Home » » Ciri Manfaat dan Akibat Adanya Kerukunan Hidup.

Ciri Manfaat dan Akibat Adanya Kerukunan Hidup.

Kerukunan hidup adalah suatu perilaku yang mencerminkan adanya saling pengertian agar tercipta perdamaian, persahabatan, dan persaudaraan dalam kehidupan. Agar kerukunan dapat terjadi maka sebaiknya menjaga perilaku yang baik dalam kehidupan bermasyarakat. Kerukunan mrupakan suatu perilaku yang mencerminkan adanya saling pengertian agar tercipta perdamaian, persahabatan, dan persaudaraan.

Istilah rukun memiliki arti damai dan bersatu hati. Kerukunan adalah sikap saling mengakui, menghargai, toleransi yang tinggi dalam masyarakat sehngga dapat hidup rukun, damai dan berdampingan.

Di lingkungan rumah,hidup rukun dilakukan antara anggota keluarga. Dalam anggota keluarga ada orang tua dan anak-anak. Orang tua menyayangi anak-anak. Anak-anak menghormati orang tua. Penerapan hidup rukun di rumah dilakukan dalam banyak kegiatan misalnya: hormat dan patuh kepada orang tua, makan bersama keluarga, belajar bersama keluarga , bermain bersama keluarga dan mengerjakan pekerjaan rumah dengan bergotong royong.

Di lingkungan sekolah hidup rukun dilakukan antara warga sekolah. Guru-guru menyayangi siswa,dan siswa menghormati guru-guru. Mereka saling menghormati dan menyayangi. Penerapan Hidup Rukun di Sekolah seperti hormat dan patuh kepada guru, bermain bersama teman sekolah, suka menolong teman sekolah, belajar bersama teman sekolah.

Di lingkungan masyarakat hidup rukun dilakukan antara sesama anggota masyarakat. Anggota masyarakat dapat berasal dari agama dan suku yang berbeda. Walaupun berbeda anggota masyarakat harus hidup rukun,dan harus saling membantu dan menolong.  Penerapan hidup rukun di dalam masyarakat  seperti Saling membantu dan menolong. Saling bekerja sama dalam menjaga kebersihan lingkungan. Dan Saling bekerja sama dalam menjaga keamanan lingkungan

A. Ciri Hidup Rukun
Dalam khidupan bermasyarakat diharuskan memiliki sikap toleransi yang tinggi terhadap sesama. Hidup dengan rukun adalah kunci mempertahankan hubungan baik antar manusia. Hidup dengan rukun harus diterapkan baik dalam lingkung keluarga, rumah, sekolah, dan lingkungan kerja. Berikut ciri-ciri keluarga yang hidup rukun.
  1. Membina hubungan baik antaranggota keluarga.
  2. Saling menghormati.
  3. Saling menghargai.
  4. Saling menyayangi.
  5. Jika ada masalah, dikomunikasikan dengan baik dan jelas terlebih dahulu
  6. Menjauhi pertengkaran dan adu mulut tiada akhir
  7. Hormat dan menghargai sesama anggota keluarga.
Kerukunan
B. Manfaat Hidup Rukun
Hidup rukun di dalam suatu keluarga atau pun masyarakat memberikan manfaat yang luas. Hidup rukun di dalam suatu keluarga dan juga masyarakat memang sangat penting karena di dalam menjalani hidup, manusia sendiri sebagai makhluk sosial yang membutuhkan bantuan dari keluarga serta masyarakat itu sendiri. Kehidupan bermasyarakat yang rukun akan memberikan manfaat pada manusia sebagai makhluk sosial, berikut ini beberapa diantaranya :
  1. Tidak adanya pertengkaran.
  2. Hidup dalam keluarga menjadi harmonis.
  3. Hidup menjadi aman.
  4. Hidup menjadi tenteram dan damai.
  5. Memperkokoh persatuan dan kesatuan

C. Akibat Jika Tidak Ada Kerukunan
Kerukunan di lingkungan keluarga dan Masyarakat menjadi hal yang sangat penting. Diharapkan krukunan di lingkungan keluarga atau masyarakat akan mencegah semua anggota keluarga dari dampak negatifnya.  Berikut akibat yang terjadi bila tidak terjadi kerukunan hidup bermasyarakat.
  1. Mudah terjadi pertengkaran atau perselisihan.
  2. Kehidupan menjadi tidak tenteram.
  3. Mudah terkena hasutan orang lain.
  4. Terjadi perpecahan karena tidak adanya rasa persatuan dan kesatuan.

Pada intinya kerukunan harus tetap dijaga meski terdapat banyak perbedaan, baik itu perbedaan suku, agama, ras, dan budaya
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 2:37 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....