Home » » Pentingnya Persatuan di Tempat Tinggalku

Pentingnya Persatuan di Tempat Tinggalku

Persatuan dan kesatuan merupakan senjata yang paling ampuh bagi bangsa Indonesia baik dalam rangka merebut, mempertahankan maupun mengisi kemerdekaan. Persatuan mengandung arti “bersatunya macam-macam corak yang beraneka ragam menjadi satu kebulatan yang utuh dan serasi.” Persatuan Indonesia berarti persatuan bangsa yang mendiami wilayah Indonesia. Persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia yang kita rasakan saat ini terjadi dalam proses yang dinamis dan berlangsung lama.

Semboyan Bhinneka Tunggal Ika memiliki makna sesuai dengan keberagaman masyarakat Indonesia saat ini. Pada awalnya Bhinneka Tunggal Ika dahulu hanya untuk menyatukan kehidupan di tengah keberagaman beragama dan keyakinan, ternyata semboyan ini masih sangat sesuai dengan keadaan Indonesia saat ini. Kita tidak hanya beranekaragam dalam agama, suku bangsa, ras, budaya, dan gender. Namun juga semakin beragam dalam cara berpikir, berpendapat, berorganisasi, partai politik, aliran musik, cara berpakaian, dan sebagainya.
Pentingnya Persatuan di Tempat Tinggalku
Untuk mengetahui pentingnya persatuan, kamu dapat mengamati masyarakat sekitar tempat tinggalmu. Kamu dapat melakukan kegiatan ini secara berkelompok. Dengan bantuan anggota keluargamu, catatlah kegiatan-kegiatan yang melibatkan seluruh anggota masyarakat di sekitar tempat tinggalmu. Masukkan hasil pengamatanmu pada tabel di bawah ini.
NoNama KegiatanJenisWaktuTempatHasil
1.Kerja BhaktiMembersihkan
saluran air
Hari
Minggu,
7 Januari 2018
Sepanjang
jalan desa
Saluran air menjadi
lancar. Tidak ada genangan air.
2.SiskamlingPelaksanaan kegiatan siskamlingHari Kamis, 18 Januari 2018Lingkungan RTWarga melakukan sikamling secara bergilir sehingga lingkungan aman
3.Kerja BhaktiMembersihkan tempat ibadahHari Rabu, 31 januari 2018MasjidMasjid menjadi bersih
4.Rapat WargaPertemuan wargaHari Kamis, 1 Pebruari 2018Balai RTWarga sepakat untuk melakukan kegiatan pemberantasan demam berdarah
5.Kerja BhaktiPerbaikan rumahHari Minggu 11 Pebruari 2018Rumah Bp TasimanRumah Pak Tasiman diperbaiki secara gotong royong

Setelah tabel selesai kamu isi, buatlah penilaian sederhana dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut.

1. Apakah kegiatan tersebut berjalan dengan baik?
Beberapa kegiatan dapat berjalan dengan baik misalnya saja kegiatan membersihkan saluran air. Namun kegiatan siskamling berjalan kurang baik karena ada beberapa warga yang tidak melaksanakan siskamling.

2. Adakah masalah yang menghambat untuk melaksanakan kegiatan itu?
Siskamling yang dilakukan pada malam hari mengalami masalah karena ada warga yang kurang memahami hak dan kewajibannya sebagai warga masyarakat. Misalnya saja ada warga yang tidak melaksanakan siskamling dengan alasan besok harus bekerja sehingga tidak bisa begadang.

3. Cara apa yang ditempuh oleh masyarakat untuk mengatasi hambatan itu?
Cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengganti tugas siskamling kepada orang lain/mewakilkan. Warga yang tidak dapat melaksanakan siskamling membayarkan sejumlah uang kepada yang mewakilinya

4. Apakah persatuan masyarakat sangat menentukan keberhasilan kegiatan itu?
Persatuan dalam masyarakat sangat menentukan keberhasilan kegiatan yang ada di masyarakat. Tanpa persatuan kegiatan tersebut tidak akan berjalan dengan baik.

5. Apakah manfaat kegiatan itu dapat dirasakan oleh masyarakat? Manfaat apa sajakah itu?
Kegiatan yang dilaksanakan oleh masyarakat sangat banyak manfaatnya. Misalnya saja kegiatan siskamling bermanfaat menjaga keamanan lingkungan, kegiatan membersihkan saluran air membuat saluran air lancar dan tidak terjadi banjir.

Gunakan hasil pengamatanmu sebagai bahan untuk membuat laporan. Kemudian, presentasikan hasil laporanmu di depan guru dan teman-temanmu.

Laporan Hasil Pengamatan
Nama Kegiatan : Kegiatan Kerja Bhakti Membersihkan Saluran Air
Hari/Tanggal : Minggu, 7 Januari 2018
Tempat : Sepanjang Jalan Desa Wanadadi

Anggota :
  1. Siti Zulaehah
  2. Ibnu Batuta
  3. Ilham Ramadhan

Kesimpulan Hasil Pengamatan
Kegiatan kerja bhakti membersihkan saluran air yang dilaksanakan warga berjalan dengan baik. Warga bekerja sama bahu membahu sehingga saluran air menjadi lancar. Tidak ada genangan air.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 11:40 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.