Home » » Menentukan Unsur Unsur Dalam Sebuah Iklan

Menentukan Unsur Unsur Dalam Sebuah Iklan

Iklan adalah pemberitahuan mengenai suatu barang atau jasa kepada masyarakat umum. Pemberitahuan dilakukan supaya orang tertarik untuk membeli dan menggunakan barang atau jasa yang ditawarkan. Iklan dapat disampaikan melalui media cetak, audio, dan elektronik.

Iklan dapat terlihat hampir di semua tempat dan semua media. Seakan-akan iklan mengikuti ke mana saja kita pergi sepanjang hari. Di rumah, di jalanan, di pasar, di sekolah, dan di tempat-tempat lainnya kamu selalu bertemu iklan.  Setiap media memiliki karakteristik yang berbeda. Iklan di televisi sangat berbeda dengan iklan di radio maupun iklan di internet. Berikut unsur-unsur yang ada dalam sebuah iklan.
  1. Nama produk. Nama produk merupakan nama dari barang atau jasa yang akan ditawarkan,
  2. Gambar produk. Gambar produk menampilkan produk barang yang akan ditawarkan.  Gambar dapat berupa produk yang ditawarkan atau dapat berupa orang yang menggunakan produk tersebut.
  3. Kalimat iklan. Kalimat iklan biasanya kalimat yang bermaksud membujuk dan meyakinkan calon pengguna barang/jasa.  Tulisan yang singkat dan mudah terlihat, sebagai penjelasan dari produk.
  4. Keunggulan produk. Pada bagian ini keungulan produk yang ditawarkan dijelaskan.
  5. Harga produk. Biasanya harga produk yang ditawarkan juga disertakan dalam sebuah iklan.
  6. Nomor telepon pengiklan. Nomor ini biasanya disertakan dalam iklan agar calon pembeli dapat menghubungi pengiklan.
  7. Alamat pengiklan 

Ciri atau Kaidah kebahasaan teks iklan adalah aturan bahasa yang digunakan dalam sebuah teks iklan. Ciri-ciri bahasa iklan elektronik sebenarnya tidak jauh berbeda dengan iklan di media cetak, yaitu
  1. Komunikatif. Komunikatif artinya mampu menyampaikan  pesan dengan baik. Artinya, pesan yang  diterima oleh penerima  sama dengan  maksud pesan yang disampaikan oleh pengirim pesan.
  2. Informatif, artinya menginformasikan mengenai keberadaan produk atau jasa .
  3. Mudah dimengerti dan diingat masyarakat,
  4. Menarik perhatian, dan
  5. Mengajak calon pembeli untuk membeli atau menggunakan barang atau jasa yang ditawarkan.

Suatu hari keluarga Lani berkeliling kota dengan mengendarai mobil. Saat lampu lalu lintas berwarna merah, mobil yang dikendarai ayah Lani berhenti. Tiba-tiba ada seseorang yang mengetuk kaca mobil. Orang itu menyodorkan selembar kertas. Ternyata, kertas itu berisi iklan. Berikut isi selebaran iklan yang diterima oleh ayah Lani.

Ayo Mengamati
Amatilah iklan berikut.
Iklan

1. Apa saja unsur-unsur yang ada pada iklan di atas? Nama produk, gambar produk, kalimat iklan, alamat pengiklan, dan Nomor telpon pengiklan.

2. Apakah menurutmu unsur-unsur pada iklan di atas lengkap? Tuliskan pendapatmu pada kolom berikut. Iklan tersebut belum lengkap karena belum ada harga barang yang ditawarkan dan keunggulan produk yang ditawarkan.

Agar dapat menarik perhatian khalayak, iklan dalam media cetak memiliki ciri-ciri bahasa sebagai berikut:
  1. Menggunakan bahasa yang singkat, padat, dan jelas.
  2. Menggunakan bahasa yang memikat dan memiliki daya sugesti.
  3. Menggunakan kata konotasi positif.
  4. Isinya bersifat objektif, jujur, singkat, jelas, dan menarik.

Iklan pada gambar di atas menawarkan jual-beli emas di Toko Subur. Tahukah kamu, emas ada yang termasuk zat tunggal dan ada yang termasuk zat campuran. Emas murni yang memiliki kadar 24 karat temasuk zat tunggal. Sedangkan emas yang sudah dicampur dengan logam tembaga memiliki kadar 22 karat, 20 karat, atau 18 karat. Emas seperti itu termasuk dalam benda zat campuran.

Selain itu, ada emas berwarna putih yang dinamakan emas putih. Emas putih juga merupakan benda zat campuran. Emas putih merupakan campuran antara emas, tembaga, dan perak. Campuran tersebut merupakan campuran homogen.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 8:24 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....