Home » » Iklan Layanan Masyarakat Tentang Buah Lokal

Iklan Layanan Masyarakat Tentang Buah Lokal

Buah-buahan lokal khas Indonesia adalah buahan yang diproduksi langsung dan dikembangkan di negara kita tercinta ini. Jika bukan kita yang mencintai punya kita lalu siapa lagi.

Salah satu hal yang dapat membuat tubuh tetap sehat dan bugar adalah dengan mengonsumsi buah. Manfaat buah-buahan untuk kesehatan sangatlah beragam. Buah buahan dapat menghindarkan kita dari berbagai penyakit. Dengan mengonsumsi buah maka kita akan mendapatkan gizi dan menjaga
kesehatan kita.
Buah Lokal
Buah juga dapat meningkatkan energi dan kebutuhan vitamin pada tubuh manusia. Berikut adalah beberapa manfaat buahbuahan.
  1. Sumber vitamin. Buah merupakan sumber vitamin dan berbagai jenis vitamin ada di buah.
  2. Sumber air dan gizi. Buah merupakan salah satu sumber air untuk tubuh dan kebutuhan gizi yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh.
  3. Sumber antioksidan. Buah merupakan salah satu sumber antioksidan alami terbesar yang ada di dunia.
  4. Mencegah penyakit tertentu. Buah-buahan merupakan salah satu cara untuk menghindarkan kita agar tidak terserang penyakit berbahaya dan berbagai penyakit lainnya.
  5. Obat luar tubuh. Buah-buahan juga dapat digunakan untuk menggunakan obat luar seperti jerawat, bisul, dan sebagainya

Buah-buahan sangat penting bagi tubuh kita. Banyak sekali iklan yang mempromosikan tentang buahan-buahan, terutama buah-buahan impor. Padahal buah-buahan dan sayuran lokal pun sama enak dan sama bergizinya, lho!

Berikut adalah sebuah percakapan iklan layanan masyarakat tentang buah lokal.

Buah Lokal
Siswa 1 :“Lihat apa yang kubawa!”
Siswa 2 :“Wah, buah apa itu? Mengapa warnanya ungu agak kemerahan?”
Siswa 1 :“Ini buah naga impor, lho! Tak ada duanya. Kalau buah naga lokal itu
warnanya putih, sementara ini warnanya unik sekali.”
Siswa 3 :“Oh, buah naga, ya? Aku juga suka membeli buah naga. Akan tetapi,
aku membeli buah naga hasil petani lokal saja. Manfaat dan rasanya juga sama. Harganya juga jauh lebih murah. Sekalipun warnanya berbeda, bukankah itu tidak memengaruhi manfaatnya?”
Siswa 2 :“Iya. Kalau kata ayahku, buah produksi petani lokal itu lebih segar sebab jalur distribusinya lebih pendek. Berbeda dengan buah impor yang membutuhkan banyak pengawet sebab jalur distribusinya lebih panjang. Jadi, selain produksi petani lokal lebih aman untuk dikonsumsi, kita juga turut membantu memberdayakan petani lokal
kita.”
Siswa 1 : :“Oh, begitu, ya. Aku jadi mengerti sekarang. Aku akan memberitahu ayah dan ibuku juga untuk membeli produk buah lokal mulai dari sekarang.”

Sebutkan keunggulan buah lokal bila dilihat dari naskah iklan layanan masyarakat di atas
  1. Harganya juga jauh lebih murah daripada buah impor.
  2. Buah produksi petani lokal itu lebih segar sebab jalur distribusinya lebih pendek. Berbeda dengan buah impor yang membutuhkan banyak pengawet sebab jalur distribusinya lebih panjang.
  3. Buah produksi petani lokal lebih aman untuk dikonsumsi

Dalam kelompok yang berisi lima orang, buatlah sebuah iklan layanan masyarakat untuk media elektronik tentang salah satu buah lokal yang paling banyak terdapat di daerahmu. Tentukan kata-kata kunci untuk percakapan iklanmu
Buah Lokal
Siswa 1 :"Aku punya tebak-tebakan nih. Jika anaknya 1 orang, ibunya berjumlah 2 orang. Jika anaknya 2 orang, maka ibunya berjumlah 1 orang. Jika ibunya 3 orang, maka tidak punya anak. Apa hayoo??"
Siswa 2 :“Wah, apa itu? Kok kayaknya susah ditebak?”
Siswa 1 :“Jawabannya buah salak, buah salak dibagi menjadi 3 buah.  Dan juga terdapat sat keunikan lagi. Jika yang besar 1 buah, maka yang kecil 2 buah. Dan jika yang besar 2 buah, maka yang kecil 1 buah. Tidak pernah dijumpai buah salak yang berisi 4 daging buah.”
Siswa 3 :“Oh, buah salak, ya? Aku juga suka membeli buah salak. Akan tetapi, aku membeli buah salak hasil petani lokal saja. Manfaat dan rasanya juga sama. Harganya juga jauh lebih murah.”
Siswa 4 :“Iya. Kalau kata Pak Guru, buah produksi petani lokal itu lebih segar sebab biasanya langsung dipetik dari pohonnya. Selain itu buah lokal juga bebas dari bahan kimia. Jadi, selain produksi petani lokal lebih aman untuk dikonsumsi, kita juga turut membantu memberdayakan petani lokal kita.”
Siswa 5 : :“Oh, begitu, ya. Aku jadi mengerti sekarang. Aku akan memberitahu orang-orang di sekitarku juga untuk membeli produk buah lokal mulai dari sekarang.”
Siswa 3 : :“Selain lebih murah, menikmati buah lokal juga membuat tubuh semakin sehat. Jadi, jangan ragu untuk mencicipi kesegaran dari buah-buahan lokal dan rasakan kenikmatan sekaligus manfaatnya.”
Siswa 1 : :“Nah, sekarang sudah tahu kan keunggulan buah lokal? Tapi aku maih punya satu tebakan lagi, nih. Begini, Buah apa yang nggak bisa dimakan”
Siswa 3 :“Pasti buah  jambu monyet itu? Betul kan tebakanku?”
Siswa 1 :“Jawabanmu salah yang benar adalah buah hati, Hahahah....."
(sambil pergi meninggakan teman-temannya)

Kata Kunci :
  1. Buah Salak
  2. Sehat
  3. Petani
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 10:48 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.