terdapat 192 gunung api , Gunung tertinggi di Jepang yaitu Gunung Fuji (3.776 m). Jepang terletak pada daerah perbatasan antara lempeng benua Asia dan Lempeng Samudera Pasifik sehingga sering terjadi gempa.
Flora dan Fauna Beberapa jenis tumbuhan yang dapat dijumpai di antaranya adalah pohon ek, bambu, mapel, birch, beech, dan poplar. Hewan di Jepang antara lain babi hutan, monyet, srigala, dan rusa. Namun, kini jumlahnya terus berkurang.
Kondisi Penduduk Jepang memiliki penduduk sebesar 126,9 juta jiwa (WPDS, 2015). Pertumbuhan penduduk Jepang -0,1%, Sebagian besar penduduk Jepang bekerja  di sektor industri. Pada tahun 2013, usia harapan hidup penduduk Jepang mencapai 86 tahun
untuk wanita dan 79 tahun untuk pria.
Etnik dan Agama Etnik Jepang yang mencapai 98,5%, Korea (0,5%, China 0,4%, dan lainnya 0,6%. Agama : Shinto (83,9%), Buddha (71,4%), Kristen (2%) dan lainnya (7,8%).

Aktivitas Kelompok
1. Perhatikan peta negara Jepang! Gambarkanlah keadaan fisik negara Jepang berdasarkan ketampakan yang ada pada peta tersebut. Warna hijau pada peta menggambarkan dataran rendah, sedangkan warna coklat menggambarkan dataran tinggi dan pegunungan. Semakin coklat warnanya, semakin besar ketinggiannya.
Peta Jepang
2. Berdasarkan kondisi fisiknya, Jepang memiliki keterbatasan untuk memenuhi kebutuhan hidup penduduknya. Lakukan analisis untuk menjawab pertanyaan berikut ini.
  • Komoditas apakah yang dapat dikembangkan di Jepang dengan memperhatikan kondisi fisik wilayahnya?  Kondisi kepulauan Jepang ditandai dengan pegunungan dan banyaknya gunung berapi membuat banyaknya tanah vulkanik di Jepang. Tanah ini sangat subur dan cocok untuk bertanam padi.  Bentuk geografi Jepang yang berupa kepulauan membuatnya memiliki potensi perikanan yang besar. 
  • Komoditas apakah yang tidak bisa dipenuhi oleh Jepang, sehingga harus dipasok dari negara lain?  Jepang memiliki sumber daya mineral yang sangat terbatas. Karena itu, Jepang sangat tergantung pada bahan mentah dan bahan bakar hasil impor dari negara lain.
  • Bagaimana cara Jepang agar mampu memenuhi kebutuhan hidupnya dengan keterbatasan potensi alam yang dimilikinya?  Jepang memang tidak memiliki SDA yang besar namun efektif dalam memanfaatkan teknologi. Salah satu faktor yang mendorong keberhasilan tersebut adalah pemanfaatan teknologi untuk menciptakan industri dalam negeri yang unggul. 

d. Kondisi sumber daya alam di negara Jepang relatif terbatas. Untuk memenuhi kebutuhan penduduk dan industrinya, negara ini mengimpor sumber daya alam dari negara lain. Telusurilah informasi dari berbagai sumber tentang negara–negara yang memasok kebutuhan sumber daya alam ke Jepang serta jenis sumber daya alam yang dipasoknya.
Impor Jepang
NegaraKomoditi Impor
Indonesia Karet alam, batu bara, bijih logam, dan produk kayu. 
Amerika Serikat Bahan industri, kendaraan bermotor dan komponennya, makanan dan minuman.
China Bahan makanan, bahan-bahan kimia, tekstil, dan bahan mentah
Australia Pakaian, Daging, Susu, dan Wol
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 6:23 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.