Home » » Membuat Diagram SIstem Pencernaan Manusia

Membuat Diagram SIstem Pencernaan Manusia

Satu ciri makhluk hidup adalah memerlukan makanan. Makanan yang telah dimakan akan diuraikan dalam sistem pencernaan menjadi sumber energi, komponen penyusun sel dan jaringan, dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Salah satu sistem kompleks dalam tubuh adalah sistem pencernaan. Nah, apa sajakah bagian-bagian dari sistem pencernaan pada manusia? Masih ingat kah kamu pembelajaran mengenai organ-organ dalam sistem pencernaan manusia?

Ayo Berkreasi
Buatlah kelompok yang terdiri atas empat siswa. Setiap kelompok akan membuat diagram sistem pencernaan berikut nama dan fungsi tiap-tiap organ di dalamnya. Baca dan ikutilah langkah pengerjaan berikut.
  1. Pilihlah ketua kelompok dan mintalah diagram kosong tubuh manusia kepada gurumu.
  2. Buatlah daftar organ-organ yang termasuk di dalam sistem pencernaan manusia.
  3. Agar pengerjaan lebih cepat, ketua kelompok perlu mendelegasikan tugas kepada tiap-tiap anggota untuk menggambar organ-organ tersebut.
  4. Berilah warna dan gunting dengan rapi.
  5. Urutkan dan tempel organ-organ tersebut pada diagram tubuh manusia yang kamu dapat dari gurumu.
  6. Tuliskan fungsi dari tiap-tiap organ dengan rapi pada kertas kerja atau dapat juga pada kertas kecil terpisah dan ditempel di dekat organ yang bersangkutan.
  7. Bekerja samalah dengan baik, manfaatkan waktumu semaksimal mungkin karena gurumu akan memperhatikan cara bekerja dalam kelompok.
  8. Selamat belajar.

No.OrganFungsi
1.MulutFungsi utama mulut adalah menghancurkan makanan sehingga ukurannya menjadi kecil.
2.KerongkonganFungsi utama kerongkongan adalah memindahkan makanan ke dalam lambung dengan gerakan peristaltik.
3.LambungFungsi utama lambung adalah untuk memecah makanan dan mencampur dengan enzim dan asam
4.Usus HalusFungsi utama usus halus adalah menyerap sebagian besar nutrisi dalam makanan.
5.Usus BesarFungsi utama usus bsar adalah penyerapan air dan pembetukkan feses.
6.AnusFungsi utama anus adalah pengeluaran sisa–sisa makanan yang sudah tidak diperlukan oleh tubuh melalui organ anus.
Organ Cerna

Pencernaan merupakan organ tubuh yang sangat penting dan harus dijaga kesehatannya, karena setiap hari makanan dan minuman diolah dalam organ pencernaan lalu disalurkan ke seluruh tubuh untuk menjadi makanan bagi organ tubuh lainnya.

Sistem pencernaan manusia dimulai dari mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar sampai ke anus. Pola makan yang tidak teratur, sering terlambat makan, kurang mengonsumsi buah dan sayur, serta terlalu cepat menelan makanan adalah beberapa hal yang menyebabkan terjadinya gangguan pencernaan. Stres juga menjadi penyebab utama gangguan pencernaan masyarakat dewasa ini. Gangguan pencernaan dapat berupa mual, kembung, nyeri pada ulu hati, bahkan kanker usus yang timbul karena usus mengalami infeksi akibat bekerja ekstrakeras sewaktu mencerna makanan yang kurang serat.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 9:27 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.