Home » » Perubahan Wujud Benda Mencair Membeku dan Menguap

Perubahan Wujud Benda Mencair Membeku dan Menguap

Benda-benda di sekitar kita memiliki sifat dan ciri yang unik. Dengan memahami sifat-sifat benda, kita dapat mempelajari fenomena alam yang terjadi di sekitar kita dengan baik. Dengan memahami sifat benda, kamu tahu apa yang akan kamu lakukan ketika kamu berada di sungai, di laut, atau di danau. Dengan mengetahui sifat benda, kamu tahu apa yang akan kamu lakukan untuk mengubah bentuk benda-benda tersebut.

Meskipun hanya tiga wujud benda, tetapi ketiganya dapat mengalami perubahan wujud dengan cara yang berbeda. Perubahan wujud benda disebabkan oleh lingkungan yang berubah, misalnya suhu lingkungan yang menjadi panas atau dingin. Perubahan wujud suatu benda yang terjadi antara lain adalah peristiwa membeku, mencair, menguap, mengembun, atau menyublim.

Membeku merupakan perubahan wujud benda cair menjadi benda padat. Perubahan ini terjadi karena suhu di lingkungan menjadi dingin. Benda cair akan membeku jika suhunya di bawah 0°C. Perubahan air menjadi es merupakan salah satu peristiwa yang sering dijumpai sehari-hari.

Mencair merupakan perubahan wujud benda padat menjadi benda cair akibat suhu yang panas. Beberapa peristiwa di sekitarmu mudah kamu temui untuk menunjukkan peristiwa ini. Salah satunya ialah es mencair. Menguap merupakan perubahan wujud benda cair menjadi benda gas. Peristiwa ini mudah dijumpai ketika ada kegiatan masak-memasak.

Pada saat air dipanaskan di atas api kompor, dalam beberapa saat, air akan mendidih. Peristiwa mendidih adalah contoh terjadinya penguapan atau perubahan dari benda cair ke gas dan pada saat yang sama, terjadi pengurangan volume air.

Ayo Berdiskusi
  1. Jelaskan perbedaan antara peristiwa membeku dan mencair! membeku: dari benda cair menjadi benda padat. mencair: dari benda padat menjadi benda cair.
  2. Jelaskan perbedaan peristiwa membeku dan menguap! membeku: dari benda cair menjadi benda padat. menguap: dari benda cair menjadi benda gas.
  3. Jelaskan perbedaan peristiwa mencair dan menguap! mencair: dari benda padat menjadi benda cair. menguap: dari benda cair menjadi benda gas.
  4. Apa saja yang menyebabkan terjadinya peristiwa membeku, mencair dan menguap? perubahan lingkungan
  5. Peristiwa sehari-hari apa sajakah yang menunjukkan terjadinya peristiwa mencair? es batu terkena sinar matahari
  6. Peristiwa sehari-hari apa sajakah yang menunjukkan terjadinya peristiwa membeku? air disimpan di dalam lemari pendingin
  7. Peristiwa sehari-hari apa sajakah yang menunjukkan terjadinya peristiwa menguap? genangan air di jalan terkena sinar matahari

Ayo Mencoba
Bersama dengan teman sekelompokmu, rancanglah percobaan untuk menunjukkan terjadinya peristiwa mencair, membeku, dan menguap.
  1. Siapkanlah alat dan bahan yang diperlukan.
  2. Tulislah tahap dan langkah-langkahnya.
  3. Gambarlah setiap tahapan yang kamu rancang.
  4. Lakukan percobaan sesuai tahap yang telah kamu rancang.
  5. Catatlah setiap perubahan yang terjadi dengan saksama.
  6. Buatlah laporan hasil percobaanmu ke dalam sebuah poster.
  7. Pada poster, jelaskan perbedaan utama ketiga peristiwa perubahan wujud benda tersebut.
  8. Gambarkanlah hubungan antara ketiga perubahan wujud benda tersebut dalam sebuah bagan, dan jelaskanlah.
  9. Presentasikan hasil percobaanmu dengan percaya diri.
Percobaan Peristiwa Mencair, Membeku dan Menguap
Alat dan Bahan
  1. Lilin
  2. Korek api
  3. Sendok
  4. Air secukupnya
Langkah Kegiatan

  1. Percobaan mencair dilakukan dengan membakar lilin menggunakan korek api.
  2. Amati apa yang terjadi pada lilin setelah dibakar.
  3. Percobaan peristiwa membeku dapat dilakukan dengan cara mengamati lilin yang telah mencair.
  4. Amati apa yang terjadi pada lilin yang mencair setelah beberapa menit.
  5. Percobaan menguap dapat dilakukan dengan membakar sendok yang berisi air
  6. Amati apa yang terjadi dengan air yang ada di atas sendok.

Poster Peristiwa Perubahan Wujud Benda
Mencair membeku dan Menguap
Perubahan wujud zat terbagi atas perubahan fisika dan perubahan kimia. Perubahan fisika adalah perubahan suatu zat tanpa menghasilkan zat baru. Perubahan fisika dibagi beberapa kategori antara lain penguapan yaitu perubahan wujud dari cair menjadi gas, pengembunan yaitu perubahan wujud dari gas menjadi cair, pembekuan yaitu perubahan wujud cair menjadi padat, pencairan yaitu perubahan wujud padat menjadi cair, penyubliman yaitu perubahan wujud padat menjadi gas, dan penghabluran yaitu perubahan wujud dari gas menjadi padat.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 10:43 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif.