Home » » Belajar Menjadi Pelaku Wirausaha Cilik

Belajar Menjadi Pelaku Wirausaha Cilik

Pelaku wirausaha adalah orang yang mengelola dan mengembangkan suatu produk dengan menggunakan sumber daya (keuangan, bahan baku, tenaga kerja) dengan sebaik-baiknya, tujuannya untuk mendapatkan laba sebanyak-banyaknya.

Seorang wirausahawan memiliki beberapa ciri yang membedakanya dengan pelaku usaha lainnya. Beberapa ciri perilaku seorang wirausahawan antara lain : mampu mengidentifikasi peluang usaha baru, memiliki rasa percaya diri dan selalu bersikap positif, bertingkah laku seorang pemimpin, memiliki inisiatif, kreatif, dan inovasi terbaru, pekerja keras, berpandangan luas dan memiliki visi misi yang baik, berani mengambil resiko, serta mampu menerima saran dan kritik.

Suatu sore, Udin dan teman-teman berkesempatan bertemu dengan Pak Gino. Beliau adalah seorang tokoh wirausahawan sukses yang sederhana dan suka berbagi ilmu. Beliau memulai usaha mainan kayu edukatif beberapa tahun yang lalu. Sekarang, produknya sudah dikenal dan digunakan oleh berbagai TK dan Taman Bermain.
Pelaku Wirausaha Cilik.
Belajar Menjadi Pelaku Wirausaha Cilik.
Udin :Pak Gino, aku sangat kagum dengan produk buatan Pak Gino. Suatu saat nanti, aku ingin bisa menjadi wirausahawan sukses seperti Bapak. Bagaimana awal mula Pak Gino memulai usaha ini?
Pak Gino :Bapak saya seorang perajin kayu. Sejak kecil, saya sering membantu bapak. Bapak sering membuatkan saya mainan dari sisa-sisa kayu. Mainan-mainan itu membantu saya untuk lebih mudah memahami pelajaran matematika. Nah, kemudian saya memiliki keinginan untuk membuat berbagai mainan kayu. Saya ingin mainan itu juga membantu anak-anak memahami pelajarannya
Siti :Oh, jadi kita bisa memulai suatu usaha dengan bekal keterampilan, hobi, dan kreativitas yang kita miliki ya, pak? Aku gemar mencoba berbagai resep masakan. Wah, mungkin suatu saat nanti aku bisa membuka usaha toko kue, ya.
Udin :Kalau aku suka bermain bola, usaha apa ya, yang bisa aku jalani di masa depan? Apakah membuat bola?
Pak Gino :Mungkin saja. Biasanya, kalau kita memiliki minat terhadap suatu hal, ide dan kreativitas akan berkembang dengan sendirinya.
Edo :Apakah ketika bapak bermimpi membuat usaha mainan kayu, bapak yakin akan laku di pasaran?
Pak Gino :Oh, saya tidak sekadar bermimpi. Saya juga melakukan survei sebelum memulai usaha. Dari sana, saya temukan bahwa banyak anak yang membutuhkan mainan yang mendidik. Ketika saya akan memulai usaha, produk sejenis belum ada di pasaran. Oleh karena itu, saya memberanikan diri memulainya
Edo :Lho, kalau hobiku membaca, usaha apa yang bisa aku lakukan nanti, ya? Belum tentu aku bisa menulis buku. Tentu, tidak mudah juga bersaing dengan buku-buku bagus yang ada di toko buku, ya.
Pak Gino :Usaha yang kamu jalankan nanti tidak selalu berbentuk barang yang dijual. Ada berbagai jasa yang dapat menjadi bidang usaha. Bisa saja kamu membuka perpustakaan kecil dan menyewakan buku-buku koleksimu untuk dibaca oleh anak-anak di sekitar permukimanmu.
Edo :Betul juga ya, Pak. Tidak terpikir olehku sebelumnya. Perpustakaan kecil pasti menarik untuk anak-anak di sekitar rumahku.
Siti :Berdasarkan pengalaman Pak Gino, apa saja kiat-kiat dalam menjalankan usaha?
Pak Gino :Modal utamanya adalah kerja keras dan pantang menyerah. Usaha yang dirintis tidak selalu mulus dalam perjalanannya. Tekun, kreatif, serta jujur juga tidak boleh ditinggalkan. Usaha yang dimulai dengan niat dan sikap yang baik akan berbuah hasil yang baik pula.
Udin :Wah, ternyata banyak ya, yang masih harus kita pelajari untuk menjadi wirausahawan sukses. Tidak cukup sehari kita berguru pada Pak Gino. Boleh ya Pak, lain kali kami bertemu bapak lagi. Siapa tahu, kelak impian kami menjadi wirausahawan kecil bisa terwujud seperti bapak
Pak Gino :Tentu saja boleh. Bapak senang melihat anak-anak seumur kalian sudah memiliki impian yang tinggi. Bapak punya keyakinan, dengan bermimpi, kita akan memiliki motivasi kuat untuk mewujudkannya.
Sore itu, Udin, Edo, dan Siti pulang dengan bekal ilmu baru. Semakin kuat keinginan mereka mengikuti jejak Pak Gino suatu hari nanti.

Jawab pertanyaan berikut :
1. Sikap apa yang harus dimiliki oleh seorang wirausahawan?
Sikap yang harus dimiliki seorang wirausahawan adalaha pantang menyerah, tekun, kreatif, serta jujur.
2. Faktor-faktor apa saja yang harus diperhatikan saat akan melakukan suatu usaha?
Beberapa faktor yang harus diperhatikan sebelum memulai usaha diantaranya adalah : bekal keberanian, keterampilan, hobi, dan kreativitas, melakukan survei produk sejenis apakah masih sedikit atau sudah banyak dipasaran.
3. Apa yang harus dilakukan supaya usaha kita dikenal oleh masyarakat?
Supaya usaha kita dikenal oleh masyarakat dapat dilakukan dengan memromosikan produk dengan membuat brosur, pasang iklan baris di media cetak atau online, mengirimkan email atau surat langsung serta menawarkan langsung kepada orang-orang di sekitar kita.
4. Apa manfaat wirausaha yang dijalankan oleh Pak Gino bagi masyarakat? Jelaskan.
Manfaat wirausaha yang dilakukan oleh Pak Gino diantanya adalah anak-anak lebih mudah memahami pelajaran matematika
5. Jika kamu adalah Pak Gino, bagaimana kamu melaksanakan tanggung jawabmu sebagai seorang wirausahawan?
Jika saya sebagai Pak Gino saya akan memberikan konsumen hak untuk memperoleh informasi tentang produk yang dibelinya, produk yang berkualitas, aman, dan harga sesuai. 
6. Jika di sekitar tempat usahamu, ada pengusaha lain yang membuka usaha yang serupa, bagaimana sikapmu?
Jika ada usaha sejenis di sekitar kita untuk bisa bersaing kita seharusnya meningkatkan kualitas produk sehingga lebih inovatif dan menciptakan sebuah nilai tambah produk. Selain itu kita bisa bekerja sama memajukan usaha, saling memberi dukungan dan bersama-sama memberikan manfaat bagi masyarakat luas
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 2:52 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.