Home » » Menyanyikan Lagu Syukur Karya H Mutahar

Menyanyikan Lagu Syukur Karya H Mutahar

Tanah air Indonesia kita ini sangat beragam, mulai dari rumah adat, pakaian adat, alat musik, tarian, bahkan makanan. Kita harus mensyukuri pemberian Tuhan tersebut dengan cara menjaganya dan melestarikannya. Seperti apa yang terkandung dalam lagu Syukur ciptaan H. Mutahar.

Rasa syukur atas kemerdekaan yang telah diberikan oleh Tuhan yang melatarbelakangi pengarang menciptakan lagu Stukur. Kita Harus bersyukur atas pemberian Tuhan Yang Maha Esa karena atas karunia-Nya Indonesia yang tercinta menjadi Merdeka. Selain itu kita juga harus menghargai jasa para pahlawan yang telah gugur.

Keberagaman yang dimiliki Indonesia justru menjadi pemersatu, serta kekuatan bagi bangsa ini untuk meraih kemerdekaan. Sejak awal bangsa ini dibangun dari berbagai suku, agama, dan ras, yang berbeda-beda. Keberagaman ini adalah anugerah luar biasa dari Tuhan Yang Maha Esa, yang harus kita jaga dan syukuri.

Sebagai negara dengan kekayaan suku, budaya dan bahasa, keberagaman yang ada di Indonesia ini merupakan kekuatan yang harus dijaga dengan baik, agar tidak terjadi pergolakan yang berpotensi memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.

Ayo Bernyanyi
Nyanyikan lagu “Syukur” berikut bersama teman-temanmu dengan khidmat. Pahamilah makna lirik atau syairnya.
Lagu Syukur
Lagu “Syukur” merupakan salah satu lagu wajib. Lagu wajib adalah lagu yang wajib dipelajari oleh siswa dalam rangka menanamkan rasa cinta tanah air, menghargai jasa pahlawan, dan membakar semangat perjuangan agar selalu menyala. Wajib untuk sebuah negara tentunya lagu yang mengungkapkan rasa patriotik, semangat perjuangan, semangat mencintai negara dan lagu yang mampu membawa identitas sebuah negara. Ciri-ciri lagu wajib antara lain sebagai berikut.
  1. Lirik lagu wajib bertujuan untuk menanamkan sikap cinta tanah air, kepahlawanan, nasionalisme, serta rela berkorban demi bangsa dan negara.
  2. Biasanya, lagu wajib menggunakan irama yang penuh semangat dan atau berupa himne.
  3. Lagu-lagu wajib diajarkan, dipelajari, dan dihayati sesuai dengan maksud dan tujuan yang terkandung di dalamnya.
”Syukur” menunjukan kan rasa terima kasih bangsa Indonesia yang tulus atas karunia Tuhan memberikan tanah air Indonesia. Lagu dimaksudkan sebagai pengakuan rakyat Indonesia bahwa hanya disebabkan atas kebesaran Tuhan dan kemurahan hati-Nya saja, bangsa Indonesia diberikan bumi pertiwi ini. Maka, ucapan syukur yang disembahkan kehadirat-Nya mesti senantiasa dilakukan semua anak bangsa Indonesia.
Lirik Lagu Syukur
Ciptaan: H. Mutahar

Dari yakinku teguh
Hati ikhlasku penuh
Akan karuniamu
Tanah air pusaka
Indonesia merdeka
Syukur aku sembahkan
Kehadirat-Mu Tuhan

Ayo Berdiskusi
Diskusikan jawaban pertanyaan-pertanyaan berikut. Diskusikan bersama teman-teman sekelompokmu (4-5 orang). Tuliskan hasil diskusi kalian, lalu diskusikan bersama kelompok lain. Tuliskan hasil diskusi kalian dalam kotak berikut.

1. Nilai yang sesuai dengan jiwa dan sikap pahlawan pada lagu “Syukur” adalah :
  • Rela Berkorban artinya bersedia dengan ikhlas memberikan waktu, tenaga, pikiran, hingga harta untuk kepentingan bangsa dan negara.
  • Cinta Tanah Air. Rasa ini timbul dari dalam hati setiap orang. Panggilan untuk mengabdi, membela, memelihara, dan melindungi Tanah Air dari ancaman ini disebut juga patriotisme. 

2. Sebagai generasi sekarang, apa yang harus kita lakukan untuk mewujudkan rasa syukur sebagai bentuk cinta tanah air?
  • Merasa bangga terhadap tanah air Indonesia. rasa bangga itu tentu saja tidak akan muncul tanpa adanya rasa memiliki. 
  • Menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.
  • Tidak akan melakukan perbuatan dan tindakan yang rnerugikan tanah air;
  • Setia dan taat kepada peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  • Belajar dengan giat dan sungguh-sungguh untuk menggapai cita-cita.

Bersyukur sebagai negara merdeka harus terus kita wujudkan dalam setiap kesempatan, kapan pun dan di mana pun. Rasa syukur sebagai bentuk cinta tanah air dapat kita lakukan dengan berbagai hal, salah satunya dengan menjaga persatuan dan kesatuan dalam keberagaman bangsa.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 10:07 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....