Home » » Pantun Pentingnya Menjaga Organ Peredaran Darah

Pantun Pentingnya Menjaga Organ Peredaran Darah

Manusia rentan dengan berbagai macam gangguan pada organ tubuhnya, di antaranya gangguan pada organ peredaran darah. Darah adalah bagian tubuh manusia yang berfungsi untuk mengedarkan
oksigen dan sari-sari makanan ke seluruh tubuh. Darah merupakan komponen penting di dalam tubuh yang memengaruhi semua kinerja organ tubuh. Oleh karena itu, organ peredaran darah seperti jantung dan pembuluh darah hendaknya dijaga kesehatannya.

Darah sangat penting peranannya bagi manusia. Peranan darah antara lain mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh dan mengangkut karbon dioksida dari seluruh tubuh menuju paru-paru. Dalam tubuh manusia, darah mengalir melalui organ-organ peredaran darah.

Jantung adalah salah satu organ penting dalam peredaran darah pada tubuh manusia. Jantung berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh. Selain jantung, organ penting lainnya dalam peredaran darah pada tubuh manusia adalah paru-paru. Paru-paru berfungsi menyuplai oksigen yang akan dibawa darah ke seluruh tubuh.

Agar alat peredaran kita dapat bekerja dengan baik pada saat mengedarkan oksigen dan sari-sari makanan ke seluruh tubuh maka kita perlu menjaga dan memeliharanya dengan baik. Hal ini juga dapat mencegah munculnya penyakit atau gangguan yang menyerang alat peredaran darah tersebut.
Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk memelihara alat peredaran darah kita adalah dengan melakukan pola hidup yang sehat. Beberapa upaya lainnya yang dapat dilakukan di antaranya adalah sebagai berikut.
  1. Olahraga secara teratur. Olahraga dapat meningkatkan daya tahan tubuh kita terhadap berbagai penyakit. Selain itu, olahraga juga dapat membuat jantung yang merupakan alat  peredaran darah dapat berfungsi dengan baik.
  2. Menghindari makanan berlemak. Lemak di dalam darah dapat mengakibatkan penyempitan pembuluh darah. Akibat penyempitan pembuluh darah akan timbul penyakit jantung dan pendarahan otak
  3. Menghindari rokok dan minuman beralkoh*l. Zat-zat yang terkandung di dalam rokok dapat menyebabkan penyakit jantung. Selain merokok, mengkon-sumsi minuman beralkohol juga dapat mempengaruhi alat peredaran darah. Jumlah alkohol yang terlalu banyak di dalam darah dapat mengakibatkan tubuh menjadi lemah dan mudah terserang penyakit.
  4. Makan makanan yang bergizi cukup dan seimbang
  5. Tidur dan istirahat yang cukup
Olah Raga
Ayo Membaca
Pantun 1Pantun 2
Di situ kamu di sini aku
Bergandeng tangan bersuka ria
Sehat selalu ini badanku
Karena rajin berolahraga
Si Nana mengayuh sepeda
Di dahinya penuh peluh
Wahai anak-anak muda
Sehat itu pasti kamu butuh

Makna pantun pertama tentang mahalnya kesehatan tubuh manusia. Demikian juga pada pantun kedua, yang bermakna himbauan untuk berolahraga. Nah, dapatkah kamu membuat pantun yang makna atau isinya tentang pentingnya menjaga organ peredaran darah agar terhindar dari gangguan kesehatan?

Ayo Berkreasi
Buatlah pantun yang berisi tentang pentingnya menjaga organ peredaran darah agar terhindar dari gangguan kesehatan. Tuliskan pantunmu pada kolom berikut.
PantunPantun
Akhir pekan pergi ke pasar
Hansip lewat bawa penjahat
Jika ingin darah lancar
Wajib makan makanan sehat
Beli kue donat lalu ditata
Lalu dimakan wajahnya merah
Jagalah selalu jantung kita
Jantung berguna edarkan darah
Terbangun dari tidur nyenyak
Langit pagi tampak cerah
Jangan makan banyak lemak
Bisa menghambat peredaran darah
Sinar matahari cerah memancar
Berpencar ke arah bagian gunung
Jika sirkulasi darah lancar
Terhindar dari gangguan jantung
Batman punya sahabat Robin
Berdua pergi ke negara Armenia
Pertinggi kadar hemoglobin
Agar terhindar dari Anemia
Membuat lubang memakai pahat
Berbaring tidur sambil telungkup
Agar jantung selalu sehat
Tidur dan istirahat yang cukup
Belajar sambil main catur
Makin pintar dan cekatan juga
Olahraga secara teratur
Agar daya tahan terjaga
Makan pagi lauknya tongkol
Buah pepaya manis dan segar
Hindari rokok dan alkoh*l.
Pasti tubuh sehat dan bugar
Main bola sebentar rehat
Anak kecil main jungkat-jungkit
Jika jantung kita sehat
Darah lancar bebas penyakit
Main petak umpet bagian jaga
Teman sembunyi berpencar
Pembuluh darah harus dijaga
Agar darah mengalir lancar

Darah adalah bagian tubuh manusia yang berfungsi untuk mengedarkan oksigen dan sari-sari makanan ke seluruh tubuh. Darah merupakan komponen penting di dalam tubuh yang memengaruhi semua kinerja organ tubuh. Oleh karena itu, organ peredaran darah seperti jantung dan pembuluh darah hendaknya dijaga kesehatannya.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 7:54 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.