Home » » Upacara Adat Masyarakt di 34 Provinsi

Upacara Adat Masyarakt di 34 Provinsi

Kebiasaan yang mengikat masyarakat dan berlangsung dalam jangka waktu cukup lama dikenal dengan adat istiadat. Adat istiadat merupakan kebiasaan sosial yang sejak lama ada di dalam masyarakat dan bertujuan mengatur tata tertib dalam masyarakat tersebut. Adat istiadat setiap kelompok masyarakat bisa sama atau berbeda satu dengan yang lain.

Contohnya saja, ada istiadat masyarakat Osing di Banyuwangi yang merupakan perpaduan antara budaya Jawa, Madura, dan Bali. Kemudian adat istiadat masyarakat desa di Jawa Timur dan Jawa Tengah yang ternyata memiliki persamaan. Salah satu persamaannyanya bahwa mereka memiliki ikatan yang berdasarkan pada persahabatan.
Pukul Sapu
Ayo Berlatih
Lakukanlah sebuah wawancara sederhana ke beberapa orang temanmu. Cari tahu apa saja kebiasaan atau adat istiadat yang mereka miliki. Gunakanlah tabel berikut untuk membantumu. Ceritakan hasil wawancaramu di depan kelas.
NoNama ProvinsiAdat Istiadat
1.Nanggro Aceh DarussalamPeusijuk merupakan salah satu tradisi leluhur masyarakat Aceh sebagai bentuk rasa syukur atas anugerah Allah swt pada saat acara pernikahan, kelahiran, naik haji, menempati rumah baru, dan lain-lain.
2.Sumatera UtaraTradisi Mangokkal Holi berarti mengambil tulang belulang dari leluhur mereka dari dalam kuburan. Lalu ditempatkan di dalam peti, dan diletakkan dalam buah bangunan tugu khusus untuk menyimpan tulang belulang leluhur.
3.Sumatera BaratPerayaan Tabuik merupakan tradisi masyarakat Pariaman, Sumatera Barat untuk memperingati meninggalnya cucu Nabi Muhammad, Hasan dan Husein. 
4.RiauBalimau Kasai adalah upacara tradisional bagi masyarakat Kampar di Provinsi Riau untuk menyambut bulan suci Ramadan. Balimau sendiri bermakna mandi dengan menggunakan air yang dicampur jeruk yang oleh masyarakat setempat disebut limau.
5.Kepulauan RiauBertepuk Tepung Tawar merupakan prosesi adat dengan tujuan memberikan berkah untuk mencapai keselamatan dan kesejahteraan, menghapus sial, majal dan duka nestapa agar terhindar dari orang yang akan di Tepuk Tepung Tawar. 
6.Kepulauan Bangka BelitungPerang Ketupat adalah acara adat yang biasa di gelar di pulau Bangka. Acara ini diselenggarakan setiap masuk Tahun Baru Islam (1 Muharam) di Pantai Tempilang, Kabupaten Bangka Barat. 
7.JambiUpacara Besale Suku Anak Dalam merupakan kegiatan pengobatan tradisional yang bertujuan untuk membersihkan atau mengusir roh jahat yang dianggap sebagai sumber penyakit dari jiwa si sakit.
8.Sumatera SelatanSedekah Rame merupakan salah satu upacara tradisional suku Lahat yang diselenggarakan oleh para petani dalam rangka kegiatan pertanian, mulai dari penyiangan sawah, pembibitan, dan penanaman sampai panen. 
9.BengkuluUpacara Adat Bakar Gunung Api Bengkulu dilakukan dengan menyusun batok kelapa sehingga membentuk gunungan, lalu membakarnya. Tradisi ini dilakukan oleh Suku Serawak, sebagai ucapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dan juga doa bagi arwah keluarga agar hidup tentram di akhirat.
10.LampungUpacara Ngebabali di Lampung dilaksanakan saat membuka huma atau perladangan baru disaat membersihkan lahan untuk ditanami atau pada saat mendirikan rumah dan kediaman yang baru atau juga untuk membersihkan tempat angker yang mempunyai aura gaib jahat.
11.DKI JakartaUpacara Mapas di Betawi dilakukan apabila ada seorang ibu yang baru melahirkan. Pada upacara ini, si ibu yang baru melahirkan diharuskan memakan “sayur papasan” yang isinya terdiri dari berbagai macam sayur mayur agar si ibu tetap sehat, demikian juga bayi yang baru dilahirkannya.
12.Jawa BaratSisingaan, di daerah Subang yaitu tradisi mengarak anak sehari sebelum dikhitan dengan menggunakan tandu berbentuk singa
13.BantenSeren taun di Banten merupakan wahana untuk bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala hasil pertanianyang dilaksanakan pada tahun ini, seraya berharap hasil pertanian mereka akan meningkat pada tahun yang akan datang
14.Jawa TengahUpacara ruwatan adalah upacara adat Jawa yang dilakukan dengan tujuan untuk meruwat atau menyucikan seseorang dari segala kesialan, nasib buruk, dan memberikan keselamatan dalam menjalani hidup. Biasanya upacara ini dilakukan di dataran Tinggi Dieng.
15.DI JogjakartaUpacara Sekaten di daerah Jogjakarta adalah acara ulang tahun Nabi Muhammad SAW yang diadakan pada setiap tanggal 5 bulan Jawa mulud (Rabiul Awal tahun hijriah) di alun-alun utara Surakarta dan Yogyakarta. Upacara ini dahulu di pakai oleh Sultan Hamengkubuwono I, Pendiri Keraton Yogyakarta untuk mengundang masyarakat mengikuti dan memeluk agama Islam.
16.Jawa TimurUpacara Kasada adalah hari raya adat Suku Tengger di Jawa Timur yang digelar setiap hari ke-14 di bulan Kasada dalam penanggalan Jawa. Dalam Upacara Kasada, suku Tengger melempar aneka sesajen berupa sayuran, buah-buahan, hasil ternak bahkan uang ke kawah Gunung Bromo
17.BaliNgaben merupakan upacara kremasi atau pembakaran jenazah di Bali, Indonesia. Upacara adat Ngaben merupakan sebuah ritual yang dilakukan untuk mengirim jenazah pada kehidupan mendatang. Dalam upacara ini, jenazah diletakkan dengan posisi seperti orang tidur.
18.Nusa Tenggara BaratUpacara U’a Pua Adalah sebuah upacara yang berkaitan dengan pelaksanaan peringatan maulid Nabi Besar Muhaammad SAW. Upacara ini diadakan selama Tujuh haru berturut-turut, Menampilkan atraksi-atraksi yang dibawakan oleh para masyarakat mbojo dari Bima, yang diawali dengan pawai dari istana Bima yang diikuti oleh semua masyarakat istana, penari, dan group kesenian.
19.Nusa Tenggara TimurPesta Adat Reba adalah sebuah Kegiatan kebudayaan masyarakat di Nusa Tenggara Timur. Upacara adat tersebut diselenggarakan dalam rangka menyambut pergantian tahun. Salah satu ciri khas dari festival budaya ini adalah memakan ubi bersama-sama dan dengan diiringi tarian adat suku bena bernama Besa Uwi.
20.Kalimantan BaratNaik Dango merupakan acara rutin tahunan yang diadakan masyarakat Dayak di Kalimantan Barat sebagai ungkapan rasa syukur kepada Nek Jubata (sang pencipta) atas panen padi yang diperoleh. Selain untuk bersyukur, juga untuk memohon kepada Jubata agar hasil panen tahun depan bisa lebih baik, serta masyarakat dihindarkan dari bencana dan malapetaka.
21.Kalimantan TengahUluh Matei ialah upacara sakral terbesar untuk mengantarkan jiwa atau roh manusia yang telah meninggal dunia menuju tempat yang dituju yaitu Lewu Tatau Dia Rumpang Tulang, Rundung Raja Dia Kamalesu Uhate, Lewu Tatau Habaras Bulau, Habusung Hintan, Hakarangan Lamiang atau Lewu Liau yang letaknya di langit ke tujuh
22.Kalimantan SelatanAruh Baharin adalah upacara adat yang digelar oleh masyarakat Suku Dayak Dusun Halong yang berdomisili di Desa Kapul, Kecamatan Halong, Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, Indonesia, setelah musim panen padi ladang usai.
23.Kalimantan TimurUpacara Dahau/pemberian nama Anak ini merupakan upacara dari keturunan bangsawan/ terpandang dikampung/ yang mampu membuat upacara ini. Upacara Dahau ini berlangsung selama 1 (satu) bulan penuh, semua kegiatan yang berlangsung akan banyak ritual-ritual adat yang dibuat selama durasi upacara Dahau ini berlangsung.
24.Kalimantan UtaraNyadar adalah kekayaan tradisi masyarakat petani garam Desa Pinggir Papas. Nyadar dilakukan di sekitar komplek makam leluhur, disebut juga asta, yang oleh masyarakat setempat lebih dikenal dengan nama Bujuk Gubang. 
25.Sulawesi UtaraUpacara Mekikuwa adalah upacara adat suku Minahasa di Manado. Mekiwuka merupakan ungkapan rasa syukur atas pemeliharaan Tuhan disepanjang tahun yang telah dilewati dan permohonan kepada Tuhan agar dibukakan jalan untuk memperoleh banyak berkat dalam menjalani tahun yang baru.
26.GorontaloUpacara Momondho sendiri berati pengesahan bahwa kedua mempelai siap untuk menikah.  Biasanya upacara Momondho digelar 40 hari sebelum hari H. Pada upacara ini calon pengantin akan menerima petuah-petuah sebagai bekal berumah tangga.
27.Sulawesi TengahRitual Mora'akeke di Sulawesi Tengah bertujuan memohon kepada Tuhan untuk meredupkan sinar matahari yang menyebabkan kemarau panjang sekaligus menambah deras air Sungai Vuno yang mengering.
28.Sulawesi TenggaraUpacara Adat Posuo adalah upacara adat yang dilakukan oleh masyarakat Buton, Sulawesi Tenggara. Upacara ini dilaksanakan ketika seorang perempuan telah beralih statusnya dari labuabua atau gadis remaja dalam Bahasa Buton menuju kalambe atau gadis dewasa. Posuo diselenggarakan untuk menguji kesucian seorang gadis.
29.Sulawesi SelatanMappalili adalah upacara mengawali musim tanam padi di sawah. Ritual ini dijalankan oleh para pendeta Bugis Kuno yang dikenal dengan sebutan bissu. Selain di Pangkep,komunitas bissu ada di Bone, Soppeng, dan Wajo. Ritual dipimpin langsung
30.Sulawesi BaratTradisi Sayyang Pattu'du atau "kuda menari" adalah tradisi syukuran terhadap anak-anak yang berhasil mengkhatamkan Alquran sebanyak 30 juz. Syukuran itu dilakukan dalam bentuk arakan keliling kampung dengan menggunakan seekor kuda yang menari di bawah lantunan irama para pengiringnya.
31.MalukuPukul Sapu merupakan sebuah tradisi yang dilakukan oleh masyarakat desa Mamala sebuah desa yang berada di pulau Ambon.Tradisi ini dilakukan setiap 7 Syawal atau sepekan setelah hari raya Idul Fitri, tradisi ini dilakukan oleh para lelaki. Mereka bertelanjang dada dengan menggunakan celana pendek dan ikat kepala. 
32.Maluku UtaraMenyambut hari raya Idul Adha 1425 H, masyarakat Negeri Tulehu, Maluku Tengah, kembali mengadakan tradisi Abdau. Dalam upacara adat tersebut, masyarakat mengantarkan hewan kurban untuk dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan. Kegiatan tahunan tersebut juga diharapkan mampu menjadi perekat hubungan antarwarga Maluku yang pernah terlibat konflik.
33.PapuaPesta Bakar Batu di Papua biasanya terdiri dari tiga tahap, yaitu tahap persiapan, bakar babi, dan makan bersama.
34.Papua BaratDi suku Marin, Kabupaten Merauke, terdapat upacara Tanam Sasi, sejenis kayu yang dilaksanakan sebagai bagian dari rangkaian upacara kematian. Sasi ditanam 40 hari setelah kematian seseorang dan akan dicabut kembali setelah 1.000 hari. Budaya Asmat dengan ukiran dan souvenir dari Asmat terkenal hingga ke mancanegara. Ukiran Asmat memiliki empat makna dan fungsi, masing-masing:
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 2:48 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.