Home » » Percobaan Perubahan Wujud Benda Menyublim

Percobaan Perubahan Wujud Benda Menyublim

Perubahan wujud benda terjadi di sekitar kita tanpa kita sadari. Perubahan wujud benda merupakan satu perubahan alami karena fenomena alam yang terjadi di sekeliling kita.

Perubahan wujud benda terjadi di sekitar kita. Salah satu perubahan wujud yang mungkin tidak
kamu sadari adalah penyubliman. Pernahkah kamu mengamati kapur barus yang diletakkan ibu di dalam lemari untuk melindungi pakaian dari ngengat? Kapur barus di lemari pakaianmu dalam beberapa hari akan mengecil dan menghilang dari lemari pakaianmu. Apakah yang sebenarnya terjadi? Mengapa kapur barus itu seperti menghilang dari lemari?

Kapur barus merupakan benda padat, yang dalam waktu tertentu berubah wujud menjadi gas. Kapur barus mengalami penyubliman. Menyublim adalah peristiwa berubahnya wujud benda dari padat ke gas. Dapatkah kamu menemukan contoh penyubliman lain di dalam kehidupan sehari-hari? Untuk menunjukkan proses penyubliman, lakukan percobaan berikut.

PERCOBAAN
Mengamati perubahan wujud benda

Alat dan Bahan
  1. 4 buah batu bata untuk membuat tungku sederhana
  2. 1 buah lilin
  3. 1 buah kaleng bekas susu
  4. 5 butir kapur barus ukuran kecil
  5. 1/5 bagian kaleng pasir kering
  6. Piring aluminium
  7. Es batu

Cara Kerja
Penyubliman
  1. Tumpuk batu bata menjadi dua tingkat untuk dijadikan tungku sederhana.
  2. Letakkan lilin di tengah tungku, lalu nyalakan lilin.
  3. Isi kaleng bekas susu dengan pasir, lalu masukkan kapur barus.
  4. Letakkan kaleng bekas susu tersebut di atas tungku.
  5. Letakkan piring aluminium di atas kaleng susu, lalu letakkan beberapa butir es batu.
  6. Diamkan selama sepuluh menit.

Pengamatan
Amatilah perubahan yang terjadi pada kapur barus setelah sepuluh menit. Angkatlah piring alumunium dari atas kaleng. Lalu, perhatikanlah apa yang terjadi pada dasar piring.

Setelah 10 menit piring besi dibuka, tuang es batu kedalam gelas. Lihat apa yang terjadi pada dasar piring. Terdapat kristas-kristal didasar piring yang digunakan untuk menutup kaleng. Didalam kaleng hanya terdapat pasir saja, kapur barus yang tadi diletakkan diatas pasir menghilang. Pada dinding-dinding kaleng juga terdapat kristal-kristan yang berbau kapur barus.

Jadi kapur barus yang tadi dipanaskan mengalami proses penyubliman dan pada saat gas menyentuh piring yang dingin gas berubah menjadi Kristal-kristal didasar piring dan dinding kaleng.

Dari percobaan diatas kita juga dapat menemukan dasar kaleng mengalami penggelapan warna karena adanya angus. Angus tersebut termasuk hasil dari perubahan wujud benda gas menjadi padat atau mengkristal.

Selain itu piring yang diberikan es diatasnya di sekeliling dasatnya terdapat embun-embun yang berasal dari gas yang menyentuh dasar piring sehingga menjadi embun peristiwa itu disebut mengembun yaitu perubahan wujud benda gas menjadi cair.

Setelah melakukan pengamatan pada kegiatan di atas, dapatkah kamu menjelaskan kesimpulanmu?

Kesimpulanku:
Pada percobaan di atas menunjukkan salah satu contoh peristiwa menyublim yaitu perubahan wujud dari padat menjadi gas. Kapur barus yang tadi dipanaskan mengalami proses penyubliman dan pada saat gas menyentuh piring yang dingin gas berubah menjadi Kristal-kristal didasar piring dan dinding kaleng.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 5:20 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.