Home » » Formulir Pengiriman Barang Dalam Negeri

Formulir Pengiriman Barang Dalam Negeri

Tingginya kebutuhan masyarakat akan jasa pengiriman barang menyebabkan banyaknya jumlah perusahaan yang bergerak di bidang pengiriman barang. Bukan hanya perusahaan swasta saja, namun Pos Indonesia selaku perusahaan milik negara juga turut serta berbenah diri dan menerapkan sejumlah kemudahan di dalam layanan pengiriman barang. Hal ini karena tingginya tingkat persaingan yang terjadi di antara perusahaan ekspedisi di Indonesia.

Kiprahnya di dalam layanan jasa pengiriman, tidak perlu diragukan lagi. Perusahaan milik negara ini telah beroperasi sejak puluhan tahun yang lalu, sehingga tak heran jika Pos Indonesia memiliki segudang pengalaman di bidang pengiriman barang. Bukan hanya pengiriman barang saja, Pos Indonesia juga memberikan layanan pengiriman berbagai dokumen dan bahkan uang ke semua wilayah di Indonesia. Berikut ini contoh formulir pengiriman barang dalam negeri.

Ayo Membaca
Perhatikan contoh formulir pengiriman barang untuk dalam negeri berikut.
FORMULIR PENGIRIMAN BARANG DALAM NEGERI
Data Penerima
Nama Awal :
Nama Akhir :
Alamat Penerima :
Provinsi :
Kabupaten :
Kode Pos :
Telepon :
Data Pengirim
Nama Awal :
Nama Akhir :
Alamat Penerima :
Provinsi :
Kabupaten :
Kode Pos :
Telepon :
Jakarta, ............................Januari 2018



(......................................)
Tanda tangan dan nama lengkap
pengirim
(......................................)
Tanda tangan petugas

Berdasarkan teks formulir tersebut, jawablah pertanyaan berikut.
Apa saja informasi penting yang tercantum dalam pengiriman barang?
Infromasi penting yang tercantum antara laian : Nama, alamat, kode pos, dan Telepon.
Mengapa kita perlu mencantumkan kode pos dalam formulir pengiriman barang?
Kita perlu mencantumkan kode pos dalam formulir karena untuk mengetahui letak alamat yang dituju. Setiap kode pos biasanya mewakili 1 (satu) kelurahan. Pencantuman kode pos ini sangat penting untuk membantu petugas kurir mencari alamat yang dimaksud.
Apa yang terjadi jika alamat penerima barang tidak ditulis dengan lengkap? Jelaskan.
Jika alamat penerima barang tidak ditulis dengan lengkap ada kemungkinan barang tidak sampai ke alamat tujuan..
Mengapa kita perlu mencantumkan nomor telepon pengirim dan penerima dalam formulir tersebut?
Kita perlu mencantumkan nomor telepon pengirim dan penerima supaya bisa dihubungi petugas pos apabila ada masalah dalam pengiriman barang.

Formulir tersebut hanya merupakan salah satu contoh formulir pengiriman barang. Setiap lembaga atau perusahaan dapat membuat formulir dengan data dan format yang berbeda. Jika menggunakan jasa pengiriman melalui kantor Pos ada beberapa kelebihan dari jasa tersebut, diantaranya adalah sebagai berikut.
Pengiriman Barang Dalam Negeri
  1. Jika dibandingkan dengan perusahaan pengiriman barang lainnya, maka tarif yang dikenakan oleh Pos Indonesia lebih terjangkau dan bisa bersaing dengan baik dengan perusahaan lainnya.
  2. Pos Indonesia memiliki jangkauan pengiriman yang sangat luas, bahkan menjadi yang terluas di antara yang lainnya, sebab Pos Indonesia bahkan bisa mencapai pelosok dan pedalaman yang jarang diakses oleh perusahaan lainnya.
  3. Pos Indonesia memiliki akses pengiriman yang paling murah dan terbilang cukup cepat untuk layanan pengiriman barang ke luar negeri. Mereka memiliki layanan cooperation dengan EMS yang akan membuat waktu pengiriman lebih cepat.
  4. Dalam pengiriman barang yang kecil, Pos Indonesia akan lebih murah sebab barang akan dihitung dengan tarif per-gramn dan bukan per kilogram, sehingga barang dengan berat beberapa gram tidak akan dibulatkan tarifnya menjadi satu kilogram sekaligus.
  5. Kantor pos terdapat di hampir setiap kecamatan di seluruh Indonesia, dan ini menjadi jaminan jangkauannya yang luas dan menjadi yang terbaik.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 2:42 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.