Home » » Jenis Iklan Berdasarkan Isinya

Jenis Iklan Berdasarkan Isinya

Iklan adalah suatu cara yang digunakan untuk menawarkan atau mempromosikan suatu barang atau jasa. Iklan biasanya ada di media cetak seperti koran atau majalah. Iklan juga ada yang ditayangkan melalui televisi dan radio.

Iklan melalui radio dan televisi disebut iklan elektronik. Media elektronik lainnya yang bisa digunakan untuk menayangkan iklan adalah internet. Isi iklan elektronik sangat beragam. Oleh karena itu ada banyak jenis iklan elektronik dilihat dari segi isinya.

Iklan merupakan sebuah informasi yang bertujuan untuk mendorong, membujuk/ memberikan pengaruh pada khalayak ramai atau banyak orang agar tertarik pada barang/jasa yang ditawarkan.
Beberapa tujuan iklan diantaranya adalah : Memberitahukan kepada khalayak ramai tentang suatu produk jasa. Memengaruhi khalayak ramai tentang suatu produk jasa, menyarankan seseorang untuk membeli dan menggunakan suatu produk jasa yang diiklankan, memberi informasi tentang produk jasa, dan menarik khalayak ramai.

Iklan dapat digolongkan berdasarkan sifat, tujuan, dan ruangnya menjadi beberapa jenis. Berdasarkan sifatnya, iklan dibedakan menjadi iklan niaga dan iklan non niaga (iklan layanan masyarakat), berdasarkan tujuannya dibedakan menjadi iklan penawaran, iklan permintaan, dan iklan pengumuman, sementara berdasarkan teks ruang iklannya, iklan dibedakan menjadi iklan baris dan iklan kolom (display). Berdasarkan isinya, iklan dapat dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu

1. Iklan pengumuman atau pemberitahuan
Iklan pengumuman atau pemberitahuan adalah iklan yang bertujuan menarik perhatian khalayak umum tentang suatu hal, misalnya iklan duka cita. Berikut adalah contoh iklan pemberitahuan pada media cetak.
Iklan Pengumuman
2. Iklan penawaran (niaga)
Iklan penawaran (niaga) yaitu iklan yang bertujuan menawarkan sesuatu, misalnya iklan barang. Iklan niaga adalah iklan yang dibuat untuk mempengaruhi masyarakat agar tertarik untuk membeli suatu produk baik barang maupun jasa yang diiklankan. Contoh iklan produk niaga misalnya adalah iklan tentang produk minuman Aqua, iklan produk mie instan, iklan jasa sedot WC, iklan jasa penerjemah, iklan jasa desain arsitektur, dan lain sebagainya.
Iklan Niaga
3. Iklan layanan masyarakat
Iklan layanan masyarakat yaitu iklan yang bertujuan untuk memberikan penerangan tentang suatu hal. Misalnya, larangan menggunakan narkoba, larangan merokok di tempat umum, dan lain-lain. Berikut adalah contoh iklan layanan masyarakat
Iklan Layanan Masyarakat
Ayo Mengamati

Perhatikan iklan yang dilihat Edo pada koran!
Iklan Niaga
Iklan di atas termasuk iklan niaga.Iklan tersebut berisi tentang penawaran sebuah produk pasta gigi bermerk “Gigident”. Pasta gigi tersebut berfungsi mengurangi rasa ngilu pada gigi hanya dalam selang waktu 30 menit setelah pemakaian. Pasta gigi tersebut juga melindungi gigi agar bebas dari rasa ngilu lebih lama.

Ayo Berlatih
Amatilah iklan yang terdapat dalam sebuah majalah berikut ini.
Iklan Persatuan
Jenis iklan apakah pada gambar di atas? Apa informasi penting dalam iklan tersebut? Tuliskan pada kolom berikut.
Iklan tersebut termasuk iklan layanan masyarakat. Informasi-informasi penting yang terdapat dalam iklan antara lain mengajak masyarakat untuk menjaga persatuan dan kesatuan. Masyarakat juga dihimbau untuk hindari sesuatu yang dapat menimbulkan hilangnya rasa persatuan dan kesatuan.
Iklan di atas, memberitahukan kepada masyarakat bahwa menjaga persatuan dan kesatuan merupakan hal yang sangat penting bagi keberlanjutan pembangunan. Oleh karena itu, hindari perbuatan yang dapat menimbulkan hilangnya rasa persatuan dan kesatuan. Dalam kehidupan sehari-hari terapkan sikap dan perilaku untuk saling toleransi antarsesama, saling menghargai, tidak menang sendiri, menghormati orang lain, dan selalu rukun.

Coba bayangkan, apa yang akan terjadi jika tidak ada persatuan dan kesatuan dalam masyarakat? Tentu akan terjadi perpecahan yang menyebabkan kehidupan terganggu dan tidak nyaman.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 12:42 PM

1 komentar:

Mohon tidak memasukan link aktif.