Home » » Bernapas Membutuhkan Kekuatan Otot

Bernapas Membutuhkan Kekuatan Otot

Setiap saat kita bernapas. Saat menarik napas, rongga dada kita mengembang. Sebaliknya, saat mengembuskan napas, rongga dada kita kembali ke ukuran semula. Bernapas juga membutuhkan kekuatan otot. Otot manakah itu?

Bernapas Membutuhkan Kekuatan Otot
Bernapas adalah kegiatan menghirup oksigen ke dalam tubuh dan membuang karbon dioksida dari dalam tubuh. Kegiatan bernapas membutuhkan kekuatan otot. Otot pernapasan utama adalah diafragma. Diafragma terdapat di dalam tubuh di bagian bawah rongga dada. Diafragma berbentuk seperti kubah.

Saat kita menghirup udara, diafragma akan berkontraksi menjadi lebih datar. Saat itu paru-paru membesar untuk dapat menampung udara yang kita hirup. Saat kita menghirup udara, otot-otot tulang rusuk mengangkat tulang rusuk kita sehingga paru-paru membesar.

Sebaliknya, saat membuang napas, otot diafragma akan relaksasi dan otot tulang rusuk mengendur. Paru-paru mengkerut lagi ke ukurannya yang lebih kecil dan mengembuskan udara pengap berisi karbon dioksida.

Ayo Mencoba
Dari bacaan “Bernapas Membutuhkan Kekuatan Otot” di atas, buatlah bagan yang menunjukkan cara kerja diafragma saat kita bernapas
Bernapas Membutuhkan Kekuatan Otot
Proses pernapasan
Kita bernapas dengan bantuan diafragma (yang merupakan otot berbentuk kubah di bawah tulang rusuk) dan otot-otot lain pada dada dan perut. Otot-otot ini benar-benar akan mengubah ruang dan tekanan di dalam rongga tubuh Kita untuk mengakomodasi pernapasan Kita. Ketika diafragma Kita menarik ke bawah, itu membuat ruang bagi paru-paru untuk memperluas. Paru-paru menjadi lebih besar dengan udara dan mendorong diafragma bergerak ke bawah. Diafragma juga menurunkan tekanan udara internal.

Di luar tubuh, tekanan udara lebih besar dan Kita menghirup udara saat Kita menarik napas. Udara kemudian memperluas paru-paru Kita seperti dua balon yang akan meledak. Ketika diafragma Kita rileks, udara bergerak ke atas dan rongga dalam tubuh Kita semakin kecil. Otot-otot Kita akan menekan tulang rusuk dan paru-paru Kita mulai mengempis dan udara didorong ke atas dan keluar tubuh ketika menghembuskan napas.

Ayo Renungkan
Bagaimana pengaruh otot diafrgama terhadap proses pernapasan pada manusia?
Memiliki fungsi utama dari diafragma hanya satu, yaitu membantu proses pernapasan manusia. Namun demikian, dalam proses dan juga siklus pernapasan manusia, diafragma memiliki peranan yang sangat penting.

Diafragma merupakan otot yang dapat membantu mengembangkan bagian rongga dada dan juga mengempiskannya. Ketika kita akan menarik napas, maka otot-otot diafragma akan mengembang. Hal ini akan menyebabkan bagian rongga dada juga akan ikut membesar, sehingga memungkinkan paru-paru untuk menampung dara dalam jumlah yang tinggi. diafragma jugalah yang menyebabkan udara dapat masuk memenuhi paru-paru ketika akan menarik nafas.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 2:34 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.