Home » » Gambar Siklus Air Sungai

Gambar Siklus Air Sungai

Sungai adalah aliran air yang besar dan memanjang yang mengalir secara terus menerus dari hulu (sumber) menuju hilir (muara) dan biasanya dibuat oleh alam. Sungai memiliki peranan penting bagi kehidupan manusia, misalnya sebagai pengendali banjir, sebagai pengairan lahan pertanian, sebagai mata pencaharian bagi nelayan, sebagai sarana transportasi, sebagai tempat untuk mendapatkan air, dan sebagainya.

Air sungai berasal dari air hujan dan air yang mengalir dari hulu sungai. Pada mulanya ada beberapa mata air yang memancar keluar dari tanah. Air yang keluar membentuk aliran-aliran kecil. Aliran-aliran kecil ini lama-kelamaan akan menyatu menjadi sungai.

Sungai terdiri dari beberapa bagian, bermula dari mata air yang mengalir ke anak sungai. Beberapa anak sungai akan bergabung untuk membentuk sungai utama. Aliran air biasanya berbatasan dengan saluran dengan dasar dan tebing di sebelah kiri dan kanan. Penghujung sungai di mana sungai bertemu laut dikenali sebagai muara sungai.

Sungai merupakan salah satu bagian dari siklus hidrologi. Air dalam sungai umumnya terkumpul dari presipitasi, seperti hujan,embun, mata air, limpasan bawah tanah, dan di beberapa negara tertentu air sungai juga berasal dari lelehan es / salju.

Air sungai memiliki peranan penting bagi kelangsungan makhluk hidup yang ada di bumi. Manusia memanfaatkan air sungai untuk mengairi tanaman pertanian, sebagai sumber air keperluan sehari-hari, dan sebagai sarana angkutan. Hewan darat memanfaatkan air sungai sebagai sumber air minum. Tumbuhan darat memanfaatkan air sebagai sumber air untuk proses fotosintesis. Hewan dan tumbuhan sungai memanfaatkan air sungai sebagai tempat hidup.

Persediaan air sungai tidak berkurang karena menguap. Siklus air akan mengembalikan air yang menguap. Namun, dalam kondisi kemarau yang sangat ekstrim, sungai dapat mengalami kekeringan.

Pada pembelajaran sebelumnya pernah menyanyikan Lagu “Kampungku” yang menceritakan sebuah kampung di tepi sungai tempat perahu-perahu melintas. Rumah-rumah di kampung itu terbuat dari bambu. Dapatkah kamu membayangkan suasana kampung tersebut?

Pada siang hari yang terik, panas matahari akan menguapkan air dari permukaan sungai. Apa akibatnya bagi persediaan air sungai?

Ayo Berdiskusi
  1. Dari mana air sungai berasal? Air sungai berasal dari air hujan dan air yang mengalir dari hulu sungai.
  2. Siapa saja yang memanfaatkan air sungai? Air sungai dimanfaatkan oleh manusia, hewan, dan tumbuhan di sekitar sungai, serta hewan, dan tumbuhan di dalam sungai.
  3. Untuk apa air sungai dimanfaatkan? Manusia memanfaatkan air sungai untuk mengairi tanaman pertanian, sebagai sumber air keperluan sehari-hari, dan sebagai sarana angkutan. Hewan darat memanfaatkan air sungai sebagai sumber air minum. Tumbuhan darat memanfaatkan air sebagai sumber air untuk proses fotosintesis. Hewan dan tumbuhan sungai memanfaatkan air sungai sebagai tempat hidup.
  4. Apakah persediaan air sungai dapat berkurang karena menguap saat terkena panas matahari? Jelaskan jawabanmu. Dalam kondisi normal, air sungai tidak berkurang karena menguap. Siklus air akan mengembalikan air yang menguap. Namun, dalam kondisi kemarau yang sangat ekstrim, sungai dapat mengalami kekeringan.
  5. Faktor-faktor apa yang dapat mempengaruhi persediaan air sungai? Curah hujan, cuaca, dan kondisi hulu sungai.
  6. Gambarlah siklus air pada air sungai!
Siklus Air Sungai
Manfaat sungai selain yang telah disebutkan di atas bagi kehidupan manusia memang sangat penting dan sangat vital, seluruh makhluk hidup yang ada di bumi juga membutuhkan sungai.
  1. Penampung air. Sungai dapat menampung debit air yang turun ke tanah melalui hujan.
  2. Mengalirkan air ke hilir. Air memiliki sifat bergerak dari tempat yang tinggi menuju tempat yang rendah. 
  3. Pembangkit listrik. Sungai dapat menjadi salah satu energi yang dapat dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik. 
  4. Mencari nafkah. Sungai juga sering dimanfaatkan sebagai sumber nafkah dari berbagai kalangan masyarakat. Beberapa jenis mata pencaharian yang memanfaatkan sungai : nelayan pencari ikan, tambak ikan dan penambang pasir
  5. Sumber bahan makanan. Beberapa keanekaragaman hayati yang ada di sungai dapat menjadi bahan konsumsi, baik bagi manusia dan makhluk hidup lainnya. Biasanya bahan konsumsi yang paling umum ditemukan pada sungai ialah jenis ikan – ikan air tawar.
  6. Sebagai sumber irigasi. Air sungai dapat dialirkan ke lahan dan para petani kebutuhan air tanamannya dapat terpenuhi.

Dengan manfaat tersebut, marilah kita jaga sungai kita agar tidak tercemar dan dapat memaksimalkan fungsinya bagi kehidupan makhluk hidup.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 3:15 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....