Home » » Dinamika Penduduk Benua Amerika

Dinamika Penduduk Benua Amerika

Benua Amerika berbentuk seperti dua segitiga. Kerucut pertama membentuk Amerika Utara dan kerucut lainnya membentuk Amerika Selatan. Keduanya dihubungkan daratan sempit yang merupakan wilayah Amerika Tengah, dikenal dengan nama Tanah Genting Panama yang memisahkan Samudera Psifik dan Samudera Atlantik.

Penduduk Benua Amerika pada tahun 2005 mencapai angka 888.000.000 jiwa sedangkan pada
tahun 2015 mencapai 987.000.000 jiwa. Ini berarti terjadi pertambahan penduduk sebesar 99.000.000 jiwa dalam kurun waktu 10 tahun. Laju pertumbuhan penduduk Benua Amerika tergolong rendah, yakni 0,9% per tahun.

Benua Amerika dihuni oleh banyak etnik, salah satunya adalah etnik kulit hitam atau negro. Keberadaan etnik tersebut tidak lepas dari praktek perbudakan. Mereka didatangkan dari Afrika sebagai budak. Selama 360 tahun, antara tahun 1500 sampai 1860 an sebanyak 12 juta penduduk Afrika dipindahkan secara paksa ke Amerika untuk menjadi budak atau pekerja. Sebagian besar dibawa ke Amerika Selatan. Berikut ini Dinamika Penduduk Benua Amerika :
Penduduk Benua Amerika
AspekKeterangan
Jumlah Penduduk Penduduk Benua Amerika pada tahun 2005 mencapai angka 888.000.000 jiwa sedangkan pada tahun 2015 mencapai 987.000.000 jiwa. Ini berarti terjadi pertambahan penduduk sebesar 99.000.000 jiwa dalam kurun waktu 10 tahun..
Persebaran Konsentrasi penduduk Amerika berada di bagian timur dan barat Amerika Serikat, Amerika Tengah dan Karibia, serta bagian barat dan timur Amerika Selatan. Bagian tengah Benua Amerika umumnya lebih rendah kepadatan penduduknya.
Komposisi berdasarkan Usia Komposisi penduduk Amerika berdasarkan usia menunjukkan bahwa sebesar 24 persen dari penduduknya berusia kurang dari 15 tahun dan sekitar 10 persen berusia 65 tahun atau lebih. Ini berarti sebesar 34 persen penduduknya termasuk penduduk usia tidak produktif. Selebihnya atau sebesar 66 persen merupakan penduduk usia produktif.
Laju Pertumbuhan Laju pertumbuhan penduduk Benua Amerika tergolong rendah, yakni 0,9% per tahun.
Kualitas Negara yang memiliki kualitas penduduk yang tinggi di antaranya adalah Amerika Serikat, Kanada, Argentina, dan Chile. Negara dengan kualitas penduduk yang tinggi adalah Meksiko, Brazil, dan sejumlah negara Amerika Latin lain. Negara dengan kualitas penduduk sedang adalah Paraguay, Bolivia dan sejumlah negara lain.
Komposisi berdasarkan Ras Suku Indian dan Eskio merupakan peduduk asli Amerika. Penduduk pendatang berasal dari berbagai benua yang terdiri atas tiga ras utama, yaitu Ras Negroid dari Afrika, ras Mongolia dari Asia, dan ras Kaukasoid yang berkulit putih dari Eropa.
Agama Penduduk Amerika Serikat sebagian besar (83%) menganut agama Kristen. Sisanya menganut agama Yahudi dan Islam. Amerika Selatan didominasi oleh agama Katolik Roma. Selebihnya menganut agama Kristen Protestan, Hindu, Islam, Animisme dan Shamanisme.
Bahasa Bahasa utama yang digunakan penduduknya adalah Bahasa Inggris. Walaupun demikian, penduduk Amerika menggunakan juga Bahasa Spanyol, Mandarin, Perancis, dan Jerman.
Budaya Budaya Amerika dapat dibedakan secara umum menjadi budaya Amerika
Utara dan Amerika Selatan. Amerika Serikat merupakan salah satu negara dengan budaya yang sangat beragam. Budayanya dibentuk oleh budaya asli Amerika, Amerika Latin, Afrika dan Asia. Bahkan, budaya Amerika mempengaruhi budaya di wilayah lainnya di dunia.

Aktivitas Kelompok
1. Bagilah kelas kalian menjadi beberapa kelompok
2. Perhatikanlah peta sebaran bahasa utama di Amerika. Tulislah negar-anegara yang menggunakan bahwa tersebut pada tabel berikut.
Penduduk Benua Amerika
No.Nama BahasaNama Negara
1. InggrisAmerika Serikat, Kanada, Trinidad dan Tobago, Anguila, Antigua dan Barbuda, Bahamas, Barbados, Kep. Cayman, Dominika, Grenada, Jamaika, Monserrat, Purto Riko, Saint Kitts dan Nevis, Saint Lucia, Saint Vincent dan Grenadine, Belize
2. SpanyolArgentina, Bolivia, Chle, Ekuador, Kolombia, Guyana, Peru, Paraguay, Uruguay, Venezuela. Kuba, Rep. Dominika, Kosta Rika, El Salvador, Guatemala, Honduras, Nikaragua, Panama
3. PerancisKanada, Guyana Perancis, Guadeloupe, Haiti, Martinik, Saint Martin, 
4. PortugisBrazil
5. BelandaSuriname, Aruba, Curacao, Bonare, Sint Eustatius, Saint Marteen

3. Budaya Amerika, khususnya Amerika Serikat menyebar ke berbagai wilayah di dunia, termasuk Indonesia. Perhatikanlah lingkungan sekitar kalian dan tulislah sejumlah contoh budaya Amerika yang mempengaruhi budaya di Indonesia. Buatlah deskripsi singkat tentang budaya Amerika yang diadopsi di Indonesia.
Budaya Amerika
No.Kategori BudayaContoh Produk Budaya
yang Diadopsi
Deskripsi
1. Seni (Musik, Arsitektur, Alat
Musik)
Musik Hip HopMusik hip hop atau hip-hop atau musik rap adalah genre musik yang tercipta di Amerika Serikat pada tahun 1970an yang melibatkan teknik rap, yaitu cara berbicara yang disuarakan melalui rima yang ritmis, yang disertai oleh musik latar yang ritmis..
2. PakaianCelana JeansJins (atau jengki pada tahun 1950-an) adalah sejenis celana yang dibuat dari bahan yang keras dan kuat yang disebut denim. Jins sering dikenakan sebagai pakaian kerja. Jins diperkenalkan di Amerika Serikat oleh Levi Strauss pada tahun 1872.
3. Olah RagaBola BasketNama basket didapatkan ketika seorang siswa YMCA mengatakan kata basket tidak sengaja. Kemudian Dr James Naismith yang merupakan pencipta permainan ini pun tertarik menggunakan nama tersebut.
4. MakananKentucky Fried ChickenKentucky Fried Chicken) adalah suatu merek dagang waralaba dari Yum! Brands, Inc., yang bermarkas di Louisville, Kentucky, Amerika Serikat. KFC dikenal terutama karena ayam gorengnya, yang biasa disajikan dalam "timba" (bucket) dari kertas karton.
4. Buatlah contoh-contoh budaya Amerika seperti yang ditulis pada tabel point 2 dalam bentuk foto atau video. Carilah contoh-contoh tersebut di internet atau secara langsung memotretnya di lingkungan sekitar kalian.
Budaya Amerika
5. Sampaikan hasil kerja kelompok di depan kelas
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 6:05 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.