Home » » Unsur Unsur Iklan Media Elektronik

Unsur Unsur Iklan Media Elektronik

Berdasarkan media yang digunakan iklan dapat dikelompokkan menjadi iklan iklan media cetak dan iklan media elektronik. Pada tulisan ini hanya akan dibahas mengenai iklan media elektronik saja. Iklan elektronik adalah iklan yang penyebarannya menggunakan media elektronik. Iklan elektronik banyak jenisnya. Tiga di antaranya adalah iklan radio, iklan televisi, dan iklan internet.

1. Televisi
Sebagai salah satu media elektronik, televisi mempunyai peranan yang sangat penting dalam kehidupan sosial masyarakat. Televisi berfungsi untuk menghibur, mendidik, dan memberi informasi. Televisi memberikan banyak informasi bagi pemirsa. Salah satu bentuk informasi yang ditayangkan televisi adalah iklan.

Dalam kehidupan sehari-hari, iklan telah menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari masyarakat pada umumnya. Televisi mempunyai banyak keunggulan dalam menyampaikan iklan. Oleh karena itu, iklan melalui televisi lebih menarik dan mempunyai nilai pesan yang tinggi. Televisi sebagai media audio visual menayangkan iklan yang dapat dilihat, didengar, dan ditunjang dengan teks, sehingga dapat menarik perhatian masyarakat.

2. Radio
Sama halnya dengan televisi, radio juga mempunyai fungsi penting bagi masyarakat umum. Fungsi radio yaitu sebagai sarana penerangan, pendidikan, hiburan, dan sarana propaganda. Bukti bahwa radio mempunyai fungsi sebagai sarana propaganda terlihat dengan banyaknya pemasangan iklan yang memilih siaran radio sebagai sarana pemasangan iklannya. Iklan radio berupa kombinasi dari bunyi dan kata-kata (voice) dan efek suara (sound effect). Iklan radio hanya dapat didengar tidak dapat dilihat seperti iklan televisi. Oleh karena itu, radio dikenal sebagai media audio.

3. Komputer
Seperti televisi dan radio, komputer juga sebagai media elektronik. Komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas. Komputer mampu menerima input, memproses input sesuai instruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi.

Ketika dihubungkan dengan layanan internet, komputer bisa menjadi sarana promosi atau iklan bisnis. Banyak perusahaan besar, pribadi, dan pengusaha yang menggunakan layanan internet di komputernya untuk mempromosikan atau mengiklankan produknya. Layanan internet di komputer sebagai sarana promosi atau iklan dapat menjangkau wilayah yang sangat luas dengan biaya murah.

Televisi, radio, dan layanan internet di komputer ternyata mempunyai salah satu fungsi yang sama, yaitu sebagai sarana promosi atau iklan. Oleh karena itu, ada istilah iklan elektronik. Berdasarkan media yang menyajikan iklan elektronik, televisi radio, dan layanan internet di komputer dapat disebut sebagai unsur iklan elektronik.

Ayo Berlatih
Apakah yang dimaksud iklan elektonik? Tuliskan dalam kolom berikut.
Iklan elektornik adalah iklan yang ditayangkan melalui alat-alat/media elektronik.

Dalam menyajikan iklan elektronik harus memperhatikan beberapa unsur iklan agar menarik perhatian masyarakat seperti berikut. Berikut secara umum dijelaskan mengenai unsur iklan agar menarik.

1. Perhatian (Attention)
Iklan yang baik harus dapat menarik perhatian masyarakat umum.

2. Minat (Interest)
Setelah mendapat perhatian, unsur iklan harus ditingkatkan menjadi minat. Apabila minat sudah ada, maka akan timbul rasa ingin tahu secara rinci dalam diri konsumen.

3. Keinginan (Desire)
Iklan hendaknya mencakup cara untuk menggerakkan keinginan konsumen.

4. Rasa Percaya (Conviction)
Untuk mendapat rasa percaya dalam diri konsumen, sebuah iklan harus ditunjang berbagai kegiatan peragaan. Kegiatan peragaan di antaranya seperti pembuktian atau sebuah kata-kata.

5. Tindakan (Action)
Tindakan merupakan tujuan akhir dari produsen untuk menarik konsumen agar membeli atau menggunakan produk dan jasanya.

Sekarang, coba sebutkan unsur-unsur iklan elektronik pada radio, televisi, dan internet. Lakukan kegiatan dengan mengisi kolom berikut.
Unsur Iklan Elektronik
No.RadioTelevisiInternet
1.RadioTelevisiInternet
2. PerhatianPerhatianPerhatian
3. MinatMinatMinat
4. KeinginanKeinginanKeinginan
5. Rasa PercayaRasa PercayaRasa Percaya
6. TindakanTindakanTindakan

Beri penilaian terhadap iklan-iklan elektronik pada gambar. Apakah iklan itu sesuai dengan unsur-unsur yang ada? Sertakan pula alasan penilaianmu terhadap iklan tersebut. Kaitkan alasanmu dengan unsur-unsur iklan elektronik.

Iklan 1
Iklan 1
Penilaian:
Iklan di atas kurang memenuhi unsur-unsur iklan elektronik.

Alasan:
Iklan tersebut tidak menjelaskan keunggulan produk dan nama produk sehingga kurang menarik

Iklan 2
Iklan 2
Penilaian:
Iklan di atas cukup menarik

Alasan:
Iklan tersbut cukup menarik karena didalamnya terdapat penjelasan keunggulan produk dan ada juga nama dan gambar produk.

Iklan 3
Ikalan 1
Penilaian:
Iklan tersebut sangat menarik perhatian.

Alasan:
Iklan berisi keunggulan produk dan nama dan gambar produk sehingga menarik perhatian
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 8:54 PM

1 komentar:

Mohon tidak memasukan link aktif.