Home » » Interpretasi Teks Laporan yang Memuat Tabel atau Grafik

Interpretasi Teks Laporan yang Memuat Tabel atau Grafik

Interpretasi adalah pemberian kesan, pendapat, atau pandangan teoretis terhadap sesuatu; tafsiran (Kamus Besar Bahasa Indonesia). Menginterpretasi makna teks laporan artinya memberikan tafsiran terhadap makna teks laporan. Tujuan interpretasi terhadap teks laporan adalah meningkatkan pengertian atau pemahaman terhadap teks tersebut.

A. Tabel dan Grafik
Penyajian sebuah informasi dalam teks laporan tidak mutlak disampaikan dalam teks atau wacana yang berbentuk paragraf. Tabel, grafik, dan bagan merupakan salah satu bentuk penyampaian informasi yang biasanya memuat hal berkaitan dengan angka, urutan atau tingkatan secara periodik, perbandingan, serta data-data dalam ruang lingkup dan waktu tertentu.

Grafik, tabel dan bagan tidaklah dibuat sekadar melengkapi teks, namun lebih dari itu, grafik merupakan bagian tak terpisahkan dari teks yang disajikan. Pemunculan grafik pada sebuah teks dimaksudkan untuk mendukung kemudahan dalam memahami isi informasi teks tersebut.

Tabel adalah daftar berisikan intisari berupa baris dan kolom yang memuat katakata atau angka yang disusun secara teratur dengan diberi pembatas sehingga dapat disimak dengan mudah. Tabel juga dapat memberikan referensi secara cepat dan akurat.
Tabel
Grafik adalah gambaran perkembangan data, bisa naik, turun, atau tetap yang berupa garis atau gambar secara vertikal dan horizontal. Grafik dapat melukiskan dan mengintisarikan hubungan antara data statistik dengan bagian-bagian lain dengan singkat, sederhana, masif, dan komprehensif. Grafik dapat dikatakan juga sebuah bentuk penyajian visual yang dipakai untuk membandingkan jumlah data pada saat- saat yang berbeda.
Grafik
Grafik, tabel, atau bagan yang menyertai teks bacaan berfungsi memperjelas isi wacana. Paparan yang rumit dan pelik akan lebih mudah dipahami bila disertai dengan tabel, grafik atau bagan/diagram.

Teks bacaan yang rumit dan disertai dengan tabel, grafik atau bagan/diagram, membantu pembaca untuk lebih memfokuskan pada tabel, grafik atau bagan/diagram yang disajikan. Pada umumnya pembaca akan mencari bagian-bagian yang diperlukan saja pada tabel, grafik atau bagan/diagram yang disajikan.

B. Langkah-langkah Menginterpretasi Makna Teks Laporan
Pencapaian interpretasi yang optimal bergantung pada kecermatan dan ketajaman penafsir. Setiap pembaca akan memiliki interpretasi yang berbeda terhadap teks laporan. Adapun langkah-langkah menginterpretasi teks laporan sebagai berikut.

1. Bacalah keseluruhan teks laporan, baik uraian teks maupun tabel atau grafik yang terdapat pada laporan tersebut. Cara membaca uraian laporan adalah sebagai berikut.
  • Carilah istilah yang tidak diketahui maknanya karena dengan demikian kita dapat menafsirkan laporan yang tepat.
  • Carilah ide pokok dalam setiap paragraf. Ide pokok merupakan inti setiap paragraf atau inti dari laporan.
  • Buatlah rangkuman dari teks laporan. Dari rangkuman yang merupakan rangkaian ide pokok secara menyeluruh ini kemudian kita dapat mengetahui isi laporan tersebut.

2. Bacalah tabel atau grafik dengan cara berikut.
  • Bacalah terlebih dahulu judul tabel/grafik dengan cermat karena judul memberikan gambaran umum tentang keseluruhan yang disampaikan.
  • Bacalah keterangan yang terdapat di bagian atas, bagian sisi, atau bagian bawah grafik atau tabel. Keterangan merupakan penjelasan penting tentang data yang disampaikan.
  • Apabila ada simbol atau lambang di dalam grafik atau tabel, pahamilah simbol tersebut dengan baik agar dapat memahami informasi secara utuh.

3. Sampaikanlah penafsiran secara lisan atau tulisan.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 1:59 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....