Home » » Kondisi Alam Negara Amerika Serikat

Kondisi Alam Negara Amerika Serikat

Amerika Serikat (United States of America) terdiri atas 50 negara bagian dan beribu kota di Washington DC. Wilayah Amerika Serikat sangat luas, dan memiliki beberapa jenis iklim. Iklim yang ada di negara tersebut terdiri atas iklim kontinental, iklim sedang, iklim mediteran, iklim subtropik, dan iklim dingin/kutub (Alaska). Secara umum, Amerika Serikat mengalami empat musim, yaitu musim semi, panas, gugur, dan dingin.

Amerika Serikat merupakan negara dengan jumlah penduduk terbesar ketiga di dunia setelah China dan India yaitu mencapai 321,2 juta jiwa (WPDS, 2015). Penduduk asli Amerika, termasuk Amerika Serikat adalah suku Indian. Mereka berasal dari Asia yang menyeberang lewat selat Bering sekitar 20.000 tahun yang lalu.

Suku-suku Indian terkenal diantaranya adalah Cheyenne, Comanche, dan Sioux di Dataran Besar; Apache, Navajo, dan Pueblo di Barat Daya; Iroquois, Huron, dan Herokee di timur, dan Miccosukee di Everglades Florida

Berikut ini beberapa informasi penting mengenai Negara Amerika Serikat :
Negara Amerika Serikat
AspekKeterangan
Letak 24º33’LU-70º23’LU dan 172º27’-66º51’ BB.
Batas Sebelah Utara : Kanada
Sebelah Selatan : Teluk Meksiko, dan Kuba
Sebelah Barat : Samudra Pasifik
Sebelah Timur : Meksiko
Luas 9.826.675 km²
Iklim Iklim yang ada di negara tersebut terdiri atas iklim kontinental, iklim sedang,
iklim mediteran, iklim subtropik, dan iklim dingin/kutub (Alaska). Secara
umum, Amerika Serikat mengalami empat musim, yaitu musim semi, panas,
gugur, dan dingin.
Bentuk Muka Bumi Amerika Serikat terdiri atas dua rangkaian pegunungan besar yaitu pegunungan Rocky (Rocky Mountain) di bagian barat dan Pegunungan Appalachia di bagian
timur. Sejumlah sungai mengalir melewati Great plain diantaranya Sungai Mississippi (3.734 km) dan Sungai Missouri (3.768 km).. Di bagian utara terdapat Danau besar tersebut adalah Danau Michigan, Danau Huron, Danau Superior, Danau Erie, dan Danau Ontario
Geologi Amerika Serikat kaya akan  batu bara, minyak bumi, tembaga, posfat, timah, dan besi. Kekayaan batu bara Amerika Serikat bahkan mencapai seperlima atau 27 persen dari cadangan batu bara dunia.
Flora dan Fauna Di bagian Great plains terdapat padang rumput (prairie/steppa) yang sangat luas. Di bagian tenggara dapat dijumpai hutan yang menggugurkan daunnya setiap tahun (deciduous forest). Jenis fauna yang hidup di Amerika Serikat antara lain bison, antelop, beruang; domba dan rusa; armadilo, selot, dan jaguar.
Kondisi Penduduk Penduduk aslinya Amerika adalah suku Indian seperti Cheyenne, Comanche, Sioux; Apache, Navajo, dan Pueblo. Saat ini, penduduk Amerika Serikat sebagian besar berasal dari Inggris dan Irlandia, dan orang kulit hitam dari Afrika, China, India, Jepang, dan Vietnam.
Agama Protestan sekitar 51,3%, Katolik Roma sekitar 23,9%, Yahudi (1,7%), Buddha (0,7%), Islam (0,6%), Hindu (0,4%), dan Unitarian Universalisme (0,3%).

Aktivitas Kelompok
1. Perhatikan peta negara Amerika Serikat! Gambarkanlah keadaan fisik negara Amerika Serikat berdasarkan ketampakan yang ada pada peta tersebut. Warna hijau pada peta mengambarkan dataran rendah, sedangkan warna coklat menggambarkan dataran tinggi dan pegunungan. Semakin coklat warnanya, semakin besar ketinggiannya.
Amerika Serikat
2. Keadaan alam Amerika Serikat mempengaruhi sebaran penduduknya. Diskusikanlah dengan rekan kalian hubungan antara keadaan alam Amerika Serikat dan sebaran penduduknya!
Jika dilihat dari keadaan alam maka penduduk Amerika Serikat lebih banyak tinggal di wilayah timur. Hal ini karena wilayah barat banyak terdapat gunung, pegunungan dan gurun. Sedangkan wilayah timur yang banyak terdapat dataran rendah dan dilalui oleh sungai-sungai.Tetapi di sepanjang pantai barat Amerika Serikat terdapat jumlah penduduk yang cukup banyak seperti di negara California. Di wilayah barat juga terdapat negara bagian yang memiliki penduduk yang besar seperti New York, Florida , Texas,  Illinois dan Pennsylvania.
3. Keadaan alam Amerika Serikat tentu akan mempengaruhi pemanfaatan lahan dan komoditas yang dihasilkannya. Carilah informasi dari berbagai sumber, termasuk internet, tentang keadaan alam sejumlah wilayah di Amerika Serikat dan pemanfaatan lahan dominan serta komoditas yang dihasilkannya. Wilayah dapat berupa wilayah alami maupun administratif (misalnya negara bagian). Tulislah hasilnya pada tabel berikut ini!
Nama WilayahKeadaan AlamKomoditas yang Dihasilkan
IllinoisDataran rendahPertanian jagung dan gandum
AlaskaDataran rendahMinyak, gas alam, emas, dan perikanan
TexasDataran rendah dan PegununganMinyak, Pertanian dan peternakan
West VirginiaDataran rendah dan PegununganBatubara, Pertanian dan Peternakan
OklahomaDataran rendah dan PegununganMinyak Bumi, Pertanian dan Peternakan
ArizonaDataran rendah dan PegununganTembaga, Pertanian dan Peternakan
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 8:44 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.