Home » » Bangun Simetris dan Asimetris

Bangun Simetris dan Asimetris

Bangun simetris adalah bangun yang dapat dilipat (dibagi) menjadi dua bagian yang sama persis baik bentuk maupun besarnya. Sedangkan bangun tidak simetris disebut juga dengan bangun asimetris. Bangun asimetris adalah banun yang dapat dilipat (dibagi) menjadi dua bagian tetapi tidak saling berimpitan persis baik bentuk maupun besarnya.

A. Bangun Simetris
Bangun simetris adalah bangun datar yang apabila dilipatkan menjadi dua bagian yang sama besar, maka bangun tersebut akan berhimpitan dengan bangun yang dilipatkan. Pada contoh di bawah merupakan bangun datar simetris karena jika dilipat sesuai dengan garis tengah yang membagi menjadi dua bagian yang sama besar dan saling berimpit.
Benda Simetris
Jadi secara umum bangun simetris memiliki ciri sebagai berikut :
  • Apabila di lipatkan menjadi dua atau lebih akan menjadi bagian yang sama besar.
  • Garis putus-putus merupakan garis sumbu simetris yang membantu membuktikan benda tersebut simteris atau bukan.
  • Apabila dilipatkan menjadi dua bagian akan saling menutupi.

Bangun datar ada yang simetris dan ada juga yang asimetris. Beberapa bangun datar simetris diantaranya adalah lingkaran, persegi, persegi panjang, layang-layang, belah ketupat, segitiga sama kaki, segitiga sama sisi, segitiga siku-siku samakaki, dan trapesium sama kaki. Sedangkan bangun datar yang asimetris diantaranya adalah  trapesium sembarang, jajar genjang, segitiga siku-siku, dan segitiga sembarang. Perhatikan gambar di bawah ini.
Simetris
B. Menentukan Sumbu Simetri
Sumbu simetri adalah garis lipat yang menentukan benda simetris. Untuk menentukan sumbu simetri suatu bangun dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :
  1. Ambil selembar kertas tulis yang berbentuk persegi panjang dan jajar genjang
  2. Lipat kertas sehingga sepasang titik segaris bertemu. Apakah kedua bagian sama besar? Jika kedua bagian sama besar maka bangun tersebut adalah bangun simetris. Jika kedua bagian tidak sama besar maka bangun tersebut adalah bangun asimetris.
  3. Dari kegiatan tersebut, kamu telah mennyelidiki benda simetris atau benda tidak simetris. Persegi panjang merupakan benda simetris karena mempunyai garis lipatan yang dapat mempertemukan sisi-sisi luarnya dengan tepat.
  4. Sedangkan jajargenjang bukan merupakan benda simetris karena tidak ada garis lipatan yang dapat mempertemukan sisi-sisi luarnya dengan tepat.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 7:50 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....