Home » » Permainan Dhingklik Oglak Aglik dan Perepet Jengkol

Permainan Dhingklik Oglak Aglik dan Perepet Jengkol

Permainan dhingklik oglak aglik serupa dengan permainan perepet jengkol. Keduanya merupakan permainan tradisional anak. Permainan dhingklik oglak aglik dimainkan di Jawa Tengah dan permainan perepet jengkol dimainkan di Jawa Barat.

Arti dari permainan dingklik oglak-aglik ini terdiri dari dua arti, yaitu dingklik dalam bahasa Jawa yang berarti bangku yang pendek, sedangkan oglak-aglik artinya goyang-goyang. Dan arti keseluruhannya adalah bangku pendek yang bergoyang-goyang.

Maksud dari permainan ini adalah mengajarkan tentang kepemimpinan, kekompakan dan ketahanan dalam suatu kelompok. Semua berhak untuk menjadi pemimpin tanpa adanya syarat atau apapun itu. Ketika pemimpin yang adil dan bijak dalam menyikapi suatu hal, maka ketahanandan kekompakan dalam suatu kelompok akan terjaga. Oleh karenanya permainan ini bukan dikategorikan sebagai permainan pertandingan, namun permainan ketahanan dan keseimbangan.

Sedangkan permaian Prepet Jengkol banyak dimainkan di daerah Jawa Barat. Meski nama permainannya adalah perepet jengkol tapi sebenarnya dalam permainan tradisional tersebut sama sekali tidak melibatkan jengkol. Permainan tradisional ini berkembang dengan populer di kalangan suku sunda pada jaman dulu. Perepet jengkol ini dilakukan sedikitnya oleh tiga orang, namun akan semakin ramai kalau dimainkan oleh lebih dari tiga orang.

Kedua  permainan ini dilakukan dalam kelompok-kelompok. Setiap kelompok terdiri atas 3-5 anak. Semua anggota berdiri melingkar saling membelakangi dan berpegangan tangan. Kaki kanan atau kaki kiri setiap anggota kelompok lalu saling bertautan.

Kemudian, dengan satu kaki yang menapak, mereka bergerak melingkar sambil menyanyikan lagu daerah. Kelompok yang paling lama mempertahankan tautan kaki sambil bergerak akan menjadi pemenang. Berikut lagu yang dinyanyikan di Jawa Tengah.
Pasang dhingklik oglak aglik
Yen keceklik adang gogik,
Yu yu mbakyu mangga dhateng pasar blanja,
Leh olehe napa,
Jenang Jagung, enthok-enthok jenang jagung,
enthok-enthok jenang jagung,
enthok-enthok jenang jagung.

Berikut lirik lagu yang dinyanyikan di Jawa Barat.
Perepet jengkol jajahean
Kadempet kohkol jejeretean
Eh jaja eh jaja eh jaja eh jaja

Cara Memainkan Dingklik Oglak-Aglik
Untuk dapat memainkan permainan dingklik oglak-aglik dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut.
Dhingklik Oglak Aglik
  1. Semua pemain berdiri berhadap-hadapan dengan saling bergandengan. Misalkan nama pemain tersebut adalah A, B, C, dan D,
  2. Pemain B dan C menerobos dibawah lengan A dan B sehingga para pemain berdiri dengan saling bertolak belakang dan tangan tetap bergandengan. Setiap pemain mengangkat salah satu kakinya ke arah dalam lingkaran, kemudian masing-masing kaki saling dikaitkan untuk membentuk suatu posisi yang kokoh sehingga tidak mudah jatuh,
  3. Tangan saling bergandengan lalu dilepaskan, kemudian kedua tangan bertepuk tangan dan menyanyikan lagu:
Pasang dingklik oglak-aglik
Yen kecelik adang gogik
Yu yu mbakyu mangga dateng pasar blanja
Leh olehe napa
Jenang jangung enthok-enthok jenang jagung
Enthok enthok jenang jagung
Enthok enthok jenang jagung
  1. Jika kalah, anak yang pertama kali jatuh akan mendapatkan hukuman yang disepakati bersama. Permainan ini tidak memerlukan bantuan peralatan lain, anak-anak cukup berlompatan, bernyanyi dan bertepuk tangan.

Tugas
1. Mainkan permainan dhingklik oglak aglik atau perepet jengkol bersama teman-temanmu.
a. Apa yang kamu rasakan? Kedua permainan ini sangat menyenangkan saat dimainkan.
b. Nilai-nilai apakah yang terdapat pada permainan dhingklik oglak aglik dan perepet jengkol? Nilai nilai yang kita dapat adalah kebersamaan dan kekompakan antara sebuah tim

2. Adakah permainan serupa permainan dhingklik oglak aglik atau perepet jengkol di daerahmu? Jika ada, apa nama permainan itu?
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 2:06 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....