Home » » Nada dan Tempo Lagu Maju Tak Gentar

Nada dan Tempo Lagu Maju Tak Gentar

Peristiwa-peristiwa heroik banyak terjadi di daerah-daerah setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Para pejuang dengan gagah berani dan pantang menyerah berusaha mengusir Jepang dari Indonesia. Perlawanan bersenjata rakyat Indonesia yang dilakukan di berbagai daerah meliputi perlawanan rakyat (misalnya di Singapura, Jawa Barat) dan perlawanan tentara Peta.

Semangat dan suka cita menyambut Proklamasi Kemerdekaan sangat terasa di seluruh penjuru Indonesia. Semangat tersebut diikuti oleh keinginan yang kuat untuk mengusir Jepang dari Indonesia. Seberapa pun kuatnya tentara Jepang yang dipersenjatai lengkap dan modern tidak menyurutkan nyali dan tekad pejuang-pejuang Indonesia. Dengan gagah berani dan jiwa pantang mundur yang berkobar-kobar, pejuang-pejuang Indonesia terus menentang dan melakukan berbagai macam perlawanan terhadap Jepang.

Ayo, rasakan semangat gagah berani dan pantang mundur para pejuang Indonesia tersebut dengan menyanyikan lagu “Maju Tak Gentar” berikut ini!

Lagu Maju Tak Gentar merupakan Lagu Wajib Nasional yang diciptakan oleh Cornel Simandjuntak. Lagu ini biasa dinyanyikan saat Upacara Kemerdekaan Republik Indonesia. Berikut ini lirik lagu Maju Tak Gentar
Maju tak gentar
Membela yang benar
Maju tak gentar
Hak kita diserang

Maju serentak
Mengusir penyerang
Maju serentak
Tentu kita kita menang

Reff :
Bergerak bergerak
Serentak menerkam
Menerjang terjang tak gentar
Tak gentar tak gentar
Menyerang menyerang

Ayo Berlatih
1. Apa yang kamu rasakan saat menyanyikan lagu “Maju Tak Gentar”? Jelaskan!
Ketika menyanyikan lagu Maju Tak Gentar semangat dan rasa cinta pada indonesia semakin bertambah. Selain itu juga mengingatkan kembali jasa para pahlawan yang telah berjuang perang sampai titik darah pengahabisan untuk negara ini.

2. Bagaimanakah nada dan tempo lagu “Maju Tak Gentar”? Jelaskan!
Nada Do = Bes. Birama 4/4, artinya tiap birama terdiri atas empat ketukan. Tempo dimaksudkan untuk menyatakan irama cepat atau lambatnya sebuah lagu. Tempo lagu Maju Tak Gentar adalah Marcia = seperti orang berbaris

3. Apakah lirik lagu “Maju Tak Gentar” mencerminkan nilai-nilai kepahlawanan? Jelaskan!
Lagu Maju Tak Gentar ini dimaksudkan untuk membangkitkan semangat untuk membela tanah air. Lagu ini juga menggambarkan keberanian rakyat dengan perlengkapan yang seadanya melawan Belanda yang bersenjatakan lengkap dan modern, tapi dengan jiwa semangat lagu ini mampu membangkitkan pejuang digaris depan.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 8:07 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.