Home » » Ragam Musik Indonesia

Ragam Musik Indonesia

Musik di Indonesia sangat beragam, hal ini dikarenakan suku-suku di Indonesia yang bermacam-macam, sehingga boleh dikatakan seluruh 17.508 pulaunya memiliki budaya dan seninya sendiri. Indonesia memiliki ribuan jenis musik, kadang-kadang diikuti dengan tarian dan pentas. Ragam musik di Indonesia dapat dibedakan atas musik tradisi, modern, dan musik musik pop.

A. Musik Daerah/Tradisional
Musik daerah atau musik tradisional adalah musik yang lahir dan berkembang di daerah- daerah di seluruh Indonesia. Ciri khas pada jenis musik ini teletak pada isi lagu dan instrumen (alat musiknya). Musik tradisi memiliki karakteristik khas, yakni syair dan melodinya menggunakan bahasa dan gaya daerah setempat.

Indonesia adalah sebuah negara yang terdiri dari ribuan pulau yang terbentang dari Papua hingga Aceh. Dari sekian banyaknya pulau beserta dengan masyarakatnya tersebut lahir, tumbuh dan berkembang. Seni tradisi yang merupakan identitas, jati diri, media ekspresi dari masyarakat pendukungnya.

Hampir diseluruh wilayah Indonesia mempunyai seni musik tradisional yang khas. Keunikan tersebut bisa dilihat dari teknik permainannya, penyajiannya maupun bentuk/organologi instrumen musiknya. Hampir seluruh seni tradisional Indonesia mempunyai semangat kolektivitas yang tinggi sehingga dapat dikenali karakter khas orang/masyarakat Indonesia, yaitu ramah dan sopan.

Salah satu bentuk musik yang paling dikenal adalah gamelan, musik ini dimainkan oleh beberapa orang bersama alat musik perkusi, seperti metalofon, gong dan rebab bersama dengan suling bambu. Pertunjukan seperti ini umum di negara seperti Indonesia dan Malaysia, namun gamelan berasal dari pulau Jawa, Bali dan Lombok.

Adapaun beberapa musik tradisional lainnya yang ada di Indonesia antara lain sebagai berikut
  1. Gambang Kromong dan Tanjidor dari Betawi
  2. Dog-dog dan Arumba dari Jawa Barat
  3. Kolintang dari Minahasa Sulawesi Utara
  4. Talempong dari Sumatera Barat
  5. Krumpyung dari Kulonprogo Daerah Istimewa Yogyakarta
  6. Keso-keso dari Toraja Sulawesi Selatan

B. Musik Modern
Musik modern indonesia adalah musik yang sudah mendapat sentuhan-sentuhan teknologi baik dari segi instrumen maupun penyajian, musik modern selalu berkembang dan ada pembaharuan seiring berkembangnya zaman, musik modern bersifat universal serta menyeluruh sehingga semua orang bisa saja mengerti, memahami, dan menikmati musik modern tersebut.
Keroncong
Selain musik tradisional berkembang pula musik modern. Ada musik keroncong yang dipengaruhi musik Portugis. Istilah keroncong sendiri diduga berasal dari bahasa Portugis yaitu croucho yang berarti kecil. Kata tersebut digunakan untuk menyebut nama alat musik petik kecil berbentuk gitar yakni ukulele. Perkembangan selanjutnya diikuti dengan memasukkan alat musik lain sebagai pelengkap sehingga menjadi musik keroncong yang ada sampai sekarang.

Ada pula musik dangdut yang merupakan kombinasi anatar musik melayu dan musik India. Jenis musik dangdut muncul sekitar tahun 70-an. Kata dangdut berasal dari bunyi gendang yang khas yang umum digunakan dalam pertunjukkan dangdut yaitu tabla.

Gendang tersebut menghasilkan bunyi yang unik yaitu dang dan dut sehingga disebut dangdut. Musik dangdut cepat populer di Masyarakat Indonesia. Hal Tersebut disebabkan suara gendang asli Indonesia. Selain itu lirik lagu dangdut juga mudah dicerna.

C. Musik Pop
Musik pop adalah nama untuk genre musik yang didengar secara luas oleh pendengarnya dan kebanyakan dari musiknya bersifat komersil.pengertian musik pop adalah musik dari segala usia yang menarik dan enak di dengar untuk selera populer dan cenderung mengikuti perkembangan musik, musik pop biasanya mengacu pada genre musik yang lebih spesifik.

Daya tarik musik pop tidak dibatasi oleh budaya dan bahasa. Musik pop bersifat menghibur, mengesankan dan mudah didengar. Musik pop lahir di Amerika Serikat setelah Perang Dunia I berakhir. Musik pop dikenal sebagai musik lantai dansa pada waktu itu.

Di indonesia sendiri musik pop atau musik populer dibedakan menjadi 2 macam ketegori, yakini musik pop anak anak dan musik pop dewasa . musik indonesia pop anak umumnya memiliki Karakter yang lebih sederhana, dan biasanya memiliki syair yang lebih pendek dari lagu pop indonesia dewasa. Selain itu, komposisi musiknya tidak terlalu kompleks dan cenderung memiliki tempo yang datar . judul,syair, dan tema dari musik pop indonesia anak-anak biasanya berkisar pada hal-hal yang mendidik, seperti mencintai orang tua, Tuhan, Sekolah, dan Tanah Air.
    Posted by Nanang_Ajim
    Mikirbae Updated at: 7:49 AM

    0 komentar:

    Post a Comment

    Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....