Home » » Informasi dari Iklan Media Cetak atau Elektronik

Informasi dari Iklan Media Cetak atau Elektronik

Iklan adalah suatu cara yang digunakan untuk menawarkan atau mempromosikan suatu barang atau jasa. Iklan biasanya ada di media cetak seperti koran atau majalah. Iklan juga ada yang ditayangkan melalui televisi dan radio.

Iklan memiliki beberapa fungsi. Salah satunya adalah iklan dapat membantu masyarakat untuk memilih barang atau jasa yang lebih baik atau yang lebih sesuai dengan kebutuhannya. Iklan dapat memberikan informasi yang lebih banyak kepada masyarakat.

Unsur Unsur Iklan
Iklan adalah pemberitahuan mengenai suatu barang atau jasa kepada masyarakat umum. Pemberitahuan dilakukan supaya orang tertarik untuk membeli dan menggunakan barang atau jasa yang ditawarkan. Iklan dapat disampaikan melalui media cetak, audio, dan elektronik. Iklan memiliki unsur-unsur berikut.
  1. Nama produk.
  2. Gambar yang menarik.
  3. Kalimat iklan.
  4. Keunggulan produk.
  5. Harga produk.
  6. Nomor telepon.
  7. Alamat pengiklan.
Ayo Mengamati
Amatilah gambar iklan di bawah ini. Apakah iklan tersebut memenuhi unsur-unsurnya? Ungkapkan pendapatmu pada kolom berikut.
Iklan
Unsur-unsur yang terdapat pada iklan tersebut sebagai berikut.
1. Nama produk.
2. Gambar produk.
3. Kalimat iklan.
4. Keunggulan produk.
Iklan pada gambar tidak memenuhi semua unsur-unsur iklan.

Berdasarkan isinya iklan dapat dibedakan menjadi iklan pengumuman, pernrangan, reklame. dan iklan baris
  1. Iklan pengumuman adalah iklan yang isinya menyampaikan pengumuman mengenai suatu kejadian, kegiatan, atau yang lainnya. Contohnya adalah iklan penerimaan siswa baru, berita duka, dan lain sebagainya.
  2. Iklan penerangan adalah iklan yang isinya memberikan penerangan/penjelasan tentang suatu hal. Contohnya adalah iklan keluarga berencana, lingkungan hidup, dan lain-lain.
  3. Iklan reklame adalah iklan yang isinya mempromosikan barang atau jasa yang akan dijual. Iklan reklame bersifat mencari keuntungan. Biasanya iklan reklame selalu memuji atau menyanjung sesuatu yang ditawarkan. Misalnya dengan kalimat tiada banding, satu-satunya, tiada duanya, dan lain-lain.
  4. Iklan baris adalah iklan berbentuk beberapa baris dalam kolom yang sangat terbatas sehingga penulisanya menggunakan singkatan-singkatan demi menghemat tempat dan biaya.

Ayo Mengamati
Amatilah gambar di bawah ini, kemudian jawablah pertanyaan-pertanyaan berdasarkan gambar !
Iklan Mesin Cuci
Gambar di atas merupakan iklan media cetak yang menawarkan produk mesin cuci dengan merk “Resik”. Iklan tersebut berisi penjelasan tentang produk dan kelebihan mesin cuci tersebut. Penjelasan tersebut meliputi kapasitas, program, dan bahan tabung dalam mesin cuci. Iklan tersebut mengajak konsumen untuk membeli mesin cuci bermerk “Resik”.

Setelah mengamati gambar dan pemaparannya, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.
  1. Apakah yang dimaksud dengan iklan?  Iklan adalah pemberitahuan mengenai suatu barang atau jasa kepada khalayak umum agar mereka tertarik untuk membeli dan menggunakan barang atau jasa yang ditawarkan.
  2. Dalam iklan mesin cuci di atas ada kata kapasitas dan program, apa arti dari dua kata tersebut? Kapasitas berarti daya tampung dan Program berarti cara kerja
  3. Adakah kata asing bagi kamu dalam tulisan iklan di atas? Coba tuliskan kata yang kamu anggap asing. kapasitas, bed cover. program. tabung. dan stainless steel
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 6:07 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....