Home » » Barang Impor Di Sekitar Kita Beserta Pengaruhnya

Barang Impor Di Sekitar Kita Beserta Pengaruhnya

Impor adalah proses transportasi barang atau komoditas dari suatu negara ke negara lain secara legal, umumnya dalam proses perdagangan. Proses impor umumnya adalah tindakan memasukan barang atau komoditas dari negara lain ke dalam negeri.

Impor atau kegiatan yang memasukkan barang atau jasa ke suatu negara biasanya dilakukan karena negara tersebut tidak dapat menyuplai atau mencukupi kebutuhan barang atau jasa tersebut.Karena tidak mampu memenuhi kebutuhan sendiri maka dibutuhkan kerjasama dengan negara lainnya. Kegiatan impor juga untuk memastikan bahwa produk atau jasa yang dibutuhkan atau diinginkan penduduk negara itu dapat diperoleh dengan harga yang lebih murah atau efisien.

Terkadang suatu negara mengimpor barang atau jasa yang sudah dimilikinya secara domestik, dan kemudian mengekspor barang yang sama.  AS misalnya, mereka terkenal sebagai negara produsen mobil. Namun di jalanan AS kita banyak melihat mobil buatan Jepang atau Korea melintas di sana. Hal ini disebabkan oleh perbedaan produk. Mobil produksi AS dikenal tangguh namun cukup boros bahan bakar. Sebaliknya, mobil buatan negara Asia dikenal lebih hemat bahan bakar.

Begitupun halnya dengan impor dan ekspor minyak bumi Indonesia. Indonesia mengekspor minyak yang tidak sesuai dengan kebutuhan domestik dan mengimpor minyak yang sudah dimurnikan di luar negeri.
Barang Impor
Amati benda-benda yang ada di sekitarmu (pakaian, barang elektronik, peralatan rumah tangga, dan kendaraan). Apakah kamu menemukan produk-produk yang berasal dari lintas negara? Catat temuanmu pada tabel di bawah ini.
No.BendaAsal negaraPenggunaan dalam
kehidupan sehari-hari
Pengaruh produk terhadap
kehidupan suatu negara
1Macbook ProAmerika SerikatMemudahkan pekerjaan dan sebagai media hiburan.Komputer/Laptop dapat di jadikan suatu media informasi sebagai sarana pelajaran untuk para siswa penerus bangsa
2Samsung Galaxy S6Korea SelatanMedia komunikasi dan media hiburanMemudahkan komunikasi antar wilayah
3Magic Jar RinaiJepangMenanak nasi, dan bahkan ada juga yang bisa mengukus kue.Mempermudah proses menank nasi sehingga lebih efisien
4BMW 328iJermanSebagai alat transportasiMempermudah transportasi
5Billabong HoodiesAustraliaHoodies berfungsi sebagai penghangat tubuh dan gayaMemenuhi kebutuhan akan sandang
6Suzuki Shogun Axelo 125JepangSarana transportasi darat,Mempermudah transportasi
7Pisau Cukur GilleteAmerika SerikatUntuk mencukur rambutMasyarakat terjaga kebersihan tubuhnya.
8Lampu Philips LEDBelandaPenerangan baik di dalam maupun di luar ruanganAktivitas dapat dilakukan pada malam hari
9Jam Tangan RollexSwissPenunjuk waktu dan perhiasanLebih tepat waktu
10Nokia E6Amerika SerikatMedia komunikasi dan media hiburanMemudahkan komunikasi antar wilayah

Impor melibatkan pembayaran atau pengeluaran uang, selalu dianggap buruk dibanding ekspor yang mendatangkan penerimaan uang. Namun sebenarnya tak jarang ekspor justru membutuhkan impor. Impor tak (selalu) buruk. Namun jika jumlah impor melebihi ekspor yang berlebihan dalan jangka panjang dapat menurunkan jumlah lapangan pekerjaan yang disebabkan kompetisi dari impor.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 10:56 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.