Home » » Jenis Jenis Reklame Berdasarkan Ciri-Cirinya

Jenis Jenis Reklame Berdasarkan Ciri-Cirinya

Reklame adalah alat untuk menawarkan, mempromosikan, memperkenalkan barang-barang hasil produksi atau jasa kepada masyarakat dengan menggunakan gambar dan kata-kata yang menarik. Tujuan reklame adalah agar suatu produk dapat dikenal oleh masyarakat dan masyarakat memiliki keinginan untuk membelinya.

Secara luas reklame diartikan sebagai suatu karya seni rupa  yang bertujuan untuk menginformasikan, mengajak, menganjurkan atau menawarkan produk (sesuatu berupa barang atau jasa) kepada konsumen dengan cara yang menarik sehingga konsumen ingin memiliki, menggunakan atau membelinya.

Reklame berdasarkan cara penyampaiannya dibedakan menjadi dua yaitu cara tradisional dan cara modern. Reklame Cara tradisional dalam bentuk yang sederhana baik peralatan maupun teknik penyampaiannya.  Beberapa bentuk reklame jenis ini misalnya :
  1. Penjual bakso keliling yang membunyikan mangkoknya dengan sendok.
  2. Penjual sate menggunakan lonceng kecil sehingga orang mengetahui jika ada penjual sate yang datang.
  3. Penjual Ice Cream dengan musik yang menarik.
  4. Penjual obat tradisional menggunakan pengeras suara dan atraksi untuk menarik perhatian pengunjung di pasar dan lain sebagainya.

Reklame dalam bentuk yang lebih modern baik media maupun teknik penyampaiannya.  Beberapa bentuk reklame jenis ini misalnya :  berupa poster, spanduk, brosur, selebaran, logo, baliho, dan embalase.

1. Poster
Poster adalah jenis reklame visual, berbentuk gambar dan tuliasan yang berukuran agak besar sehingga memudahkan untuk dibaca pesan reklamenya. Poster biasanya dipasang di tempat umum yang mudah dilihat orang.

2. Spanduk
Spanduk adalah reklame yang memuat informasi reklame komersial atau non komersial yang dibuat secara ringkas, padat dan jelas menggunakan kain dan sejenisnya yang dibentangkan diantara dua tiang di tempat strategis dan ramai.

3. Brosur
Brosur merupakan reklame yang dibuat pada selembar kertas dengan isi informasi yang lebih rinci dan jelas, disampaikan dengan cara disebarluaskan secara langsung agar dibaca dan dipahami konsumen/ target.

4. Selebaran
Selebaran adalah Lembaran kertas berukuran kecil mengandung pesan tercetak untuk disebarkan kepada umum sebagai informasi mengenai suatu hal atau peristiwa/event tertentu.

5. Logo
Logo merupakan reklame berbentuk gambar yang digunakan sebagai simbol atau lambang sebuah produk maupun barang

6. Baliho
Baliho adalah jenis reklame yang berisi gambar/ tulisan menarik dan informatif dengan ukuran besar, ditempatkan di tempat umum dan strategis menggunakan tiang besar dan kuat dan bersifat semi permanen

7. Embalase
Embalase adalah jenis reklame visual yang terdapat pada kemasan atau pembungkus hasil produk yang diperdagangkan. Kemasan suatu produk mempunyai dua fungsi: sebagai pembungkus atau pelindung barang produk dan sebagai daya tarik dan pemberitahuan kepada konsumen.
Brosur

Apa yang kamu amati dari reklame di atas?
Rekelame di atas menyajikan informasi mengenai pasta gigi Puskurdent dan selebaran Lomba Kreasi TPA.

Apakah kamu pernah menemukan reklame yang mirip dengan reklame di atas di sekitarmu?
Kedua reklame tersebut sering ditemukan di sekitar kita.

Apa ciri-ciri khusus yang kamu temukan dalam reklame tersebut?
Secara umum kedua reklame pada dasarnya mertujuan untuk mempromosikan  sesuatu. Reklame pertama  dibuat untuk menawarkan barang dan jasa, sedangkan reklame kedua dibuat untuk mengajak atau menghimbau orang lain untuk mau melakukan sesuatu.

Apa tujuan dari masing-masing reklame tersebut?
Reklame pertama menawarkan kepada konsumen produk pasta gigi, sedangkan reklame kedua menyajikan informasi tentang kegiatan Lomba Kreasi TPA.

Tulis kesimpulanmu tentang reklame.
Reklame adalah alat untuk menawarkan, mempromosikan, memperkenalkan barang-barang hasil produksi atau jasa kepada masyarakat dengan menggunakan gambar dan kata-kata
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 2:34 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.