Home » » Menghargai Keanekaragaman Mata Pencaharian Masyarakat

Menghargai Keanekaragaman Mata Pencaharian Masyarakat

Indonesia terdiri atas berbagai suku bangsa yang memiliki budaya masing-masing. Keanekaragaman budaya juga merupakan suatu kekayaan yang unik dan tidak dimiliki oleh negara lain. Kekayaan alam yang melimpah dan budaya yang beraneka ragam, memengaruhi mata pencaharian masyarakat Indonesia. Beragamnya budaya membuat mata pencaharian masyarakat Indonesia juga beraneka ragam.

Kita harus selalu menghargai keanekaragaman mata pencaharian masyarakat di lingkungan sekitar dan di Indonesia pada umumnya. Caranya, antara lain sebagai berikut

1. Tidak mencela dan merendahkan mata pencaharian orang lain.
Mata pencaharian masyarakat di Indonesia sangat beragam, mulai dari pedagang asongan, pengamen, pegawai, karyawan swasta, hingga pengusaha. Apa pun pekerjaan orang lain, kita tidak boleh merendahkan. Misalnya, kamu mendapati seorang pengamen yang mencari uang dengan berjalan dari rumah ke rumah sambil bernyanyi. Kamu harus tetap menghormatinya, tidak boleh mencela bahkan merendahkan.

2. Menghormati orang yang sedang bekerja.
Kamu harus menghormati orang yang sedang bekerja, tidak peduli pekerjaan itu bagus atau tidak menurut kamu. Misalnya, kamu sedang memasuki gerbang sekolah, kebetulan ada tukang kebun
yang sedang membersihkan halaman. Sebaiknya kamu menyapa atau setidaknya menganggukkan kepala.

3. Menghargai pekerjaan orang lain.
Apa pun pekerjaan orang lain harus tetap dihargai. Jangan pernahmembeda-bedakan orang hanya berdasarkan pekerjaan saja. Sebagai peserta didik, kamu harus menghargai pekerjaan siapa pun. Misalnya, dengan ibu penjaga kantin sekolah, pedagang kaki lima, pemulung, dan lain sebagainya.
Jenis Pekerjaan
4. Membiasakan membeli produk-produk lokal.
Sebagai contoh, tetanggamu memiliki usaha produksi sandal dan tas. Jika kamu ingin membeli tas dan sandal, sebaiknya belilah produk dari tetanggamu. Hal tersebut merupakan salah satu bentuk
menghargai mata pencaharian masyarakat.

5. Membiasakan mengonsumsi makanan dan buah-buahan dalam negeri.
Mengonsumsi makanan dan buah-buahan dalam negeri dapat mengangkat hasil pertanian masyarakat, sehingga secara tidak langsung dapat membantu menyejahterakan petani Indonesia.

Ayo Berdiskusi
Lakukanlah diskusi bersama teman-teman satu kelas dan Bapak/Ibu Guru. Tema diskusi adalah tentang cara-cara menghargai kegiatan orang lain dalam usaha. Tentukan siapa yang menjadi pembicara, notulen, dan moderator.

Berdiskusilah dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, dan mengungkapkan pendapat atau pertanyaan dengan sopan dan santun. Berikut hal-hal yang didiskusikan.
  1. Daerah tempat tinggal.
  2. Jenis pekerjaan atau usaha yang dilakukan oleh masyarakat terkait dengan tiga kegiatan ekonomi.
  3. Cara menghargai pelaku kegiatan ekonomi.
Buatlah kesimpulan hasil diskusi. Kumpulkan hasilnya kepada Bapak/Ibu Guru.

1. Daerah Tempat Tinggal
Pedesaan

2. Jenis Kegiatan Ekonomi
Kegiatan ekonomi masyarakat pedesaan antara lain :
  1. Pertanian adalah segala usaha manusia yang meliputi bidang bercocok tanam. berbagai bentuk pertanian antara lain prtanian sawah dan ladang/huma
  2. Perkebunan merupakan bentuk pertanian yang berkaitan dengan tanaman musiman dan tanaman keras.
  3. Peternakan di pedesaan diusahakan sebagai mata pencaharian sampingan selain bertani. 

3. Cara Menghargai Kegiatan Ekonomi
  1. Menghargai hasil pertanian/perkebunan/peternakan dari usaha petani, karena hasil dari pertanian tersebut merupakan jerih payah dari para petani.
  2. Mendirikan wadah perkumpulan para petani. dalam wadah tersebut bertujuan untuk mensejahterakan para petani dan memberikan solusi bagi semua permasalahan petani, serta pengetahuan seputar pertanian.
  3. Memberikan bantuan pada para petani apabila mengalami kesulitan, seperti kekuranagn pupuk, bibit, dll.
  4. Membantu dalam pemasaran hasil dari pertanian para petani, baik dalam negeri, maupun eksport.
  5. Ikut membeli produk para petani dengan harga sesuai dengan kualitas produk pertanian tersebut.

4. Kesimpulan
Kita harus selalu menghargai keanekaragaman mata pencaharian masyarakat di lingkungan sekitar. Keragaman mata pencaharian dapat memenuhi kebutuhan manusia. Selin itu menghargai mata pencaharian masyarakat yang multi budaya untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 6:45 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.