Home » » Mencari Informasi dan Menyajikannya dalam Bentuk Berita Koran

Mencari Informasi dan Menyajikannya dalam Bentuk Berita Koran

Jawa Tengah merupakan daerah penghasil kain batik terbesar di Nusantara. Batik Jawa Tengah memiliki corak yang khas. Daerah penghasil batik di Jawa Tengah yang paling menonjol adalah Pekalongan, Solo, dan Semarang. Pusat penghasil batik terkenal lainnya adalah Yogyakarta. Batik Yogyakarta dan Solo lebih banyak didominasi warna cokelat dan biru tua. Untuk motif batik Yogyakarta sendiri ada bermacam-macam seperti motif parang, babon angrem, dan wahyu tumurun.

Batik Pekalongan memiliki ciri pesisir dengan corak yang khas. Coraknya banyak mendapat pengaruh dari Cina yang dinamis dan kaya akan warna. Batik Pekalongan banyak didominasi warna cerah, hijau, kuning, merah, dan merah mudah serta didominasi motif bunga. Untuk batik, Semarang banyak didominasi warna cokelat, kuning, hijau, hitam dengan motif alam seperti bunga, daun, dan burung.

Batik merupakan contoh karya seni rupa daerah. Bersama-sama dengan kelompokmu, lakukanlah kegiatan berikut.
  1. Carilah informasi tentang beragam karya seni rupa daerah yang terdapat di daerahmu dan juga daerah-daerah lain di Indonesia. Informasi dapat diperoleh melalui internet, koran, atau majalah.
  2. Sajikan informasi tersebut dalam bentuk berita koran.
  3. Gunakan kertas A4 beberapa lembar dan lengkapi dengan gambar karya seni yang bersangkutan.
  4. Berikut adalah contoh format berita di koran.
Karya Seni Rupa Daerah
Anggota Kelompok :
Wawan
Edo
Lani
Keunikan Patung Asmat
Patung Asmat, di masa kini bagi suku Asmat di Papua merupakan media sebagai jembatan alur komunikasi, antara roh roh arwah leluhur dengan generasi suku Asmat yang masih hidup. Dimana kaum muda suku Asmat diberikan kepercayaan untuk melestarikan nilai-nilai, hukum, adat istiadat para leluhur agar tidak punah tergerus perkembangan zaman.
Patung Asmat
Patung Asmat
Patung Asmat dikenal oleh masyarakat modern sebagi benda primitif, yang dianggap sebagai wujud kepercayaan terhadap arwah-arwah jahat. Namun hasil kerajinan pulau Papua ini menjai produk seni yang memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi.
Kain Tenun Ikat Sukerare
Sukerare adalah sebuah desa penghasil tenun ikat dan songket yang terletak di Kecamatan Jongot, Kabupaten Lombok Tengah. Tempat pengerajin Songket dan Tenun Ikat yang terbesar di Lombok berada di Desa Sukerare.
Sukarara
Tenun Ikat Sukerare
Kain tenun ikat sangat identik dengan kain tradisional untuk Indonesia bagian Timur. KainTenun ikat atau kain ikat adalah kriya tenun Indonesia berupa kain yang ditenun dari helaian benang pakan atau benang lungsin yang sebelumnya diikat dan dicelupkan ke dalam zat pewarna alami.

Alat tenun yang dipakai adalah alat tenun tradisional sama seperti proses pembuatan kain gringsing, songket dan Ulos. Sebelum ditenun, helai-helai benang dibungkus atau diikat dengan tali plastik sesuai dengan corak atau pola hias yang diingini. Secara umum kain ini berfungsi sebagai busana untuk penggunaan sehari-hari dan mentupi badan dan sebagai busana dalam tari adat dan upacara adat.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 8:53 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.