Home » » Percobaan Perubahan Wujud Benda,

Percobaan Perubahan Wujud Benda,

Wujud benda dibedakan menjadi tiga, yaitu Padat, Cair, dan Gas.Sifat benda padat adalah bentuk tetap, volume tetap, dan jarak antara partikelnya rapat. Sifat benda cair adalah bentuk tidak tetap (mengikuti bentuk wadah) volume tetap, dan partikelnya dapat bergerak bebas. Sifat benda gas adalah bentuk tidak tetap (mengikuti wadah) volume tergantung pada tempatnya dan partikelnya dapat bergerak sangat cepat. Adanya perubahan suhu pemanasan dan pendinginan) dapat mengakibatkan perubahan wujud benda.

Zat dapat mengalami perubahan wujud, dari satu bentuk ke bentuk yang lainnya. Terjadinya perubahan wujud sebenarnya karena adanya perpindahan energi panas atau kalor. Pada saat zat menerima atau melepaskan kalor, maka zat tersebut akan mengalami perubahan wujud.

Pada saat zat menerima kalor, maka zat tersebut akan mengalami kenaikan suhu dan perubahan wujud, misalnya peristiwa mencair, menguap, dan menyublim. Es batu yang dibiarkan di tempat terbuka, lama kelamaan akan menjadi air, karena es batu tersebut menyerap energi panas yang ada di sekelilingnya.

Sedangkan ketika zat melepaskan kalor, zat tersebut akan mengalami pendingan dan juga perubahan wujud. Perubahan wujud zat yang disertai pelepasan kalor adalah peristiwa membeku, mengembun, dan mengkristal. Embun pada daun yang terlihat di pagi hari, sebenarnya adalah uap air yang menjadi air karena suhu udara yang dingin pada malam hari.Untuk menyelidiki bahwa kalor dapat menyebabkan perubahan wujud benda, lakukan percobaan berikut!

Percobaan Perubahan Wujud Zat
Tujuan
Mengamati Perubahan Wujud Benda

Alat dan Bahan
Es Batu
Mangkuk
Palu/martil

Cara Kerja
Perubahan Wujud Benda,
  1. Siapkan alat dan bahan.
  2. Pecahkan es hingga berukuran kecil-kecil.
  3. Letakkan beberapa potong es di mangkuk.
  4. Letakkan es tersebut di bawah panas terik matahari.
  5. Biarkan es selama lima menit.
  6. Amatilah perubahan pada es.

Ayo Berlatih
Untuk menyelidiki terjadinya peristiwa mencairnya suatu benda yang disebabkan oleh kalor atau panas, lakukan percobaan memanaskan mentega di atas kompor. Berhati-hatilah saat melakukan percobaan menggunakan kompor. Tuliskan prosedur percobaan seperti berikut.
Kata Baku dan Tidak Baku
Judul Percobaan:Mengamati perubahan wujud benda
TujuanMemahami beragam sifat dan perubahan wujud benda
Alat dan bahanAlat dan bahan yang dibutuhkan dalam percobaan ini antara lain adalah : Satu batang lilin, korek api, satu buah sendok makan, satu sendok teh mentega, dan satu butir telur mentah.
Langkah kerja
  1. Nyalakan lilin.
  2. Letakkan mentega di atas sendok makan.
  3. Letakkan bagian sendok dengan mentega di atas api lilin, selama kurang lebih 5 menit.
  4. Amati perubahan yang terjadi!
  5. Lakukan hal yang sama pada ciran putih telur dan amati perubahan yang terjadi.
KesimpulanBenda mengalami perubahan wujud jika terkena suhu. Perubahan tersebut dapat berupa perubahan wujud padat dapat berubah menjadi cair atau sebaliknya. Suhu mempengaruhi perubahan benda.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 6:06 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....