Home » » Makna Penting Persatuan dan Kesatuan

Makna Penting Persatuan dan Kesatuan

Semangat persatuan dan kesatuan dalam bernegara merupakan pengikat suatu negara untuk dapat berdiri tegak selama-lamanya. Negara kesatuan republik Indonesia yang diproklamasikan tanggal 17 agustus 1945 tidak akan bertahan apabila diantara rakyat Indonesia tidak bersatu. Untuk tetap tegaknya persatuan dan kesatuan maka Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dijadikan landasan dan arah perjuangannya.

Persatuan dan kesatuan mengandung arti bersatunya beragam corak menjadi satu kebulatan yang utuh dan serasi. Perhatikan gambar-gambar yang mencerminkan makna penting persatuan dan kesatuan berikut.

1. Festival Budaya Nusantara
Festival Budaya Nusantara menyajikan budaya dari berbagai daerah di wilayah Nusantara. Coba kamu amati gambar kolase yang menyajikan berbagai pentas budaya daerah di atas. Tampak indah bukan? Tentu lebih indah yang tampil bersama-sama bukan? Itulah makna pentingnya persatuan dan kesatuan dalam menjalin kebersamaan dan saling melengkapi antara satu sama lain.
Festifal Budaya
2. Toleransi dan Hidup Berdampingan dalam Perbedaan
Masyarakat Indonesia dikenal kemajemukannya, salah satunya kemajemukan agama. Kemajemukan masyarakat Indonesia bukan penghalang untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Sebaliknya, kemajemukan yang ada justru menjadi modal yang kuat untuk memperkukuh persatuan dan kesatuan bangsa. Persatuan dan kesatuan bangsa akan tetap kukuh dengan adanya semangat menjalin rasa kemanusiaan.
Hidup Berdampingan
Tingginya sikap toleransi serta keharmonisan untuk hidup secara berdampingan dari segenap masyarakat Indonesia juga dapat mendukung persatuan dan kesatuan bangsa. Jadi, makna persatuan dan kesatuan tecermin pada sikap masyarakat yang senantiasa menjalin rasa kemanusiaan dan toleransi serta menjaga keharmonisan untuk hidup secara berdampingan.

3. Semangat Kekeluargaan dan Tolong-menolong
Menjalin rasa persahabatan, semangat kekeluargaan, dan tolongmenolong tercermin pada kegiatan gotong royong antarwarga masyarakat. Dalam kegiatan gotong royong, semua perbedaan ditepiskan. Warga masyarakat saling bekerja sama dan bahu membahu menyelesaikan pekerjaan untuk kepentingan bersama tanpa memandang perbedaan satu sama lain.
Gotong Royong
Dengan gotong royong, pekerjaan seberat apa pun terasa ringan dan pekerjaan cepat selesai. Itulah makna penting persatuan dan kesatuan yang tecermin dalam sikap menjalin rasa persahabatan, kekeluargaan, dan sikap saling tolong-menolong antarsesama dan bersikap nasionalisme.

Ayo Berdiskusi
Kamu telah mengamati beberapa contoh peristiwa dalam kehidupan sehari-hari yang mencerminkan makna pentingnya persatuan dan kesatuan. Berdasarkan contoh tersebut dapat diambil kesimpulan beberapa makna penting persatuan dan kesatuan. Apa sajakah makna penting persatuan dan kesatuan bangsa?

Diskusikan bersama teman satu kelompokmu dan tuliskan hasil diskusi pada kotak berikut. Presentasikan hasil diskusi kelompokmu di depan kelas.

Laporan Hasil Diskusi
Makna penting persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia sebagai berikut.
  1. Menjalin kebersamaan dan saling melengkapi antara satu sama lain.
  2. Masyarakat senantiasa menjalin rasa kemanusiaan dan toleransi serta menjaga keharmonisan untuk hidup secara berdampingan.
  3. Menjalin rasa persahabatan, kekeluargaan, dan sikap saling tolong-menolong antarsesama dan bersikap nasionalisme.

Ayo Berlatih
Menjalin persatuan dan kesatuan hendaknya kamu biasakan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya dalam bentuk kegiatan gotong royong dan bekerja sama dalam menyelesaikan tugas kelompok. Masih banyak peristiwa dalam kehidupan sehari-hari yang biasa kamu alami atau kamu saksikan sebagai pencerminan sikap menjalin persatuan dan kesatuan.

Sekarang, identifikasilah peristiwa-peristiwa dalam kehidupan sehari-hari sebagai bentuk pencerminan sikap menjalin persatuan dan kesatuan. Tuliskan dalam kotak berikut.

Peristiwa-peristiwa dalam kehidupan sehari-hari yang mencerminkan sikap menjalin persatuan dan kesatuan seperti berikut.
  1. Membersihkan lingkungan bersama-sama
  2. Menjenguk salah satu warga yang sakit
  3. Bekerja sama dalam menjaga keamanan lingkungan.
  4. Saling menghormati orang yang berbeda agama, tidak membeda- bedakan suku.
  5. Bergotong royong membangun lingkungan sekitar.
  6. Menjalankan Piket Kelas.
  7. Menghormati budaya lain. 
  8. Saling membantu teman yang kesulitan.
  9. Mentaati peraturan sekolah
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 6:25 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....