Home » » Mempertunjukkan Permainan Alat Musik Ritmis

Mempertunjukkan Permainan Alat Musik Ritmis

Alat musik merupakan suatu instrumen yang dibuat atau dimodifikasi untuk tujuan menghasilkan musik. Secara umum, jenis alat musik jika dikelompokkan berdasarkan fungsinya dibagi menjadi tiga, yakni melodis, harmonis, dan ritmis. Pada tulisan ini hanya akan membahas mengenai alat musik ritmis.

Alat musik ritmis merupakan alat musik tidak bernada dan memiliki fungsi tunggal yaitu memainkan irama lagu. Alat musik ritmis berfungsi sebagai pengatur irama atau tempo lagu. Alat musik ritmis memang biasanya dimainkan dengan cara dipukul-pukul menggunakan tangan ataupun menggunakan alat bantu seperti stik.

A. Jenis Jenis Alat Musik Ritmis
Penyebutan modern pada alat musik ini dikarenakan bahan dasar pembuatannya dan kepopulerannya. Alat musik ritmis ada berbagai macam jenisnya. Alat musik ritmis dapat dikelompokkan menjadi alat musik ritmis modern dan alat musik ritmis tradisional. .

1. Alat Musik Ritmis Modern
Alat musik ritmis modern banyak digunakan diberbagai belahan dunia. Berikut ini beberapa alat musik ritmis modern.
  1. Drumset merupakan salah satu alat musik paling berperan penting dalam sebuah pertunjukan musik masa kini. Alat musik ritmis lainnya yaitu Kongo atau disebut juga Konga atau Bongo  terbuat dari kayu sama halnya dengan gendang tapi bentuknya lebih panjang dan memilki keunikan tersendiri.
  2. Alat musik ritmis simbal tangan terdiri daru dua buah lempengan yang terbuat dari logam berbentuk lingkaran yang bagian tengahnya menonjol. Cara memainkan alat musik ritmis ini yakni dengan menggesekkan atau membenturkan kedua lempengan tersebut. 
  3. Tamborin digunakan untuk mengiringi lagu berirama riang. Tamborin terbuat dari logam berbentuk lingkaran dan di setiap sisinya terpasang rangkap sepasang logam tipis bulat. Karena logam tersebutlah, tamborin akan menghasilkan bunyi saat digoyangkan-goyangkan.
  4. Triangle termasuk yang paling simpel dalam bentuk dan penggunaannya. Triangle hanya terbuat dari logam berbentuk segitiga, yang membuatnya disebut ‘triangle‘ (segitiga). Alat musik ini saat dimainkan menghasilkan bunyi yang sangat nyaring dan tinggi.
  5. Timpani hampir mirip dengan drum, namun memiliki ukuran yang lebih besar. Timpani termasuk dalam keluarga alat musik perkusi. Alat untuk memainkannya disebut Stik 
2. Alat Musik Ritmis Tradisional
Ada begitu banyak alat musik ritmis tradisional di dunia ini, baik itu yang berasal dari luar maupun dalam negeri sendiri. Di bawah ini kami akan menampilkan beberapa diantaranya:
  1. Bongo adalah alat musik ritmis tradisional yang berasal dari Kuba. Alat musik pukul ini terdiri dari sepasang gendang (kecil dan besar) yang bagian bawahnya tidak tertutup.
  2. Gendang, kendhang, atau kendang adalah satu jenis alat musik ritmis tradisional yang berasal dari Jawa. Alat musik pukul ini berbahan dasar kayu dan kulit hewan sebagai membrannya. Gendang banyak digunakan dalam permainan gamelan. 
  3. Tifa adalah salah satu alat musik ritmis tradisional yang berasal dari Papua. Alat musik pukul ini dibuat dengan bahan dasar kayu yang dikosongkan isinya dan salah satu ujungnya ditutup menggunakan kulit hewan.
  4. Rebana berukuran lebih kecil dari gendang berbentuk pipih dan bundar serta dibingkai dengan kayu yang dibubut. Permukaan rebana dibuat dari kulit kambing yang diregangkan. Cara memainkannya yaitu dipukul dengan menggunakan telapak tangan.
  5. Maracas termasuk alat musik perkusi. Maracas banyak digunakan di Afrika, Karibia, dan Amerika Selatan yang katanya merupakan daerah alat musik ini berasal. Alat musik ini juga menjadi salah satu yang terpenting di dalam musik Cuba, Rumba, Salsa, Charanga, serta Trov Ensemble.
B. Permainan Alat Musik Ritmis
Pertunjukan permainan alat musik ritmis merupakan suatu kegiatan dalam mempertunjukkan permainan alat musik ritmis kepada orang banyak. Kegiatan itu dapat dilakukan di tempat tertentu atau di gedung pertunjukan.

Suatu pertunjukan musik tentu mempunyai maksud dan tujuan. Maksud dan tujuan pertunjukan musik di antaranya sebagai media apresiasi, uji keterampilan bermusik, atau sebagai pelestarian budaya bangsa. Adapun unsur-unsur pertunjukan musik meliputi materi pertunjukan, pemain, dan penonton.
  1. Materi pertunjukan berupa musik yang dimainkan. Pemain merupakan orang yang terlibat langsung dalam pertunjukan.
  2. Penonton merupakan orang yang menikmati pertunjukan musik.

Dalam menyelenggarakan pertunjukan permainan alatmusik ritmis, kamu perlu melakukan beberapa persiapan sebagai berikut.

1. Membentuk Panitia Kecil
Panitia kecil bertugas mengurusi segala sesuatu yang dibutuhkan dalam penyelenggaraan pertunjukan musik. Beberapa petugas dalam panitia kecil misalnya seperti contoh di bawah ini.
  1. Penanggung jawab : Guru kelas bertanggung jawab terhadap diadakannya kegiatan
  2. Ketua : Sebagai koordinator serta bertanggung jawab terhadap seluruh rangkaian kegiatan pertunjukan
  3. Seksi Perlengkapan : bertanggung jawab menyediakan peralatan yang dibutuhkan dalam pertunjukan
  4. Pembantu umum: membantu bila terjadi kendala atau masalah disetiap lini kerja

2. Menentukan Materi Sajian
Materi sajian berupa notasi irama yang akan dimainkan menggunakan alat musik ritmis. Berikut contoh notasi irama dengan menggunakan berbagai alat musik ritmis.
Kulihat Ibu Pertiwi
3. Menentukan Waktu dan Tempat
Pemilihan waktu dan tempat dapat dibicarakan dengan guru kelas. Waktu pertunjukan sebaiknya dipilih dengan tidak mengganggu mata pelajaran lainnya. Tempat pertunjukan dapat dilakukan di ruang kelas dengan ditonton oleh siswa lainnya.

4. Melaksanakan Latihan
Latihan sangat dibutuhkan agar pertunjukan dapat berlangsung dengan baik. Latihan sebaiknya dilakukan secara rutin dan bertanggung jawab. Hal ini bertujuan agar dalam pementasan dapat berhasil dengan baik. Dengan latihan yang rutin diharapkan masing-masing peserta pertunjukan memahami tanggung jawab dan tugas-tugasnya.

5. Pelaksanaan pertunjukan
Pelaksanaan pertunjukan sesuai dengan rencana yang telah dibuat sebelumnya. Sebelum melaksanakan pertunjukkan panitia kecil bertugas sesuai dengan tugasnya masing-masing. Pertunjukkan akan berhasil jika ada kerjasama pihak-pihak yang terlibat dalam pertunjukkan tersebut.

Pertunjukan permainan alat musik ritmis merupakan suatu kegiatan dalam mempertunjukkan permainan alat musik ritmis kepada orang banyak. Dalam menyelenggarakan pertunjukan permainan alat musik ritmis, ada beberapa persiapan sebagai berikut. Membentuk panitia kecil. Menentukan materi sajian. Menentukan waktu dan tempat. Melaksanakan latihan. Pelaksanaan pertunjukan.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 7:20 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....