Home » » Persiapan Peragaan Karya Tari

Persiapan Peragaan Karya Tari

Pertunjukan karya tari seni tari perlu persiapan. Persiapan itu pada dasarnya bertujuan agar karya tari benar-benar pantas ditampilkan di depan penonton. Selain itu, pertunjukan diharapkan berhasil dengan baik. Jika pertunjukan berhasil dengan baik, tentu penonton tidak akan kecewa dan koreografer pun akan merasa puas dengan karyanya.

Sebelum melaksanakan peragaan karya tari, ada beberapa hal yang harus kita persiapkan. Tujuan persiapan yaitu agar peragaan karya tari berhasil dengan baik dan pantas untuk ditampilkan di depan orang lain. Persiapan yang dilakukan sebagai berikut.

1. Menentukan Bentuk Karya Tari.
Bentuk karya tari ada bermacam-macam. Ada bentuk tari tunggal, bentuk tari berpasangan, dan bentuk tari kelompok. Bentuk karya tari perlu ditentukan sebelum diperagakan di depan penonton, karena berkaitan dengan unsur lain.
No.Jenis TariNama Tari
1.Tari TunggalTari Pendet, Tari Persembahan, Tari Merak, Tari Mani Poreng, Tari Kancet Ledo, Tari Golek Kanya, Tari Gambyong, Tari Dewa Memanah, Tari Batek Baris, Tari Gandrung, Tari Leleng, Tari Kancet lasan, Tari Hudoq, Tari Taledhek, Tari Srimpi, Tari Golek manis, Tari Kancet Papatai, Tari Cokek
2.Tari KelompokTari Kuda Lumping, Tari Pongan, Tari Piring, Tari Bleg Dig Dot, Tari Kipas, Tari Ulo Uloan, Tari Saman, Tari Jaipong
3.Tari BerpasanganTari Serimpi, Tari Zapin, Tari Katareje, Tari Serampang Dua Belas, Tari Bedhaya, Tari Golek Merak, Tari Gandrung, Tari Belian Senti

2. Memilih Karya Tari.
Pemilihan karya tari harus disesuaikan dengan bentuk tari. Sebagai contoh jika bentuk tari yang dipilih tari berpasangan, pilihlah karya tari berpasangan.

3. Menentukan Jumlah Penari.
Jumlah penari disesuaikan dengan bentuk dan karya tari yang dipilih. Jika karya tari yang dipilih berpasangan, jumlah penarinya dua orang atau kelipatannya.

4. Memilih Properti Tari.
Properti perlu dipersiapkan sejak awal dan selalu dipakai sejak saat latihan peragaan gerak tari. Tujuannya agar pada saat peragaan di depan penonton, kamu sudah terbiasa dengan penggunaan properti sehingga sesuai dengan gerak tari.

5. Menentukan Iringan Tari
Saat ini iringan tari bisa kita dapatkan dalam aneka bentuk rekaman, baik dengan pita kaset maupun CD. Persiapkan iringan tari sejak awal dan gunakan selalu setiap kali latihan.

6. Memilih Busana Tari.
Setiap karya tari memerlukan busana yang berbeda. Busana tari harus sesuai dengan tema tari. Saat ini banyak persewaan busana tari sehingga memudahkanmu dalam menyiapkan busana tari. Namun, apabila di daerah tempat tinggalmu tidak ada penyewaan busana tari, kamu dan temantemanmu dapat berkreasi menciptakan busana tari sesuai tema tari yang akan diperagakan.

Ayo Menulis
Kamu telah mengetahui unsur-unsur yang harus dipersiapkan untuk peragaan karya tari. Kamu dan teman-teman sekelasmu juga telah sepakat memilih karya tari yang akan diperagakan. Sekarang isilah bagan berikut berkaitan dengan peragaan tari yang akan kalian lakukan.
Tari Piring
No.AspekJawaban
1.Nama Karya TariTari Piring
2.Bentuk Karya TariTari Kelompok
3.Jumlah penariJumlah penari biasanya juga berjumlah ganjil terdiri dari tiga sampai tujuh orang
4.Busana TariBusana Penari Pria
  1. Busana rang mudo (baju gunting Cina), 
  2. Saran gelembong,  
  3. Sisamping dan cawek pinggang.
  4. Destar atau deta 

Busana Penari Wanita
  1. Baju kurung yang terbuat dari kain satin
  2. Kain songket
  3. Selendang songket 
  4. Tikulak tanduk balapak,
  5. Kalung rambai dan kalung gadang serta subang atau anting.
5.Properti TariMangkok atau Piring
6.Iringan TariTalempong serta saluang
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 12:23 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.