Home » » Lagu Bertema Hewan dengan Tangga Nada Mayor

Lagu Bertema Hewan dengan Tangga Nada Mayor

Sebuah lagu terdiri atas berbagai bagian yang membentuknya. Lagu akan terdengar indah karena berbagai unsur musik yang digabungkan. Adapun, unsur-unsur yang membentuk sebuah lagu salah satunya adalah Tangga Nada. Tangga nada adalah urutan nada yang disusun secara berjenjang. Misalnya, do, re, mi, fa, sol, la, si, do.

Ada dua jenis tangga nada yang sering kita temukan dalam seni musik yaitu tangga nada diatonis dan tangga nada pentatonis. Tangga nada diatonis adalah tangga nada yang mempunyai dua jarak tangga nada, yaitu satu dan setengah. Nada-nada pada piano dan organ termasuk sistem diatonis.

Tangga Nada Pentatonis adalah jenis tangga nada yang hanya memakai lima nada pokok. Ragam tangga nada pentatonis dibedakan oleh jarak antarnada serta pilihan nada yang didengar. Berdasarkan nadanya, ada tangga nada yang menggunakan pelog dan slendro. Contoh alat musik yang menggunakan tangga nada ini adalah gamelan.

Tangga nada diatonis ada beberapa macam diantaranya adalah Tangga Nada Diatonis Mayor dan Tangga Nada Diatonis Minor. Tangga nada mayor adalah tangga nada diatonis yang susunan nada-nadanya berjarak 1–1–1/2–1–1–1–1/2. Sedangkan. Tangga nada minor adalah tangga nada diatonis yang susunan nadanadanya berjarak 1–1/2–1–1–1/2–1–1.

Ayo Mencoba
Tahukah kamu bahwa hewan sering dijadikan inspirasi oleh pengarang lagu untuk membuat sebuah lagu? Ada beberapa lagu Indonesia yang bertemakan hewan. Menurutmu, mengapa hewan dijadikan inspirasi untuk membuat lagu? Apakah tujuannya?

Bersama dengan teman sekelompokmu, carilah sebuah lagu bertema hewan yang bernada mayor. Lagu bertangga nada mayor mempunyai kesan riang gembira dan penuh semangat. Pelajarilah lagu tersebut, dan mulailah memainkannya dengan iringan alat musik sederhana yang kamu miliki. Perhatikan tempo dan ketukan lagu. Jika kamu memiliki alat musik melodis, pelajari nada lagu dan mainkanlah alat musikmu untuk mengiringi lagu tersebut.

1. Cicak
Lagu Cicak
2. Anak Kambing Saya
Anak Kambing Saya
3. Helly
Lagu Helly

4. Si Kancil
Si Kancil

5. Burung Hantu
Burung Hantu
Ternyata beberapa jenis hewan yang ada di sekitar kita menjadi inspirasi dari banyak pencipta lagu. Melalui lagu tersebut kita dapat bernyanyi, bergembira, juga bisa mengenali dunia binatang, dan indahnya ciptaan Tuhan berupa berbagai macam binatang
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 11:42 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.