Home » » Mengabstraksi Teks Eksposisi

Mengabstraksi Teks Eksposisi

Eksposisi adalah teks yang terkandung didalamnya sejumlah informasi yang isinya ditulis dengan tujuan untuk menjelaskan atau memberikan pengertian dengan gaya penulisan yang singkat, padat dan akurat.

Beberapa ciri teks eksposisi antara lain, Pertama gaya informasi yang mengajak. Kedua, penyampaian teksnya secara lugas dan menggunakan bahasa yang baku. Ketiga, menjelaskan informasi-informasi pengetahuan. Keempat, tidak memihak berarti tidak memaksakan kemauan dari penulis terhadap pembacanya. Kelima, teks eksposisi bersifat objektif dan netral. Keenam, penjelasannya disertai data-data yang akurat.

Abstrak adalah ikhtisar (karangan, laporan, dan sebagainya), ringkasan, atau inti. Abstrak adalah hasil tulisan ringkas dari beberapa uraian. Mengabstraksi adalah proses menghasilkan abstrak (ringkasan). Uraian-uraian pokok yang ada dalam teks disusun menjadi sebuah teks baru yang ringkas, tetapi masih memperlihatkan sosok teks aslinya yang memiliki hubungan yang logis dan padu. Mengabstraksi teks eksposisi berarti meringkas teks menjadi lebih pendek dari teks aslinya dengan urutan yang sistematis dan sudah meliputi seluruh bagian yang ada dalam teks.

A. Cara Mengabstraksi Teks Eksposisi
Mengabstraksi atau meringkas teks laporan hasil eksposisi merupakan kegiatan menyusun kembali sebuah teks laporan menjadi lebih singkat tanpa menghilangkan inti teks tersebut.  Berikut adalah cara mengabstraksi teks eksposisi.
  1. Hasil dari merangkum adalah rangkuman, yaitu mengabstraksi dengan mengurutkan tiap pokok-pokok pikiran kemudian disusun tanpa mengubah struktur tetap teks aslinya.
  2. Hasil dari ikhtisar adalah ikhtisar, yaitu mengabstraksi dengan menyusun pikiranpikiran pokok lalu pikiran-pikiran pokok tersebut dirangkai dengan tidak berurutan. Penulis ikhtisar bebas mengombinasikan kata-kata asal tidak menyimpang dari inti.

B. Mengabstraksi Teks Eksposisi Berbentuk Berita
Teks Eksposisi berbentuk berita adalah salah satu bentuk pengembangan teks eksposisi yang menyajikan, atau memaparkan informasi tentang suatu peristiwa yang telah terjadi atau hasil dari sebuah penelitian.

Untuk mengabstraksi teks eksposisi berbentuk berita, kita harus meringkas berdasarkan pokok-pokoknya, yaitu kepala berita dan jawaban atas pertanyaan apa, siapa, kapan, di mana, berapa, mengapa, dan bagaimana yang dipadukan menjadi sebuah ringkasan.

Contoh:
1. Membaca teks asli
Rihanna Luncurkan Program Beasiswa Melalui Yayasan Kemanusiaannya

Liputan6.com, New York - Penyanyi papan atas, Rihanna, akan memberikan peluang bagi mereka yang kurang mampu untuk bisa menimba ilmu di perguruan tinggi melalui program beasiswanya. “Bisa membantu banyak orang dari segi pendidikan adalah suatu kehormatan bagi saya,” kata Rihanna, mengutip TIME, Rabu (11/4/2016). Menurut Rihanna, program itu dirancang untuk memberi kesempatan orang-orang agar merasakan kuliah dan merasakan suasana perguruan tinggi.

Program beasiswa itu tidak hanya bagi mereka yang tinggal di Amerika Serikat, tetapi juga dibuka untuk orang-orang di negara lain, seperti Barbados, Brasil, Kuba, Haiti, Guyana, dan Jamaika.

Mereka yang mendaftar akan dinilai melalui beberapa aspek penting. “Para pendaftar akan dilihat sisi prestasi akademiknya, gaya kepemimpinan, tingkat antusiasme untuk berpartisipasi dalam kegiatan sekolah, pengalaman kerja, dan esai pribadi,” kata Rihanna, dilansir dari Vice.

Pada 2012, Rihanna meluncurkan The Clara Lionel Foundation, sebuah yayasan di bidang kemanusiaan yang didedikasikan untuk mendiang nenek dan kakeknya. Yayasan Rihanna itu mempunyai sejumlah visi yang bertujuan meningkatkan kualitas hidup masyarakat global dan memberikan bantuan serta dukungan pada sektor pendidikan, kesehatan, seni, dan budaya.

(Dikutip dari Liputan6.com dengan penyesuaian, Adanti Pradita pada 11 Mei 2016, 11:00 WIB)

2. Kepala berita dan jawaban atas pertanyaan apa, siapa, kapan, di mana, berapa,
mengapa, dan bagaimana.
  1. Kepala berita: Rihanna Luncurkan Program Beasiswa Melalui Yayasan Kemanusiaannya
  2. Apa? Program beasiswa
  3. Siapa? Rihanna, penyanyi papan atas melalui yayasannya The Clara Lionel Foundation
  4. Kapan? Aplikasi untuk program beasiswa dibuka sampai 10 Juni 2016.
  5. Di mana? Di negara Amerika Serikat
  6. Mengapa? Memberikan program beasiswa bagi mereka yang kurang mampu untuk menimba ilmu di perguruan tinggi.
  7. Bagaimana? (1) Program beasiswa Rihanna untuk orang yang tinggal di Amerika dan orang-orang dari negara lain. (2) Mereka yang mendaftar akan dinilai melalui beberapa aspek penting.

3. Hasil Abstraksi
Rihanna Luncurkan Program Beasiswa Melalui Yayasan Kemanusiaannya
Rihanna memberikan program beasiswa bagi mereka yang kurang mampu untuk menimba ilmu di perguruan tinggi Amerika Serikat melalui yayasan kemanusiannya, yaitu The Clara Lionel Foundation. Beasiswa itu diperuntukkan bagi orang-orang Amerika Serikat dan negara lain. Aplikasi untuk program beasiswa dibuka sampai 10 Juni 2016. Mereka yang mendaftar program beasiswa akan dinilai melalui beberapa aspek penting.

C. Teks Eksposisi Berbentuk Artikel
Artikel adalah karangan faktual secara lengkap dengan panjang tertentu yang dibuat untuk dipublikasikan dan bertujuan menyampaikan gagasan dan fakta yang dapat meyakinkan, mendidik, dan menghibur. Abstraksi dari sebuah teks eksposisi berbentuk artikel dapat disusun berdasarkan gagasan utama pada setiap paragrafnya.

Contoh:
1. Bacalah teks aslinya
Motivasi Hidup

Kehidupan adalah sebuah arena bagi kita untuk "bertarung" agar menjadi sang juara sehingga kebahagiaan dalam hidup kita dapat terwujud. Ketika kita bisa menjadi pribadi yang tangguh dan tidak mudah menyerah, kemenangan itu pasti akan menjadi milik kita.

Tidak ada sesuatu bisa dikerjakan secara instan, tetapi dibutuhkan perjuangan. Sejatinya, hidup mengajarkan manusia untuk menjadi pribadi yang tangguh. Ketangguhan yang kita miliki akan membuka kesempatan kita untuk dapat meraih sesuatu yang bernilai.

Sebagai manusia, kita tidak selalu bisa memiliki yang ingin kita miliki, tetapi Tuhan pasti akan mencukupi segala yang kita butuhkan selagi kita berjuang untuk melakukan yang terbaik. Ingat, melakukan yang terbaik harus sesuai dengan kapasitas kita. Jadi, jangan berusaha sama seperti orang lain. Hal itu hanya akan menyulitkan kita dalam berkembang.
(Diadaptasi dari kangsigit.com)

Carilah gagasan utama setiap paragraf
  1. Paragraf pertama: Kehidupan adalah sebuah arena bagi kita untuk "bertarung" agar menjadi sang juara.
  2. Paragraf kedua: Tidak ada sesuatu bisa dikerjakan secara instan, tetapi dibutuhkan perjuangan.
  3. Paragraf ketiga: Sebagai manusia, kita tidak selalu bisa memiliki apa yang ingin kita miliki, tetapi Tuhan pasti akan mencukupi segala yang kita butuhkan selagi kita berjuang untuk melakukan yang terbaik.

Hasil abstraksi
Motivasi Hidup
Motivasi
Kehidupan adalah sebuah arena bagi kita untuk "bertarung" agar menjadi sang juara. Tidak ada sesuatu bisa dikerjakan secara instan, tetapi dibutuhkan perjuangan. Sebagai manusia, kita tidak selalu bisa memiliki yang ingin kita miliki, tetapi Tuhan pasti akan mencukupi segala yang kita butuhkan selagi kita berjuang untuk melakukan yang terbaik.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 7:03 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....