Home » » Menelaah Iklan Pentingnya Air Untuk Kita

Menelaah Iklan Pentingnya Air Untuk Kita

Sarapan penting bagi tubuh kita. Sarapan yang sehat memberikan energi bagi tubuh kita. Jika diibaratkan tubuh kita ini adalah sebuah mobil. Tangki bahan bakar menjadi kosong setelah kita tidur malam. Dan sarapan adalah bahan bakar yang membuat kita dapat memulai aktivitas sehari-hari.

Selain mengonsumsi makanan yang sehat, minum air bening juga sangat penting bagi kesehatan kita. Mengkonsumsi air secara luar biasa adalah cara terbaik untuk membersihkan tubuh dari racun-racun, sebagaimana tubuh tersusun atas 70 % air. Air putih merupakan minuman terbaik untuk dikonsumsi.

Berhubungan dengan pembahasan tentang air di beberapa media sering kali ditampilkan iklan mengenai air minum. Apa itu iklan ?

Iklan memiliki fungsi untuk mempromosikan sesuatu. Di dalam iklan terdapat kata kunci serta gambar yang mendukung kata kunci tersebut. Kalimat yang menarik dan mudah dipahami serta gambar yang menarik menjadi hal penting dalam sebuah iklan. Kalimat yang bersifat persuasif atau mengajak sangat penting untuk ditampilkan. Kalimat tersebut bertujuan untuk menarik minat pembaca akan maksud yang ingin disampaikan dalam suatu iklan.

Ayo Mengamati
  1. Apakah yang seharusnya terdapat dalam sebuah gambar iklan? Gambar yang menarik dan mendukung kata kunci dalam iklan..
  2. Apakah kata kunci yang dapat kamu temukan dalam iklan tersebut? Pentingnya Air
  3. Apa makna yang terdapat dalam kata kunci tersebut? Tubuh menjadi sehat karena asupan air yang cukup.
Pentingnya Air
Ayo Berdiskusi
Diskusikan secara berkelompok beberapa hal berikut ini dengan menjadikan iklan pada di atas sebagai bahan observasi.
  1. Bertutur tentang apakah iklan tersebut?  Iklan bertutur tentang pentingnya air bagi tubuh manusia.
  2. Kepada siapa iklan tersebut ditujukan?  Iklan ditujukan kepada siapa saja yang membaca iklan tersebut
  3. Apakah makna dari gambar yang ditampilkan di iklan tersebut?  Makna dari gambar adalah tubuh menjadi sehat karena asupan air yang cukup (gambar tubuh anak yang sehat dan memegang segelas besar air putih)
  4. Menurut pendapatmu, mengapa pembuat iklan memilih kalimat dan gambar tersebut?  Kalimatnya sederhana tetapi pesan yang disampaikan jelas

Berbagi Informasi
Lakukanlah kegiatan berbagi informasi antarkelompok.. Pilihlah salah satu teman sekelompokmu untuk menjelaskan hasil diskusi kelompok kepada kelompok lain yang mengunjungi kelompokmu. Sementara itu, teman-teman sekelompokmu yang lain berpencar mengunjungi kelompok lain untuk memperoleh hasil diskusi kelompok mereka. Pastikan kelompokmu mengunjungi lebih dari tiga kelompok. Tuliskan hasil diskusi dari tiga kelompok tersebut di dalam tabel seperti berikut.
PertanyaanJawaban Kelompok 1Jawaban Kelompok 2Jawaban Kelompok 3
Bertutur tentang apakah
iklan tersebut?
Iklan bertutur tentang pentingnya air bagi tubuh manusia.--
Kepada siapa iklan tersebut ditujukanIklan ditujukan kepada siapa saja yang membaca iklan tersebut.--
Apakah makna dari gambar yang ditampilkan di iklan tersebut?Makna dari gambar adalah tubuh
menjadi sehat karena asupan air yang
cukup (gambar tubuh anak yang sehat
dan memegang segelas besar air putih)
--
Menurut pendapatmu, mengapa pembuat iklan memilih kalimat dan gambar tersebut?Kalimatnya sederhana tetapi pesan yang disampaikan jelas--
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 3:36 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.