Home » » Menjelaskan Kesimpulan Isi Iklan Media Cetak.

Menjelaskan Kesimpulan Isi Iklan Media Cetak.

Untuk membuat iklan yang baik dan menarik ada beberapa hal yang harus diperhatikan sehingga iklan akan efektif dan memberikan manfaat terhadap produk yang ditawarkan. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuat sebuah iklan, antara lain sebagai berikut.

Kalimatnya singkat dan jelas.
Contoh pada headline atau kepala pesan iklan. Headline ini berfungsi untuk menarik perhatian awal pembaca. Headline yang menarik dapat menahan mata untuk berhenti sejenak melihat produk yang ditawarkan. Ciri-ciri headline antara lain sebagai berikut: Tulisan menonjol, baik dari segi ukuran maupun warna,

Umumnya kalimat headline pendek, bahkan satu kata saja bisa menarik perhatian. Berisi kalimat atau kata yang mengandung kesan kuat sehingga menarik minat perhatian masyarakat.

Bahasanya mudah dipahami dan menarik
Sajikan iklan dengan bahasa yang mudah dipahami, karena kemampuan masing-masing dalam memahami arti bahasa berbeda-beda. Selain itu, bahasa juga harus menarik karena suatu iklan dengan bahasa yang baik akan lebih menarik.

Tulisan dan gambarnya menarik
Penggunaan warna pada tulisan dan gambar harus diperhatikan, contohnya warna merah memberi kesan berani. Warna diyakini mempunyai dampak psikologis terhadap manusia. Dampak tersebut dapat dipandang dari berbagai macam aspek, baik panca indera aspek budaya.

Unsur-unsur iklan yang efektif. mengandung hal-hal berikut ini:
  1. Attention (perhatian). Iklan yang baik harus dapat menarik perhatian masyarakat umum.
  2. Interest (minat). Setelah mendapat perhatian, maka harus ditingkatkan menjadi minat sehingga timbul rasa ingin tahu secara rinci dalam diri konsumen.
  3. Desire (keinginan). Suatu cara utuk menggerakkan keinginan suatu konsumen.
  4. Conviction (rasa percaya). Untuk mendapatkan rasa percaya dalam diri konsumen, maka sebuah iklan harus ditunjang berbagai kegiatan peragaan seperti pembuktian atau sebuah kata-kata.
  5. Action (tindakan). Tindakan merupakan tujuan akhir dari produsen untuk menarik konsumen agar membeli atau menggunakan produk dan jasanya.

Amatilah iklan berikut!
Perilaku Hidup Bersih
Iklan di atas menjelaskan tentang gaya hidup sehat. Organ pencernaan yang sehat juga didukung oleh gaya hidup sehat. Gaya hidup sehat membuat kita menyadari pentingnya kesehatan dan menghindarkan kita dari kebiasaan buruk yang dapat menganggu kesehatan.

Ayo Mengamati
Simpulkan isi yang tertera di dalam iklan tersebut berdasarkan:
  1. Kata kunci :  Perilaku hidup bersih dan sehat
  2. Gambar iklan : Gambar menjelaskan pesan yang disampaikan oleh iklan
  3. Target iklan : Iklan ditujukan bagi warga masyarakat 

Menurutku, iklan tersebut di atas
Iklan di atas cukup mudah dipahami..

Iklan ini menurutku efektif/tidak efektif karena
Iklan tersebut di atas menurut saya sangat efektif mudah dipahami

Untuk membuat iklan yang lebih baik, aku akan
Untuk membuat iklan yang lebih baik aku akan menggunakan kata-kata yang menarik dan mudah dipahami seperti pada iklan di atas.

Apakah fungsi dari iklan tersebut di atas?
Iklan di atas berfungsi sebagai himbauan agar menjadikan pola hidup sehat sebagai gaya hidup

Ayo Berkreasi
Bersama dengan teman sekelompokmu, buatlah sebuah iklan dengan topik gaya hidup sehat. Pastikan kamu menuliskan poin-poin penting yang terdapat di dalam sebuah iklan. Gunakan kertas gambar A3 dan warnai dengan rapi. Setelah selesai, tempelkan di dinding kelas.
Hidup Sehat
Selain pola makan yang baik, pola hidup sehat juga perlu didukung oleh olahraga yang cukup. Memiliki hidup yang sehat serta tubuh yang ideal merupakan dambaan setiap orang. Tak hanya untuk menunjang penampilan, tetapi juga untuk menjauhkan diri dari berbagai penyakit
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 3:33 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.