Home » » Kondisi Alam Negara Australia

Kondisi Alam Negara Australia

Keadaan alam benua Australia meliputi dataran rendah, dataran tinggi, hingga pegunungan. Berdasarkan tinggi rendah daratannya, keadaan alam benua Australia dibagi menjadi tiga bagian, yaitu bagian timur, tengah dan bagian selatan. Bagian timur wilayah Australia terdiri atas pegunungan. Bagian tengah merupakan dataran rendah, sedangkan bagian selatan berupa plato atau dataran tinggi.

Benua Australia termasuk benua yang sangat kering, bahkan hampir dua pertiga bagian wilayahnya berupa gurun berpasir. Beberapa gurun di benua Australia yaitu gurun Gibson, gurun Tanami, dan gurun Great Victoria. Uluru merupakan salah satu objek unik berupa batu besar yang menjadi salah satu ikon Australia. Bagi suku Aborigin, Ulur merupakan tempat keramat. Lukisan Suku Aborigin dapat dijumpai pada gua di Uluru yang menceritakan bagaimana dunia terbentuk

Ada 3 pegunungan besar di Australia, yaitu pegunungan Alpen, pegunungan Hamerslay dan pegunungan Mac Donell. Di pegunungan alpen yang terletak memanjang ke selatan terdapat gunung Kosciusko yang merupakan gunung tertinggi di benua Australia yang ketingiannya hanya 2.230 mdpl. Berikut ini beberapa informasi penting mengenai Negara Australia :
Negara Australia
AspekKeterangan
Letak 113º BT–155º BT dan 10º LS–43º LS.
Batas Sebelah Utara : Laut Timor, Laut Arafuru, dan Selat Torres.
Sebelah Selatan : Samudra Hindia
Sebelah Barat : Samudra Hindia
Sebelah Timur : Samudra Pasifik, Laut Tasman dan Laut Coral
Luas 8.945.000 km²
Iklim Australia berada pada tiga wilayah lintang, yaitu wilayah lintang tropis, subtropis, dan sedang. Wilayah Australia yang masuk lintang tropis berada pada 11ºLS-
23,5ºLS, lintang subtropis pada 23,5ºLS-35ºLS, dan wilayah lintang sedang pada 35ºLS- 44ºLS. Dari arah tropis ke menuju lintang sedang suhu udaranya terus menurun.
Bentuk Muka Bumi Setidaknya terdapat empat bentuk mukabumi di Australia, yaitu: Dataran
Pantai (Coastal Plains) yang terdapat di bagian timur Australia yang memanjang dari Queensland sampai Victoria, Dataran Tinggi Timur (Eastern Highlands) atau disebut
juga The Great Dividing Range terletak di bagian timur Australia., Dataran Rendah Tengah (central lowlands) dan Plato.
Geologi Australia memiliki minyak dan gas, bauksit, batu bara (terbesar kedua setelah Republik Guinea), bijih besi, intan, aluminium (peringkat ke-5 dunia), tembaga, emas (terbesar dunia), mangan, lithium, bijih mangan, posfat, nikel, vanadium, zinc, perak, dan uranium.
Flora dan Fauna Vegetasi Australia adalah vegetasi yang telah beradaptasi dengan kondisi kering.
Vegetasi yang dominan adalah rumput hummock, hutan eukaliptus, dan hutan akasia dan semak belukar. Australia memiliki lebih dari 378 spesies mamalia, 828 spesies burung, 300 spesies kadal, 140 spesies ular, dan 2 spesies buaya. Beberapa yang sangat terkenal dan menjadi simbol atau ikon Australia adalah kangguru, wallabi, koala, dan setan tasmania (tasmanian devil).
Kondisi Penduduk Jumlah penduduk Australia mencapai 23,9 juta (WPDS, 2015) dengan angka pertumbuhan mencapai 1,15%. Penduduk asli Australia adalah Suku Aborigin. Penduduk lainnya adalah pendatang dari berbagai negara dan benua.
Agama Australia tidak memiliki agama resmi. Menurut sensus 2006, 64% Kristen. Kira-kira 19% populasi menyatakan diri sebagai "ireligius" (termasuk humanisme, ateisme, agnostisisme, dan rasionalisme). Agama terbesar yang bukan Kristen di Australia adalah Buddha (2,1%), diikuti oleh Islam (1,7%), Hindu (0,8%), dan Yahudi (0,5%).

Aktivitas Kelompok
1. Carilah peta yang menggambarkan negara bagian di Australia. Tulislah negara-negara bagian tersebut dan ibukotanya pada tabel berikut ini?
Negara  Australia
Negara BagianIbu KotaNegara BagianIbu Kota
Australia Utara DarwinNew South Wales Sydney
Australia Selatan AdelaideQueensland Brisbane
Australia Barat, PerthTasmania Hobart
Victoria MelbourneD. K. Ibukota. Canberra
Negara Australia
2. Kondisi alam Australia membawa pengaruh terhadap komoditas yang dihasilkannya. Deskripsikanlah hubungan antara keadaan alam Australia dan komoditas yang dihasilkannya!
Australia adalah negara yang sebagian besar berupa daratan disertai pegunungan. Australia juga memiliki banyak sungai dan danau. Secara umum, tanahnya bersifat subur dan cocok untuk pertanian. Daerah yang lebih kering cocok untuk dijadikan peternakan. Dengan kondisi alam yang demikian, Australia terbukti mampu memanfaatkan lahan beserta iklimnya untuk pertanian seperti Gandum, Padi, Anggur, Gula, dan Buah-buahan. Sedangkan hasil Peternakan diantaranya Sapi dan Domba.

3. Kondisi alam Australia juga mempengaruhi distribusi penduduk Australia. Deskripsikanlah hubungan antara kondisi alam Australia dengan sebaran penduduknya!
Kondisi wilayah bagian timur dan selatan Australia sangat subur dan memiliki curah hujan banyak, serta lokasi di pesisir memudahkan transportasi barang. Akibatnya wilayah ini sangat padat penduduk dan kota besar di Australia terletak di wilayah ini. Sebaliknya kondisi wilayah pedalaman dan bagian barat Australia berupa gurun yang kering dan tandus, sehingga tidak banyak orang yang tinggal di tempat ini.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 8:35 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.