Home » » Kondisi Alam Negara Inggris

Kondisi Alam Negara Inggris

Inggris seringkali disebut dengan nama lain seperti Britania Raya, United Kingdom, dan England. Britania Raya atau disebut juga Great Britain merupakan gabungan beberapa negara yaitu Inggris/England, Skotlandia dan Wales. United Kingdom (Persatuan Kerajaan) merupakan gabungan dari tiga negara Britania Raya ditambah dengan Irlandia Utara. England merupakan negara bagian terbesar dan terpadat penduduknya.

Secara geografis sebelah utara Inggris berbatasan dengan Samudra Atlantik, sebelah selatan berbatasan dengan Selat English Channel. Adapun sebelah barat berbatasan dengan Irlandia dan Samudra Atlantik, dan sebelah timur berbatasan dengan Laut Utara. Wilayah Inggris meliputi England, Skotlandia, Wales, Irlandia Utara dan pulau kecil sekitarnya dengan luas mencapai 244.110 Km2.
Negara Inggris
Alih fungsi lahan yang intensif di Inggris sejak masa revolusi industri telah membuat sebagian flora dan fauna punah di negara ini. Sekitar 421 spesies dinyatakan punah. Spesies yang punah di antaranya beberapa spesies lebah, ikan, jamur, capung, ngengat, tawon, dan laba-laba. Contoh spesies yang punah adalah kucing liar skotlandia, semut padang rumput berpunggung hitam, dan burung auk.

Berikut ini beberapa informasi penting mengenai Negara Inggris :
Negara Inggris
AspekKeterangan
Letak 50º LU-60º LU dan 8º BB-2º BT.
Batas Sebelah Utara : Samudra Atlantik
Sebelah Selatan : Selat Inggris
Sebelah Barat : Irlandia dan Samudra Atlantik
Sebelah Timur : Laut Utara
Luas 244.110 km²
Iklim Inggris memiliki iklim sedang. Suhu udara tertinggi yang pernah tercatat mencapai 38,50º C pada musim panas dan -26,10º  C pada musim dingin. Walaupun demikian, rerata suhu pada musim dingin antara 4º –5º C dan pada musim panas antara 12º –
16º C.
Bentuk Muka Bumi Wilayah Inggris terbagi menjadi dua bagian, yaitu wilayah yang bergunung-gunung di bagian utara dan dataran rendah yang bergelombang di timur dan selatan.
Geologi Inggris memiliki sumber daya batu bara, minyak bumi dan gas. Energi panas bumi juga dimiliki Inggris dalam jumlah terbatas. Beberapa sumber daya mineral yang tersedia di negara ini adalah pasir dan kerikil untuk bangunan, logam, dan lempung
Flora dan Fauna Flora di Inggris adalah pohon ek dan elm, horse chestnut, spruce Norwegia, larch Jepang, dan fir Douglas. Fauna diantaranya rusa merah Skoltlandia dan sekitar 400 burung termasuk rajawali emas dari Skotlandia dan belibis merah yang khas dari Inggris.
Kondisi Penduduk Pada tahun 2015, penduduk Inggris mencapai 65,1 juta jiwa (WPDS, 2015). Angka pertumbuhan penduduknya hanya 0,4%. Penduduk asli Inggris terdiri atas dua kelompok, yaitu Bangsa Kelt (Skotlandia, Irlandia, dan Wales) dan Bangsa Jerman (Anglo, Saxon, Jute, Denmark, dan Norman).
Agama Penduduknya beragama Kristen. Sisanya adalah pemeluk agama Islam, Yahudi, Hindu, Sikh, serta tidak beragama (atheis).
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 7:47 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.