Home » » Macam Macam Perangkat Lunak Pengolah Angka

Macam Macam Perangkat Lunak Pengolah Angka

Perangkat aplikasi pengolah angka adalah software (perangkat lunak) khusus untuk menangani permasalahan yang berkaitan dengan angka. Dalam hal ini, angka yang sering muncul di bidang bisnis, ilmiah, perencanaan, pembuatan statistik, pembuatan lembar kerja, pengelolaan angka untuk perhitungan sebuah data (basis data) dan grafik.

Macam-macam perangkat lunak pengolah angka antara lain : Kspread, Star Office Calc, Open Office Calc, GNOME - GNumeric, Xess, Lotus 123, Microsoft Excel. Adapun yang sekarang banyak digunakan masyarakat adalah Microsoft Excel.

1. Kspread
Kspread merupakan aplikasi pengolah angka (spreadsheet) yang bersifat open source dan multiplatform. Open Source berarti kita dapat mendownload secara gratis dari internet dan menggunakannya secara bebas.
Kspread
Kelebihan:
  1. Tampilannya dilengkapi menu dan tombol-tombol sehingga mudah digunakan.
  2. Dilengkapi fitur-fitur pengolah angka dengan berbagai kemudahan.
  3. Mampu melakukan perhitungan lebih dari 100 fungsi.
  4. Mampu mengurutkan angka.
  5. Dalam satu dokumen mampu memuat banyak lembar kerja dan banyak table.

Kekurangan:
Tidak mendukung format aplikasi beberapa  perangkat lunak pengolah angka lainnya.

2. Star Office Calc
StarOffice Calc merupakan aplikasi pengolah angka yang dikembangkan oleh Sun Microsystem. StarOffice Calc adalah aplikasi pengolah angka yang bersifat multiplatform, yang berarti dapat dijalankan di berbagai sistem operasi termasuk Linux, Solaris, Unix, dan Windows
Star
Kelebihan:
  1. Kemampuannya untuk mengenali dan mengklarifikasi data yang ditempatkan di lembar kerja dan membantu penggunanya untuk membuat grafik dari data tersebtu sehingga lebih mudah dikomunikasikan dengan orang lain
  2. Dapat mengkonversi file yang dihasilkannya menjadi dokumen Microsoft Excel

Kekurangan:
Aplikasi ini tidak selengkap dengan Microsoft Excel.

3. Open Office Calc
Open Office Calc adalah aplikasi pengolah angka yang besifat open source (dapat dibuka melalui sistem operasi apa saja). Open Office Calc adalah program spreadsheet yang dapat dipergunakan untuk membuat daftar memelihara record, dan menganalisis data.
Open Office
Open Office Calc dapat digunakan untuk mengelola data dalam bentuk spreadsheet, menggunakan rumus untuk melakukan perhitungan data, dan menampilkan hasil dalam bentuk grafik. Dokumen Open Office Calc disebut spreadsheet. Pada saat membuka spreadsheet baru akan disediakan 3 sheets, yaitu Sheet1, Sheet2, Sheet3, dan kita dapat menambah atau mengurangi sheet yang ada. Model tampilan OpenOffice Calc hampir mirip dengan prograr Microsoft Excel.

Kelebihan:
  1. Aplikasi open source alias gratis.
  2. Menyimpan dokumen dalam bentuk PDF.
  3. Menyimpan file dokumen yang dihasilkan dalam format Open Document (XML) sehingga dapat dibuka diaplikasi yang bukan pengolah kata saja, tetapi juga dapat dibuka di aplikasi Open Document yang lain.
  4. Menyimpan file document dalam format yang dapat dibuka dan diedit oleh Microsoft Excel.

Kekurangan:
  1. Kemampuan yang terbatas dalam pengaturan chart.
  2. Pengaturan kertas  pada Open Office Calc  tidak sesuai dengan hasil cetakan.
  3. Dalam membuat sebuah kolom atau barus baru pada mege cell maka akan terjadi pesan notifikasi.

4. GNOME Office – Gnumeric
Gnumeric adalah aplikasi pengolah angka yang merupakan keluarga dari GNOME Office. Gnumeric bersifat open source. Gnumeric memiliki tampilan yang user friendly di mana jendela Gnumeric dilengkapi dengan menu-menu dan tombol-tombol toolbar.
Gnome
Kelebihan:
  1. Memiliki 95% fungsi-fungsi yang terdapat pada Microsoft Excel.
  2. Mencetak lembaran kerja dengan format tertentu dan dilengkapi dengan header.
  3. Dapat menggunakan format file XML.
  4. Perangkat lunak ini bersifat open source dan dapat digunakan secara bebas.
Kekurangan:
Aplikasi ini memerlukan banyak memory (RAM) dan proccessor yang besar (CPU).

5. Abacus
Abacus adalah aplikasi pengolah angka yang hanya membutuhkan memori kecil dan sangat mudah digunakan. Awalnya Abacus dikembangkan sebagai proyek mahasiswa di Universitas IST, Portugal di bawah bimbingan Prof. Arlindo Oliveira.
Abacus
Kelebihan:
Fungsi-fungsi standar termasuk fungsi statistik, matematika, keuangan dan juga interface berbentuk menu yang memudahkan pengguna menyalin persaman.

Kekurangan:
Lembaran kerja banyak namun jumlahnya dibatasi oleh ketersediaan pada memori komputer.

6. XESS
XESS adalah aplikasi pengolah angka yang dibuat oleh AIS (Applied Information System – www.ais.com). XESS bersifat multiplatform. XESS dibuat dalam versi yaitu “enterprise” untuk penggunaan di tingkat perusahaan, dan “lite” untuk pengguna perorangan.
Aess
Kelebihan XESS yaitu :
  1. Kemampuan untuk mengimpor file dari Excel dan Lotus.
  2. Dapat memberikan penanggalan dari tahun 1601 hingga 3999 serta kemampuan untuk menggunakan format tanggal dan waktu yang diatur oleh pengguna.
  3. Dapat mengaktifkan beberapa lembar kerja secara bersamaan.

Kelemahan yang dimiliki oleh XESS adalah harganya yang sangat mahal, harga XESS standar dijual dengan harga $495 dan XESSPlus dengan harga $595, sdangkan Miicrosoft Excel hanya $229.

7. Lotus 123
Lotus 123 merupakan aplikasi pengolah angka yang dikeluarkan IBM. Lotus 123 dikeluarkan dalam satu paket bersama-sama aplikasi Office lainya dan dikenal dengan nama Lotus SmartSuite.
Lotus 123
Lotus 123 merupakan program spreadsheet yang bekerja di bawah kendali sistem operasi DOS
Namun pada perkembangan terakhir program lotus mulai digunakan pada program Windows dengar hadirnya software Lotus 123 for Windows. Program ini sempat tenar dan banyak digunakan oleh masyarakat dunia di era tahun 80-an.

Kelebihan:
  1. Kompatibel dengan teks, fungsi, rumus, dan grafik dari Excel.
  2. Fungsi-fungsi analisis yang kompatibel dengan Excel.
  3. Mengkopi dan memindahkan lembaran kerja.
  4. Fasilitas SmartLabel berfungsi membuat rumus dengan lebih mudah dan cepat.
  5. Dapat menggunakan baris sampai dengan 65.536 baris.
Kekurangan:
Perangkat lunak ini tidak terkenal seperti Microsoft Excel sebagai program pengolah angka walaupun pada era 80-an aplikasi ini sempat tenar.

8. Microsoft Excel
Microsoft Excell adalah aplikasi pengolah angka yang dikeluarkan oleh Microsoft Corporation. Perusahaan perangkat lunak terbesar di dunia. Microsoft memiliki fitur-fitur yang memungkinkannya diintegrasikan dengan aplikasi Microsoft Office lainnya. Microsoft Excel tampil dengan format Workbook yang tersusun atas beberapa sheet. Setiap sheet terdiri atas cell-cell sebagai ruang data.
Excell
Microsoft Excel Versi 1.0 dapat dijalankan pada komputer IBM PC dengan Micro Processor 8008. Kemudian Microsoft Excel versi 2.0. Microsoft Excel 2000 yang untuk selanjutnya disingkat Excel 2000 merupakan program aplikasi spreadsheet (lembar kerja elektronik). Excel 2000 merupakan pengembangan dari Microsoft Excel versi sebelumnya dengan tujuan agar program aplikasi spreadsheet (lembar kerja elektronik) ini lebih mudah digunakan dan dapat dimanfaatkan semua fasilitas yang ada pada sistem jaringan baik internet maupun intranet.

Tahun 1990 Microsoft Corporation memperkenalkan Microsoft Excel versi 3.0 yang menampilkan window-nya yang tiga dimensi dan mendukung penggunaan memori. Kemudian pada tanggal 6 April 1992, Microsoft Corporation telah mengeluarkan Microsoft Excel 3.1.

Pada tanggal 24 Agustus 1995 Microsoft Corporation secara resmi mengeluarkan versi terbarunya dengan nama Microsoft Excel `95 dan diteruskan dengan versi Microsoft Excel `97 serta dalam tahap penyempurnaan akan dikeluarkan pula versi terbarunya yakni Microsoft Excel 2003.

Kelebihan:
  1. Mempunyai kemampuan menampung data yang cukup besar dengan 1 juta baris dan 16.000 kolom dalam 1 sheet. Jadi dalam 1 sheet bisa menampung jawaban 1 juta responden dan 16 ribu jawaban/pertanyaan.
  2. Microsoft excel mempunyai Format yang paling populer dan fleksibel jadi sebagian besar software data entry ada fasilitas konversi ke format excel atau format lain yang bisa dibaca excel. Atau jika dibutuhkan kita bisa konversi balik dari excel ke software statistik lainnya.
  3. Microsoft Excel mempunyai program penggunaan rumus yang sangat lengkap sehingga mempermudah pengolahan angka untuk menghasilkan dokumen yang lebih canggih.
  4. dengan Pivot Tables, kita bisa kerja lebih efektif karena semua tabel summary yang kita rencanakan bisa kita buat dahulu walaupun data belum masuk semua. Setiap ada data masuk otomatis pivot table akan me-refresh sehingga tabel akan terupdate sendiri.
Kekurangan:
  1. Software pengolah angka ini berbayar atau tidak gratis.
  2. Aplikasi ini memerlukan banyak memory (RAM) dan proccessor yang besar (CPU).
  3. Untuk membuat kolom baru yang berisi pengkategorian dari sebuah kolom/jawaban pertanyaan, atau membuat filter responden; kita harus membuat rumus excel baik rumus matematika, logika maupun text. Banyak orang yang tidak suka dengan hal ini karena di SPSS misalnya, kita dengan mudah untuk melakukan filter atau pengkategorian jawaban baru.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 9:48 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....