Home » » Mengenal Tangga Nada Diatonis Mayor dan Diatonis Minor

Mengenal Tangga Nada Diatonis Mayor dan Diatonis Minor

Tangga nada adalah urutan nada yang disusun secara berjenjang, misalnya 1 2 3 4 5 6 7 1 (do, re, mi, fa, so, la, si, do). Dalam seni musik, tangga nada dibagi menjadi dua yaitu tangga nada diatonis dan tangga nada pentatonis.

Tangga nada pentatonis adalah jenis tangga nada yang hanya memakai lima nada pokok. Ragam tangga nada pentatonis dibedakan oleh jarak antarnada serta pilihan nada yang didengar. Berdasarkan nadanya, ada tangga nada yang menggunakan pelog dan slendro. Contoh alat musik yang menggunakan tangga nada ini adalah gamelan.

Tangga nada diatonis adalah tangga nada yang terdiri atas tujuh nada. Nada-nada pada piano dan organ termasuk sistem diatonis. Tangga nada diatonis terdiri atas beberapa jenis.

a. Tangga nada diatonis mayor
Tangga nada diatonis mayor adalah tangga nada yang susunan nadanya berjarak 1 – 1 - 1/2 - 1 - 1 - 1 - 1/2. Contoh tangga nada mayor sebagai berikut.
Diatonis Mayor dan Minor
b. Tangga nada diatonis minor
Tangga nada minor adalah tangga nada diatonis yang susunan nadanya 1 - 1/2- 1 - 1 - 1/2- 1 - 1. Tangga nada minor dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu minor asli, minor harmonis, dan minor melodis.

1. Tangga nada minor asli masih merupakan nada-nada pokok, belum
mendapat nada sisipan. Berikut contoh tangga nada minor asli.

2. Tangga nada minor harmonis adalah tangga nada dengan nada ketujuh dinaikkan setengah laras. Pada saat turun jaraknya tetap sama. Berikut contoh tangga nada minor harmonis
Minor Harmonis
3. Tangga nada minor melodis adalah tangga nada minor asli dengan nada ke-6 dan ke-7 dinaikkan setengah laras. Pada saat turun nada ke-6 dan ke-7 diturunkan setengah laras.
Minor Melodis
Tangga nada mayor dan minor akan terdengar perbedaannya jika dimainkan dengan alat musik. Lagu dengan tanda mayor jika dimainkan akan terdengar ceria. Berbeda dengan lagu dengan tangga nada minor, lagu dengan tangga nada minor jika dimainkan akan terdengar sedih. Walaupun demikian, lagu minor yang syairnya lucu dengan tempo cepat, akan terkesan gembira. Kecepatan sangat memengaruhi kesan.

Lagu yang berjudul “Air” adalah contoh lagu yang menggunakan tangga nada mayor. Adapun lagu yang menggunakan tangga nada minor, contohnya lagu Ayam Den lapeh dan  “Gugur Bunga” ciptaan Ismail Marzuki.
Lagu Air
Lagu Gugur Bunga
Gugur Bunga
Ayam Den Lapeh
Ayam Den Lapeh
Apa yang kamu rasakan setelah menyanyikan lagu ”Gugur Bunga” dan lagu “Ayam den Lapeh” tersebut?
Lagu berjudul ”Gugur Bunga” dan ”Ayam Den Lapeh” termasuk lagu bertangga nada minor. Lagu tersebut jika dinyanyikan menimbulkan perasaan sedih.
Apakah lagu-lagu tersebut dinyanyikan dengan tempo cepat?
Lagu ”Gugur Bunga” dinyanyikan dengan tempo lambat untuk menunjukkan dan menegaskan ekspresi kesedihan. Sementara itu, lagu ”Ayam Den Lapeh” dinyanyikan dengan tempo moderato (sedang). Meskipun demikian, ungkapan kesedihan tetap terlihat dari lirik lagu tersebut.
Apa isi syair pada lagu di atas?
Isi lagu ”Gugur Bunga”, yaitu tentang ungkapan kesedihan karena gugurnya pahlawan bangsa. Sementara itu, lagu ”Ayam Den Lapeh” berisi ungkapan kesedihan karena kehilangan sesuatu yang berharga.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 4:43 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.