Home » » Menyanyikan Lagu Kampungku Karya AT Mahmud

Menyanyikan Lagu Kampungku Karya AT Mahmud

AT Mahmud terkenal sebagai pencipta lagu anak-anak. AT Mahmud yang memiliki nama lengkap Masagus Abdullah Mahmud lahir di Palembang pada tanggal 3 Februari 1930. Teman-teman sekolah atau tetangga beliau dipanggil dengan nama “Totong", Nama tersebutlah yang menjadi nama populer AT Mahmud (Abdullah Totong Mahmud).

AT Mahmud mulai merintis karir sebagai pencipta lagu anak secara profesional ketika bekerja di SGTK Jakarta Selatan. Di tempat tersebut beliau membantu siswa-siswi SGTK untuk mengarang lagu anak-anak. Nama AT Mahmud mulai diperbincangkan, kemudian beliau diminta oleh RRI untuk mengasuh siaran anak-anak pada sore hari.

Siaran tersebut membuat AT Mahmud semakin terkenal namanya sebagai pencipta lagu. Tahun 1968, TVRI meminta beliau untuk mengoordinasi acara “Ayo Menyanyi” acara anak-anak yang paling digemari pada masa itu. Acara “Ayo Menyanyi” membuat AT Mahmud dilirik berbagai perusahaan rekaman seperti Elshinta, Fornada dan Canary Records.

Lagu-lagu beliau kemudian direkam menjadi piringan hitam pada akhir tahun ‘60-an. Pada periode 1980-1990, penerbit-penerbit besar membantu menerbitkan buku kumpulan lagu anak-anak karangan beliau.  Dedikasi beliau memperoleh banyak penghargaan musik bergengsi. AT Mahmud wafat pada bulan Juli 2010.

Lagu Kampungku diciptakan oleh AT Mahmud. Nada dasar yang digunakan pada lagu tersebut adalah Do = C. Sedangkan tanda tempo yang digunakan adalah Agak Cepat. Artinya lagu tersebut dinyanyikan dengan tempo agak cepat. Lagu “Kampungku” menceritakan sebuah kampung di tepi sungai tempat perahu-perahu melintas. Rumah-rumah di kampung itu terbuat dari bambu.

Berikut ini not lagu Kampungku karya AT Mahmud.
Kampungku
Kampungku
Kam pungku tepi sungai dengan rumah bambu
Kam pungku tepi sungai tempat lintas prahu
Di sana mulai kembang rasa kasih sayang
Padamu kampung slalu kukenang

Ayo Bercerita
  1. Apa judul lagu itu? Kampungku
  2. Siapa penciptanya? AT Mahmud
  3. Apa nada dasar yang digunakan? Do = C
  4. Apa tanda tempo yang digunakan? Agak Cepat
  5. Apa arti tanda tempo itu? Artinya lagu tersebut dinyanyikan dengan tempo agak cepat.
  6. Bacalah syair lagu tersebut. Bercerita tentang apakah teks lagu itu? Lagu “Kampungku” menceritakan sebuah kampung di tepi sungai tempat perahu-perahu melintas. Rumah-rumah di kampung itu terbuat dari bambu.
Ayo Bernyanyi
Berlatihlah menyanyikan lagu “Kampungku” hingga dapat bernyanyi dengan baik. Perhatikan pula pengucapan syair lagu agar jelas dan dipahami oleh pendengar. Kemudian, nyanyikan bersama teman-temanmu. Gunakan alat musik yang ada di sekitarmu untuk mengiringi. Selanjutnya nyanyikan lagu “Kampungku” dengan nada dasar yang berbeda. Rasakan mana yang lebih nyaman bagimu untuk menyanyikannya.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 9:47 AM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....