Home » » Jenis Jenis Iklan Media Elektronik

Jenis Jenis Iklan Media Elektronik

Pembagian iklan menurut media yang digunakan dibedakan menjadi iklan media cetak dan iklan media elektronik. Iklan cetak adalah iklan yang penyebarannya dilakukan melalui media cetak. Contoh iklan cetak antara lain; poster, spanduk, baliho, reklame, iklan baris di koran, flyer atau selebaran.

Iklan elektronik adalah iklan yang penyebarannya melalui media elektronik. Contoh dari iklan elektronik antara lain; iklan di TV, iklan di radio, iklan di Internet. Iklan di internet ini masih terbagi menjadi beberapa jenis, antar lain; banner, iklan baris, straming dll.

Iklan elektronik banyak jenisnya. Tiga di antaranya yang akan kita pelajari saat ini. Ketiga jenis iklan tersebut adalah iklan radio, iklan televisi, dan iklan internet.

1. Iklan Radio
Radio merupakan media auditif yang bersifat atraktif. Artinya radio adalah media yang mengandalkan pendengaran untuk menyapa pendengarnya. Oleh karena itu, pemaparan iklan melalui media radio memiliki karakteristik atau ciri khas. Iklan di radio hanya dapat didengarkan melalui audio atau suara. Suara yang diperdengarkan dapat berupa voice (suara/kata-kata manusia yang teratur), musik (perpaduan bunyi-bunyian yang teratur dengan ritme tertentu dan harmonis), dan efek suara (suara-suara yang tidak beraturan maupun efek suara alam).

2. Iklan Televisi
Iklan televisi adalah iklan yang disiarkan melalui televisi. Iklan televisi sangat menarik karena merupakan kombinasi dari suara, gambar, dan gerak. Iklan televisi memiliki karakteristik, yaitu dapat dilihat dan didengar. Oleh karena itu, iklan yang disampaikan melalui televisi sangat menarik perhatian dan mengesankan.

3. Iklan Internet
Iklan internet adalah iklan yang ditampilkan melalui jaringan internet. Bentuknya beragam, ada iklan yang hanya dapat didengar, ada pula yang dapat dilihat sekaligus didengar.
Iklan Internet

Iklan internet muncul sesuai perkembangan teknologi informasi. Iklan internet mampu meningkatkan kapasitas dan kecepatan perputaran informasi. Melalui internet, informasi dapat disampaikan secara dramatis dan interaktif.

Ayo Mengamati
Perhatikan tiga paparan iklan melalui media radio, televisi, dan internet berikut.

1. Paparan Iklan Melalui Radio
Untuk menayangkan iklan melalui radio perlu dibuat naskah terlebih dahulu. Naskah iklan radio sesuai konsep dari produk yang akan diiklankan. Naskah iklan radio dibuat dengan mempertimbangkan skenario iklan, baik dialog, monolog, musik, maupun efek suara. Musik dan efek suara dalam naskah iklan radio diperlukan untuk menciptakan suasana yang mendukung skenario.

Amati paparan iklan radio melalui naskah berikut.
Efek Suara :(Suara lalat)
Anak Perempuan :Mama kamar adik banyak lalat.
Mama :Wah, mungkin karena bau tak sedap, dik.
Anak Perempuan :Iya, ma tolong hilangkan bau tak sedapnya.
Mama :Tenang, mama punya antinya.
Efek Suara :(Suara semprotan nyamuk
Anak Perempuan :Wah, wangi sekali, Ma.
Mama :Jelas dong, kan mama pakai Segar Wangi pewangi ruangan bau tak sedap langsung KO.
Musik :(Gitar klasik bernuansa ceria Up-In_Down)
Narasi :Ya, gunakan Segar Wangi, bau tak sedap langsung hilang.
Musik :(Down-Out)

2. Paparan Iklan Melalui Televisi
Pembuatan iklan televisi diawali dengan membuat rancangan. Rancangan dalam bentuk skrip dan papan cerita (sketsa gambar yang disusun berurutan sesuai naskah). Setelah disetujui oleh pengiklan barulah rancangan iklan itu dibuat di rumah produksi. Berikut contoh paparan iklan melalui televisi.
Iklan Televisi
Berdasarkan gambar iklan melalui televisi di atas kamu dapat mengetahui isi iklan yang akan dipaparkan melalui televisi. Isi iklan tersebut yaitu cara mudah membuat mulut segar. Hanya dengan permen karet “Planet Segar”, mulutmu akan terasa segar, sesegar habis menggosok gigi.

3. Paparan Iklan Melalui Internet
Iklan internet jenis banner yaitu iklan pada papan iklan mini yang tersebar pada sebuah halaman web.
Iklan Internet
Isi iklan internet tersebut adalah menawarkan produk makanan. Produk makanan yang ditawarkan adalah mi instan dengan merk Yumi Mie. Mi instan ini dapat dinikmati saat sibuk ataupun santai, baik sendiri maupun bersama teman-teman. Yumi Mie merupakan makanan cepat saji yang enak jika dinikmati saat masih hangat. Suasana pun akan semakin hangat dengan ditemani Yumi Mie.

Ayo Berlatih
Kamu telah memahami berbagai bentuk iklan elektronik. Sekarang, coba kamu pilih satu bentuk iklan elektronik yang sudah kamu pelajari sebelumnya. Buatlah contoh iklan elektronik. Cantumkan naskah iklannya jika iklan yang kamu pilih iklan radio atau iklan televisi. Kemudian, tuliskan skrip dan papan ceritanya.

Jika kamu memilih iklan internet, tempelkan iklan pada lembaran kertas. Selanjutnya, buat kesimpulan isi dari iklan elektronik yang kamu buat. Tuliskan kesimpulan di bawah naskah iklan, skrip dan papan cerita, atau gambar iklan yang kamu buat. Presentasikan hasil berlatihmu dalam mengidentifikasi iklan elektronik di depan kelas. Kumpulkan hasilnya kepada Bapak/Ibu Guru untuk dinilai

Contoh Iklan Elektronik
Merek : Sosis So Nice
Media : Radio
Waktu : 40 detik

Transkripsi Iklan  Sosis So Nice di Radio
Wanita :Handak Pintar? Handak beprestasi? Handak jadi juara?
Pria :Makan daging bagus banar gasan pertumbuhan, jangan sampai tasalah pilih. Makan sosis so nice. Rajin balatih wan makan-makanan nang berprotein. So nice makanan nang berprotein. Dukung pertumbuhan anak supaya pintar, berprestasi, wan jadi juara.
Anak anak :So nice so nice. So nice so nice.
Lagu :Ayo makan so nice. Ayo kita SMS. Semua Makan So nice.
Pria :Nang di ujung haja nyaman apalagi nang di tangah Dang.
Wanita :So nice nyaman banar.
Lagu :SMS Semua Makan So nice. SMS Semua Makan So nice.
Semua :So nice enak bermutu.
Anak anak :Dari so good food.

Kesimpulan Isi Iklan
Pertanyaan yang ditampilkan tersebut untuk menarik perhatian pendengar. Kalimat tersebut menanyakan kepada calon pembeli apakah ingin pintar, ingin berprestasi, ingin jadi juara. So nice makanan yang berprotein dan mendukung pertumbuhan anak supaya pintar berprestasi dan jadi juara
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae.com Updated at: 10:15 PM

2 komentar:

Mohon tidak memasukan link aktif.