Home » » Berkarya Benda Konstruksi Paper Bag

Berkarya Benda Konstruksi Paper Bag

Benda konstruksi adalah suatu produk kerajinan yang dibuat dengan cara memotong, menyambung , dan menyusun bahan-bahan tersebut menjadi sebuah benda kerajinan tertentu berupa benda pakai, seperti meja, kursi,rak buka, atau benda hias yang dimanfaatkan sebagai hiasan dinding.

Benda konstruksi dapat dibuat dari pelbagai bahan dengan teknik yang beragam pula. Ada benda konstruksi dari kertas yang pembuatannya dengan teknik lipat dan rekat. Ada benda konstruksi kayu de ngan teknik klem dan paku. Ada benda konstruksi pipa pralon yang pembuatannya dengan teknik sambung. Ada pula benda konstruksi kawat yang pembuatannya dengan teknik membentuk.

Benda konstruksi sederhana memiliki susunan tidak rumit. Di sekitar kita, banyak kita temukan benda konstruksi dari yang sederhana, yang lebih kompleks, dan yang paling rumit, seperti kotak pensil, kotak tissu,kota obat, frame photo, meja, kursi, lemari, buffet, rumah, gedung bertingkat, kendaraan bermotor, perahu, kapal laut, kapal udara, dan sebagainya.

Tidak sulit menemukan benda pakai dari bahan kertas di sekitar kita. Topi ulang tahun berbentuk ke rucut dari kertas warna-warni, tas belanja yang sering kita peroleh saat berbelanja di toko (biasa disebut paper bag), dan kardus ma kanan merupakan benda pakai konstruksi dari bahan kertas.

Pembuatan benda konstruksi harus memerhatikan ketepatan ukuran dan bahan. Hal ini dikarenakan benda konstruksi bersifat menahan beban. Jika ukuran dan bahan tidak tepat dapat menyebabkan benda tersebut cepat rusak. Oleh karena itu, sebelum membuat benda konstruksi perlu dibuat rancangannya terlebih dahulu.

Perancangan dan Pembuatan Paper Bag
Paper bag atau tas kertas pada umumnya dipakai untuk membawa barang yang tidak terlalu berat atau bisa juga dipakai menjadi alat untuk membawa hadiah yang dibungkus ataupun tidak dibungkus kepada orang lain. Sekarang ini paper bag bahkan sudah menjadi salah satu alat yang digunakan untuk menggantikan kantong plastik oleh banyak brand sebagai alat pembungkus, bila pelanggan membeli produk mereka.

1. Alat dan Bahan
Siapkan alat dan bahan terlebih dahulu. Alat dan bahan berkarya paper bag yaitu kertas manila, kertas warna-warni, lem, tali, gunting, penggaris, pensil, dan pelubang kertas. Selanjutnya, perhatikan langkah-langkah pembuatannya.

2. Langkah Pembuatan
Untuk dapat membuap tas kertas sederhana sesuai dengan leinginan perlu dipersiapkan mulai dari gambar, ukuran, bahan dan detail-detail kecil lainnya.

Langkah 1
Potong kertas karton sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan, panjang paper bag sebaiknya 2 kali benda yang akan dimasukkan dan tingginya 1,5 kali ukuran barang yang akan dimasukkan.

Langkah 2
Lipatlah sehelai kertas manila menjadi dua. Lebihkan pinggirnya untuk merekatkan. Oleskan lem pada bagian yang dilebihkan, kemudian rekatkan. Ingat! Jangan mengambil lem dengan tangan langsung, gunakan perantara yang biasanya telah disertakan saat membeli lem, atau gunakan bilah bambu.
Langkah 2
Langkah 3
Lipat lagi kertas sehingga membentuk semacam kotak, dengan bagian atas dan bawah tetap terbuka. Lipatlah sisi kiri dan kanan kotak.
Langkah 3
Langkah 4
Lipat bagian bawah sebagai alas tas. Rekatkan menggunakan lem. Lipat ke dalam bagian atas tas. Selanjutnya, buatlah dua lubang di setiap sisi tas dengan pelubang kertas. Bagian bawah yang menjadi alas paper bag dapat diperkuat dengan menambahkan kertas karton. Cukup dengan menyaipakan karton sesuai dengan ukuran alas paper bag lalu tempelkan pada bagian dalam alas paper bag.
Langkah 4
Langkah 5
Buatlah lubang menggunakan pelubang kertas dengan jarak yang sejajar dan sama. Pasanglah tali pada lubang. Kemudian, hiaslah paper bag yang telah jadi dengan guntingan kertas warna-warni.
Langkah 5
Manfaat Paper Bag lebih banyak dari pada kantong plastik.  Salah satunya adalah kemasan plastik menyimpan banyak potensi yang merugikan kehidupan kita. Yakni bahannya yang susah di daur ulang & di urai oleh bumi.  Tas plastik/ kantong plastik jauh dikenal lebih dulu dibandingkan tas kertas/ paper bag. Namun sekarang ini sudah banyak orang yang beralih meninggalkan tas plastik dan mulai menggunakan paper bag/ tas kertas. Banyak manfaat yang akan di peroleh dengan menggunakan paper bag/ tas kertas, diantaranya :
  1. Tas kertas memiliki bahan dasar yang mudah untuk di daur ulang.
  2. Nilai eksklusif tas kertas lebih tinggi dibandingkan tas plastik.
  3. Harga yang kompetitif dengan hasil maksimal.
  4. Ramah lingkungan.
Posted by Nanang_Ajim
Mikirbae Updated at: 7:31 PM

0 komentar:

Post a Comment

Mohon tidak memasukan link aktif. Silahkan tulis url Anda dengan tanda koma (,). Jika saya sempat akan kunbal....