Home » » Menyanyikan Lagu Tentang Air

Menyanyikan Lagu Tentang Air

Air adalah salah satu unsur penting yang ada di bumi yang sangat dibutuhkan untuk kehidupan dan semua jenis makhluk hidup. Oleh karena itu air ini sendiri sering disebut sebagai sumber kehidupan yang dimana ada air maka disitu pula terdapat kehidupan.

Air merupakan contoh zat tunggal. Kamu biasa meminum air putih. Air putih tidak bernoda sedikitpun serta tidak ada warnanya. Begitu jernihnya sehingga kamu bisa berkaca dan melihat wajahmu sendiri di air.

Air yang murni dari air yang terdiri atas satu jenis materi saja sebagai penyusunnya. Air sangat dibutuhkan oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari. Air tidak hanya untuk minum. Namun, berbagai aktivitas manusia banyak yang memerlukan air. Air untuk membersihkan badan dari kotoran. Air untuk mencuci baju yang kotor. Air untuk memasak. Air untuk menyiram tanah supaya subur tanamannya. Dan masih banyak lagi kegunaan air.
Lagu Tentang Air
Air
Semua orang membutuhkan air.
Tua muda kaya dan miskin tanpa air orang akan mati
Tanpa air tiada kehidupan
Apa yang kamu rasakan setelah menyanyikan lagu ”Air” tersebut?
Setelah menyanyikan lagu berjudul air kita menjadi tahu bahwa air sangat penting bagi kehidupan di bumi ini.

Apa yang dimaksud tangga nada?
Tangga nada adalah urutan nada yang disusun secara berjenjang, misalnya
1 2 3 4 5 6 7 1

Apa saja jenis-jenis tangga nada?
Dalam seni musik, tangga nada dibagi menjadi dua yaitu tangga nada diatonis dan tangga nada pentatonis. Tangga nada minor dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu minor asli, minor harmonis, dan minor melodis

Apa jenis tangga nada lagu berjudul ”Air?”
Lagu berjudul air memiliki tangga nada diatonis Mayor.

Fungsi air dalam kehidupan kita tidak hanya memenuhi kebutuhan secara fisik (yang dibutuhkan tubuh manusia), tetapi juga berperan sebagai pemenuh kegiatan manusia sehari-hari. Baik digunakan untuk mencuci pakaian, mandi, dan memenuhi kebutuhan manusia lainnya. Bahkan makhluk hidup lain yang berupa binatang, dan tumbuhan mengkonsumsi air sebagai pemenuh kebutuhannya.

Pentingnya melakukan konservasi dikarenakan kebutuhan manusia akan air bersih sangat tinggi, dan setiap harinya secara tidak sadar kita menghabiskan dan membuang puluhan liter untuk hal yang sebenarnya tidak diperlukan. Hal ini tentu perlu diperhatikan, sebab di suatu daerah tertentu untuk mendapatkan air bersih sangat sulit sekali. Tindakan apa saja yang dapat kita lakukan,
  1. Melakukan penghematan air, baik ketika mencuci piring, pakaian, dan mandi serta aktifitas lainnya.
  2. Menyediakan penampungan air, untuk persediaan air di musim tertentu.
  3. Pembangunan waduk / sumur.
  4. Menjaga kebersihan lingkungan,
  5. Memulai program pengijauan pada lahan kosong
  6. Melakukan daur ulang air limbah (Aqua Industrial Water Treatment).
  7. Memanfaatkan sisa air secara efektif dan efisian, baik untuk perkebunan dan hal yang berguna.

Mari bersama kita wujudkan pelestarian dan konservasi sumber daya air, untuk sekarang dan generasi penerus di masa depan, demi kelangsungan hidup seluruh makhluk hidup.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 8:34 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.