Home » » Ciri Campuran Homogen dan Campuran Heterogen

Ciri Campuran Homogen dan Campuran Heterogen

Campuran adalah zat yang terdiri atas beberapa jenis materi atau zat tunggal. Campuran dapat dibedakan menjadi campuran homogen dan campuran heterogen. Campuran homogen merupakan campuran yang zat penyusunnya tercampur sempurna. Pada campuran homogen, zat penyusunnya
tidak dapat dibedakan. Contoh: air garam, sirop, udara, perunggu, kuningan.

Campuran heterogen merupakan campuran yang zat penyusunnya tidak tercampur sempurna. Pada campuran heterogen, zat penyusunnya masih dapat dibedakan. Contoh: campuran air dengan kopi, air dengan tepung, dan air dengan pasir.

Termasuk campuran heterogen atau campuran homogenkah air sirop dan air kopi? Ayo amati kembali.

1. Sirop
Air sirop merupakan campuran atas tiga materi atau zat benda tunggal, yaitu air mineral, gula, dan sari buah (tergantung rasanya). Perhatikan campuran ketiga zat tersebut. Setelah dicampur menjadi air sirop, ketiga zat (air mineral, gula, dan sari buah) tidak dapat dipisahpisah lagi. Artinya, ketiga zat telah tercampur sempurna. Jadi, air sirop termasuk materi campuran homogen.
Sirop dan Kopi
2. Air Kopi
Air kopi bubuk merupakan campuran atas tiga materi atau zat benda tunggal yaitu air mineral, gula, dan serbuk kopi. Perhatikan campuran ketiga zat tersebut! Setelah dicampur menjadi air kopi, antara air dan kopi masih bisa dipisahkan. Bubuk kopi yang sudah tercampur air memisahkan diri di dasar gelas. Artinya, zat-zat penyusun air kopi tidak tercampur secara sempurna. Jadi, air kopi termasuk materi campuran heterogen.

Berdasarkan ciri-ciri campuran, baik campuran homogen maupun campuran heterogen dapat dibuat kesimpulan sebagai berikut.
  1. Campuran tersusun atas dua atau lebih unsur atau senyawa.
  2. Campuran dapat dipisahkan menjadi zat-zat penyusunnya.
  3. Perbandingan massa zat-zat penyusunnya tidak tetap.
  4. Sifat campuran sama dengan sifat zat-zat penyusunnya.

Ayo Berdiskusi
Setelah memahami komponen penyusun campuran. Pada dasarnya, komponen penyusun campuran bisa berupa campuran unsur dengan unsur, unsur dengan senyawa, dan senyawa dengan senyawa.

Ketika membuat minuman susu kita mencampurkan susu bubuk dengan air panas. Setelah itu diaduk secara merata sehingga susu bubuk yang awalnya berwujud padat menjadi tidak terlihat. Susu bubuk yang telah bercampur dengan air dinamakan campuran. Jadi, campuran dapat didefinisikan sebagai materi yang terdiri atas dua jenis zat atau lebih.

Sekarang, coba kamu tuliskan beberapa jenis campuran (kamu bebas menentukan jenis campurannya). Selanjutnya, identifikasi komponen penyusun campurannya dan tuliskan pula sifat-sifat atau ciri-ciri campuran tersebut. Diskusikan bersama teman satu kelompokmu. Tuliskan hasil diskusi kelompokmu dalam bentuk tabel seperti contoh berikut.
No.Jenis CampuranKomponen Penyusun CampuranSifat Campuran
1.KuninganTembaga dan SengCampuran terdiri dari dua unsur
2.PerungguTembaga dan TimahCampuran terdiri dari dua unsur
3.Air siropAir mineral, gula, dan sari buahCampuran terdiri dari 2 senyawa (Air dan gula) dan 1 campuran (sari buah)
4.Air KopiAir, bubuk kopi, dan gula pasirCampuran terdiri dari 2 senyawa senyawa (air dan gula), dan 1 campuran (bubuk kopi)
5.Teh ManisAir, Teh dan GulaCampuran terdiri dari 2 senyawa (air dan gula), dan 1 Campuran (Teh)
6.Minuman RinganAir, pemanis, pewarna dan gas KarbondioksidaCampuran terdiri dari 2 senyawa (air dan karbondioksida), 1 campuran (pemanis).
7.Es KrimAir, Susu, GulaCampuran terdiri dari 2 senyawa (air dan Gula), dan 1 Campuran (susu)
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 10:58 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.